Tidak percaya? Tuhan berjanji jika kalian meminta pasti dikabulkan. Lantas mengapa kalian masih ragu untuk berdoa supaya bisa ke London gratis? Memang doa tanpa usaha adalah hal yang sia-sia. Inilah usaha yang bisa kalian lakukan untuk pergi ke London tanpa uang sepeserpun. Catatan, daftar ini bukan urutan ya. #AyoKeUK

1. Ikuti Berbagai Kompetisi

Kompetisi Menulis Hipwee #AyoKeUK

Kompetisi Menulis Hipwee #AyoKeUK via https://www.hipwee.com

Ikutilah berbagai macam kompetisi yang menawarkan hadiah berupa tiket ke UK. Pelajari bagaimana supaya kamu bisa memenangkan lombanya. Contohnya adalah kompetisi menulis yang berhadiah dua tiket ke UK dari Hipwee atau pelatihan jurnalis di Edinburgh selama tiga hari yang diadakan oleh British Council Skotlandia.

Advertisement

Tidak punya skill? Baca buku sebanyak-banyaknya. Carilah buku yang kamu perlukan di internet. Siapa tau ada orang yang baik hati untuk memberikan buku tersebut secara gratis. Hari gini belum tau trik mencari buku gratis di internet? Gampang, hubungi saya via Facebook chat. Nanti akan saya jelaskan triknya.

2. Museum Gratis

Museum di London

Museum di London via https://pixabay.com

Jika sudah mendapatkan tiket, visa, dan akomodasi secara gratis, saatnya merencanakan tempat-tempat wisata yang bisa dikunjugi secara gratis. London memiliki banyak museum gratis dan seru. Mau berfoto bersama T-Rex dan merasakan simulasi gempa? Kunjungi Natural History Museum. Selain T-Rex, kamu juga bisa melihat patung-patung dinosaurus tertua di Crystal Palace Park.

Advertisement

Mau belajar sejarah? Bisa. Pelajari sejarah London di Museum of London atau sejarah sungai Thames di Museum of London Docklands. Pelajari sejarah anestasia atau obat bius di The Anaesthesia Museum. Lihat sejarah berbagai macam mesin jahit di London Sewing Machine Museum. Atau lihat kehidupan masyarakat yang kurang beruntung di London pada tahun 1800 di Ragged School Museum.

Mau liat mumi? Kalian bisa melihat berbagai macam tengkorak di dalam toples di Hunterian Museum. Siap-siap takjub melihat batu Rosetta dan mumi Mesir di British Museum atau di Wellcome Collection.

3. Taman Gratis

Puas melihat berbagai macam barang purbakala? saatnya kita menyegarkan pikiran kita di berbagai taman indah yang ada di beberapa lokasi. Nikmati tenangnya kolam dan angin sepoi-sepoi di Wimbledon Common. Bermainlah bersama 320 rusa di Bushy Park, atau kalau takut rusa (tapi siapa yang takut makhluk selembut rusa?) bisa melihat rusa dari jauh di Richmond Park.

Selain rusa, kita bisa melihat burung pelikan di St James Park. Setiap hari jam setengah dua para petugas akan memberikan burung pelikan tersebut makan siang. Selain burung pelikan, ada juga burung hantu, pemakan kayu, dan kelelawar.

Tutupi harimu dengan berfoto bersama patung Peter Pan di Kensington Garden.

4. Acara Pertunjukan Gratis

Para pemusik di Jalan

Para pemusik di Jalan via https://commons.wikimedia.org

Tingkatkan 'tempo' liburanmu dengan melihat berbagai atraksi pertunjukan dan musik. Kalian bisa melihat para aktor/aktris jalanan beraksi di Covert Garden atau tertawa terbahak-bahak melihat pertunjukan komedi di Angel Comedy Club atau di Top Secret Comedy Club.Bisa juga joget diiringi musik reggae, folk, ska, roots di Hootannny Brixton.

Puas berpacu dengan andrenalin? saatnya santai menikmati sisa hari dengan musik merdu beraliran blues di Aint Nothing But atau mendengarkan bakat para mahasiswa dari Royal College of Music. Bagi yang beragama kristiani bisa mendengarkan musik sambil beribadah di gereja St. Marin-in-the-field atau di chapel Daylight Music at the Union Chapel.

Saatnya pulang dan beristirahat? Nope, it's time to party at Ronnie Scott's with a live cuban music!

5. Festival gratis

London Eid Festival

London Eid Festival via http://www.geograph.org.uk

Masih belum puas? mungkin kalian harus menikmati berbagai festival secara gratis bersama masyarakat kota London. Mulai dari London Music Festival, tempat berkumpulnya para artis lokal dan internasional. Tinggal cek di internet jadwal masing-masing festival pertahunnya.

Untuk kamu yang keturunan Tionghoa bisa meraayakan tahun baru cina di Chinatown London, yang merupayakan perayaan tahun cina terbesar di luar Asia. Bagi yang beragama Islam wajib merayakan London Eid Festival.

Lalu ada juga pertunjukan budaya terbesar Notting Hill Carnival yang akan diadakan pada Agustus tahun ini (2018). Setiap tahun London juga mengadakan festival Totally Thames untuk merayakan Sungai Thames. Salah satu yang menarik adalah akan ada lomba balap perahu di sungai Thames.

Terakhir, siap-siap terpukau dengan indahnya iluminasi dan cahaya di festival cahaya terbesar se-UK, Lumiere.

6. Terakhir, Makanan Gratis!!

Roti ala Pakistan

Roti ala Pakistan via https://pixabay.com

Sempatkanlah mengunjungi Mesjid Fazl, atau dikenal juga dengan nama London Mosque, yang beralamat di 16 Gressenhall Rd. Mesjid ini adalah masjid pertama yang dibangun di kota London dan diresmikan pada tahun 23 October 1926. Mesjidnya tidak terlalu besar, namun terdapat toko buku dan gedung serbaguna di sampingnya.

JIka beruntung, setiap habis solat Zuhur panitia akan menyiapkan hidangan makan siang yakni roti dan sayur kacang hijau khas Pakistan secara gratis untuk tamu yang berkunjung. Kalian bisa menambah berkali-kali sampai puas. Jangan lupa meminta beberapa porsi untuk makan malam kalian. Dengan begini, kalian pun mendapat makanan gratis untuk satu hari.

Sebagai paragraf penutup, ingatlah bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan. Jika Tuhan berkehendak maka apapun keiinginan kalian pasti terkabulkan. Karena itu, buang semua keraguan dan tancapkan keyakinan yang kuat di hati kalian suatu hari kalian akan ke London tanpa biaya sepeserpun. Jadi, #AyoKeUK gratis!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya