Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA, tiba giliran kita untuk melanjutkan pendidikan kita ke jenjang pendidikan selanjutnya yakni kuliah di perguruan tinggi. Ada banyak sekali jurusan yang bisa kita pilih sesuai dengan minat serta kemampuan kedua orang tua kita. Salah satu jurusan yang cukup banyak diminati adalah jurusan keperawatan. Kamu yang saat ini sedang menjalani studi di jurusan ini, tentu memiliki cerita menarik yang layak kamu bagikan kepada teman-temanmu.

Ada suka, ada duka, tawa, tangis haru saat kamu kuliah di jurusan ini. Semua proses yang kamu jalani akan menempamu menjadi pribadi yang dewasa dan pribadi yang pantas untuk dibanggakan. Mengapa kalian, yang saat ini sedang menjalani kuliah di keperawatan wajib berbangga diri? Berikut ulasannya.

1. Pribadi yang bisa membanggakan orang tua

mahasiswa keperawatan

mahasiswa keperawatan via http://www.hipwee.com

Orang tua mana yang tidak bangga bila anaknya sekolah di keperawatan dan kelak menjadi seorang perawat. Percayalah dengan profesi yang akan kalian pilih nantinya. Karena profesi perawat adalah profesi yang sangat mulia dan dibutuhkan oleh banyak orang.

2. Di usia yang sangat muda, kalian dilatih untuk bisa hidup secara mandiri

Dari awal mahasiswa keperawatan diajarkan untuk hidup mandiri

Dari awal mahasiswa keperawatan diajarkan untuk hidup mandiri via http://www.google.com

Advertisement

Nah, salah satu alasan mengapa kalian patut diacungi jempol adalah karena kalian bisa hidup secara mandiri. Terutama bagi kalian yang tinggal di asrama. Pasti ada banyak pengalaman saat tinggal dan hidup di asrama. Jauh dari orang tua, memasak makanan secara bergiliran, harus antri mandi dengan penghuni yang lain, mencuci baju dan menyiapkan seragam sendiri. Semuanya kalian lakukan sendiri dengan penuh tanggung jawab.

3. Di keperawatan kita diajarkan cara menjadi pendengar yang baik

kesabaran dan empati sangat dibutuhkan

kesabaran dan empati sangat dibutuhkan via http://www.google.com

Lebih susah mana, menjadi pembicara atau pendengar? Rata-rata akan menjawab menjadi pendengar lebih susah dibanding berbicara. Pendengar dalam hal ini tentu saja pendengar yang mempunyai empati kepada orang lain. Saat praktik keperawatan, entah itu di Rumah Sakit maupun di Poliklinik, kita akan banyak belajar mendengarkan orang lain, yakni pasien yang datang dengan segala problematikanya.

Kita dilatih untuk bisa peka dengan apa yang menjadi keluhan mereka. Dengan demikian, kita dapat menentukan tindakan apa yang bisa kita lakukan untuk para pasien yang datang kepada kita.

4. Di keperawatan, kita bisa belajar mengenai arti sebuah kehidupan.

perawat sangat menghargai arti kehidupan

perawat sangat menghargai arti kehidupan via http://www.google.com

Advertisement

Selama ini mungkin masih banyak orang yang beranggapan, bahwa lingkup dari tindakan keperawatan hanya ditujukan kepada orang yang sakit saja. Hal itu tidaklah tepat. Di jurusan keperawatan kita belajar menghargai arti kehidupan. Dari yang baru lahir, sampai dengan yang akan menghadap Sang Pencipta

5. Perawat adalah menantu idaman

menantu idaman

menantu idaman via http://www.google.com

Perawat adalah menantu idaman. Banyak orang tua yang menginginkan anaknya nanti mendapatkan istri atau suami seorang perawat. Alasannya sederhana, perawat itu bisa merawat pasien dan merawat keluarganya kelak. Perawat bisa mengerti kebutuhan yang diperlukan saat sedang memiliki anak kecil, imunisasi apa yang harus diberikan, bagaimana cara agar anak dapat tumbuh dengan sehat, nutrisi apa yang diperlukan, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, jangan berkecil hati, karena kalian adalah menantu idaman

Nah, itulah 5 alasan mengapa kamu harus bangga bisa kuliah di jurusan keperawatan. Jangan sia-siakan kesempatan ini, belajalah dengan sungguh-sungguh, karena kelak banyak orang akan membutuhkan bantuanmu baik ilmu dan keterampilan yang kamu miliki.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya