Kelebihan Wuling Air ev, Mobil Listrik Mini Solusi Untuk Keluarga di Tengah Kenaikan Harga BBM

Selain di lengkapi fitur keselamatan, pengisian daya baterai Wuling Air ev bisa dilakukan di rumah

Belum lama ini harga BBM naik, dan kalimat pertama yang kudengar dari ibuku itu apa? Beliau bilang jika hal ini nanti akan sangat berimbas ke kenaikan harga sembako, tarif angkutan umum, serta kebutuhan lainnya. Namun sayangnya, kenaikan harga BBM ini tidak diimbangi dengan kenaikan gaji atau pendapatan yang didapatkan sehingga para pekerja, ibu rumah tangga, harus pandai-pandai memutar otak untuk mengelola keuangan keluarga.

Apalagi setiap hari kita selalu menggunakan kendaraan baik itu pribadi atau umum untuk melakukan aktivitas sehari-hari, yang mengharuskan kita mau tidak mau, ya harus mau menghadapinya. Untungnya, kali ini di Indonesia sudah hadir mobil listrik mini yaitu Wuling Air ev yang bisa menjawab keresahanmu saat ini bahkan untuk ke depannya nanti. Wuling Air ev pertama kali diperkenalkan pada ajang First Appearance Pre-Launch di Atrium Central Park pada tanggal 1 Juni 2022, memiliki desain compact dengan future-tech desain. Lalu kelebihan apa saja sih yang dimiliki Wuling Air ev ini, yuk simak ulasan berikut ini

Advertisement

1. Baterai Wuling Air ev telah melewati uji ketahanan dan keamanan

Baterai Wuling Air ev

Baterai Wuling Air ev via https://wuling.id

Baterai Wuling Air ev menggunakan baterai berjenis lithium ion phosphate (LFP) yang berguna untuk menyimpan sekaligus menjadi sumber energi yang diperlukan mobil listrik ini. Perangkat baterai yang digunakan juga telah lolos 16 model uji ketahanan pada berbagai kondisi dan situasi.

Pengujian ketahanan yang dilakukan pada baterai yang digunakan antara lain adalah tes jatuh, kebakaran, uji rotasi berulang-ulang, rendaman air, benturan, hingga uji getaran untuk memastikan baterai mobil listrik aman digunakan sehari-hari.

Advertisement

2. Memiliki fitur pintar IoV dan WIND yang bisa menghubungkan pengendara dengan internet juga perintah suara

Iov dan WIND

Iov dan WIND via https://wuling.id

Meskipun termasuk dalam mobil listrik mini, Wuling Air ev ini dibekali dengan fitur teknologi easy smart mobility yang tidak kalah canggih dengan mobil besar. Teknologi IoV ini dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan berbagai fitur seperti navigasi online, bluetooth, wireless mirrorlink, pesan online, geo fencing, vehicle positioning dan perintah mendengarkan musik favorit. Tidak hanya itu, teknologi IoV juga memberikan kemudahan bagi kamu untuk membuka dan mengunci pintu mobil, menyalakan dan mematikan mesin kendaraan hingga mengontrol AC.

Sedangkan WIND merupakan teknologi perintah suara yang memungkinkan kamu untuk mengoperasikan berbagai fitur menggunakan perintah suara dalam bahasa Indonesia. Diantaranya, mengakses aplikasi online, mendengarkan musik, menelepon, memutar stasiun radio, mengatur volume, membuka jendela, mengoperasikan sunroof, dan masih banyak lagi.

Untuk mengaktifkan perintah suara kamu hanya perlu menekan pada tombol voice command yang ada di sisi kiri kemudi, setelah itu ucapkan Halo Wuling, sebagai kata kuncinya.

Advertisement

3. Pengisian daya baterai bisa dilakukan di rumah dengan syarat memiliki daya listrik yang sesuai

Pengisian daya baterai Wuling Air ev

Pengisian daya baterai Wuling Air ev via https://wuling.id

Kelebihan Wuling Air ev yang selanjutnya adalah menawarkan proses pengisian daya baterai yang mudah dan cepat. Hal ini karena mobil listrik mini tersebut dilengkapi dengan fitur easy charging yang memungkinkan kamu bisa melakukan pengisian daya dengan cepat dan mudah di rumah selama daya listrik di rumah juga memiliki syarat yang sesuai yaitu minimal 2.200 volt ampere.

Selain itu kamu bisa melakukan pengisian daya melalui Charging Station. Untuk melakukannya kamu harus terlebih dulu mengunduh aplikasi Charge.IN di smartphone, kemudian pilih lokasi SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), selanjutnya pilih gun charger sesuai dengan tipe mobil dan koneksikan dengan port charger yang ada di kendaraan. Untuk memulai proses charging, scan QR code yang ada di SPKLU menggunakan ponsel yang telah dilengkapi dengan fitur NFC.

Biaya pengisiannya adalah mulai dari Rp 1.650 hingga Rp 2.466 per 1 kWh. Rata-rata mobil listrik dibekali dengan baterai berkapasitas 40 kWh, sehingga total biaya yang perlu kamu siapkan sekitar Rp 1650 x 40 = Rp 66.000,-

4. Harga lebih terjangkau namun tetap memenuhi kebutuhan mobilitas

Harga Wuling Air ev

Harga Wuling Air ev via https://wuling.id

Untuk urusan harga, Wuling Air ev cukup terjangkau dengan banderol Rp295 juta untuk tipe Long Range dan Rp238 juta untuk tipe Standard Range. Harga ini pastinya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil jenis MPV atau SUV . Tidak heran jika mobil compact seperti ini banyak diminati kaum milenial karena harganya yang lebih terjangkau, namun tetap memenuhi kebutuhan mobilitas.

5. Mobil kecil yang bisa menunjang aktivitas sehari-hari bersama keluarga atau sendiri

Mobil keluarga dengan fitur kenyamanan dan keselamatan

Mobil keluarga dengan fitur kenyamanan dan keselamatan via https://wuling.id

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini kebutuhan akan mobil keluarga semakin meningkat. Demi menjamin keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan, kali ini Wuling Air ev hadir bersama keluargamu dengan suspensi yang nyaman, tidak membutuhkan ruang garasi yang besar, biaya perawatan dan operasional yang rendah dari mobil berdimensi besar, serta adanya layanan purna jual yang diberikan oleh perusahaan mobil kepada konsumen yang memiliki keluhan atau klaim saat transaksi jual beli sudah berakhir.

6. Dilengkapi dengan fitur keselamatan dan kenyamanan yang canggih

fitur keselamatan dan kenyamanan

fitur keselamatan dan kenyamanan via https://wuling.id

Wuling Air ev dilengkapi dengan sistem Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD). Tidak hanya itu, ada pula sistem pemantaun tekanan ban melalui fitur TMPS dan radar untuk mundur. Sedangkan keselamatan untuk kabin, Wuling Air ev, dilengkapi dengan dua pengait kursi keselamatan anak ISOFIX.

Bagaimana SoHip, tertarik untuk memiliki mobil listrik mini ini? Selain tidak perlu memikirkan biaya untuk membeli bahan bakar karena bisa diisi ulang, mobil listrik juga lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan emisi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan sekedar hobi melainkan memberi arti.

Editor

Penikmat buku dan perjalanan