Yogyakarta punya acara tahunan di bulan Maulud nih. Yups, Sekaten. Nggak afdol rasanya kalau kamu mengaku pernah ke Yogyakarta tapi belum pernah ke Sekaten.Sekaten biasanya dibuka dengan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) yang biasanya diadakan selama 30 hari. Buat kamu yang belum berkunjung, tenang, Sekaten akan dihelat sampai 30 November 2017 kok, guys.

Selama perhelatan ini banyak hal yang bisa kamu nikmati. Jadi nggak bakal berasa rugi kalau pergi ke Jogja di tanggal-tanggal ini. Nah, intip dulu yuk keseruan Sekaten di Alun - Alun Utara Kota Yogyakarta!

1. Ada banyak wahana permainan yang bikin kamu puas

wahana permainan sekaten

wahana permainan sekaten via https://www.kompasiana.com

Ada banyak banget wahana permainan yang bisa kamu kunjungin di Pasar Malam Perayaan Sekaten, guys. Buat kamu yang ingin bersantai di ketinggian bareng doi, kamu bisa menaiki wahana biang lala khas sekaten. Mau memacu adrenaline, ajak nih si doi buat naik kora-kora Sekaten yang bikin jantung jadi berantakan. Atau kamu tertantang dengan hal-hal mistik? Tenang, Sekaten juga punya lho rumah hantu.

Nah, untuk adik-adik kecil ada juga komedi putar yang bisa membuat adik jadi tersenyum manis. Masih banyak lagi wahana permainan Sekaten lainnya yang dijamin bikin kamu puas.

2. Dari Kuliner tradisional sampai kuliner modern ada di sini

Advertisement

Kamu pecinta kuliner? Sekaten tempatnya! Ada banyak kuliner tradisional maupun modern yang dijajakan di Pasar Malam Perayaan Sekaten, lho. Dari sosis bakar, gethuk, cilok, sampai kerak telor khas Jakarta bisa kamu nikmati di sini. Jangan lupa membeli kuliner khas sekaten ya, endog abang (telur merah) dan sega gurih.

By the way, Endog abang merupakan kuliner yang sudah sejak dulu mengiringi acara sekaten, lho. Endog Abang merupakan telur ayam biasa yang direbus dan kulitnya dicat dengan warna merah. Telur merah ini kemudian di tusuk dengan sehelai ruas bambu dan dihias agar terlihat cantik. Bagaimana? Cantik kan?

3. Awul-awul murah yang gak nahan untuk dibawa pulang kamu

Awul-awul

Awul-awul via http://hipwee.com

Setelah kenyang icip – icip kuliner, kamu bisa langsung nih belanja pakaian di awul – awul sekaten. Buat kamu yang belum paham dengan kosa kata 'awul-awul', awul-awul itu semacam bursa pakaian bekas impor. Yups, kamu bisa banget beli pakaian impor dengan harga yang murah di sini. Gak cuman murah, banyak pengunjung berpendapat kalau awul-awul termasuk barang berkualitas yang tak kalah dengan yang ada di toko. Jangan lupa untuk telaten dalam memilah ya supaya kamu tidak kecewa nantinya.

4. Mencari oleh-oleh untuk keponakan? Sekaten punya mainan tradisional untuk kamu

kapal otok-otok

kapal otok-otok via https://www.flickr.com

Advertisement

Ingat dengan kapal otok-otok,mainan tradisional semasa kecil? Nah, kamu bisa membawanya pulang untuk keponakanmu di rumah. Masih banyak lagi mainan tradisional yang sudah langka namun masih dijajakan di sekaten, seperti gasing bambu dan gerabah warna-warni. Harganya? Murah kok.

5. Grebeg, puncak sekaten yang nggak boleh dilewatkan kesakralannya

Grebeg maulud

Grebeg maulud via http://hipwee.com

Nah, ini puncak kegiatan sekaten sekaligus puncak acara dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Grebeg Maulud. Grebeg merupakan upacara adat berupa sedekah yang dilakukan pihak Keraton kepada masyarakat berupa gunungan. Gunungan tersebut berisi hasil bumi seperti kacang-kacangan, buah, berbagai macam sayuran yang disusun melingkar. Grebeg Maulud ditandai dengan dikeluarkannya gunungan makanan dari dalam kompleks keraton dan dibawa menuju Masjid Agung Keraton.

Gunungan tersebut biasanya menjadi rebutan warga. Setiap orang akan bersaing sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan hasil-hasil bumi yang berada di dalam gunungan. Sebelum diperebutkan, gunungan didoakan terlebih dahulu di dalam keraton agar menjadi berkah. Masyarakat mempercayai jika hasil bumi yang berasal dari gunungan ini dibawa pulang dan ditanam di sawah atau ladang akan menjadi subur dan bebas dari segala macam bencana dan malapetaka. Buat kamu yang cinta dengan kebudayaan Yogyakarta, jangan sampai ketinggalan Grebeg Maulud ya! :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya