Sejak dahulu Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, telah dikenal oleh masyarakat sebagai sentral pembuatan kerajinan kayu. Namun, di samping itu juga ada yang unik dari desa tersebut. Selain kayu, mereka juga membuat berbagai pernak-pernik atau aksesoris dari tanduk kerbau. Pengrajin desa di sana telah melakukan kegiatan tersebut selama berpuluh-puluh tahun atau dari generasi ke generasi.

Kerajinan yang dihasilkan dari bahan baku tanduk kerbau sangat beragam. Tanduk kerbau bagi mereka dianggap sebagai kertas yang dapat dibentuk mejadi apa saja. contohnya gelang, sisir, tasbih, pipa cangklong, alat kerokan, tempat perhiasan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dijual di pasar nasional, kerajinan unik ini juga masuk ke pasar internasional seperti Singapura, Jepang, Hongkong, Amerika, Jerman, dan lain-lain. Kerajinan ini sangat digemari oleh turis mancanegara dan menjadi salah satu kebanggaan daerah Magelang.

1. Sisir

Sisir adalah salah satu dari hasil kerajinan tanduk kerbau yang banyak diminati. Memiliki bentuk-bentuk yang beragam dan memiliki keunikan yang lebih karena terbuat dari tanduk kerbau.

2. Pipa Cangklong Rokok Tanduk Kerbau dan Kayu Sonokeling

Bagi anda penikmat tembakau, belum pas rasanya bila belum mencoba tembakau yang dibakar dengan pipa cangklong yang terbuat dari kayu dan tanduk ini. Bagian bowl dari cangklong ini terbuat dari kayu sonokeling dan stem terbuat dari tanduk kerbau

3. Pajangan Ruang Tamu

Advertisement

Kerajinan Tanduk Pucang via http://regional.kompas.com

Ruang tamu minimalis akan terlihat bagus bila memiliki pajangan yang unik. Selain berbentuk ikan koi, tanduk juga dapat disulap menjadi berbentuk burung jalak, naga, burung merpati, garuda (lambang negara), ikan lele, dan lain-lain.

4. Sendok dan Garpu

Sendok Tanduk via https://www.pinterest.com

Kelebihan yang dimiliki oleh tanduk kerbau adalah terbuat dari bahan natural. Bila anda tidak ingin menggunakan sendok dan garpu logam karena takut akan bahaya logam berat, salah satu solusinya dapat menggunakan sendok dan garpu yang terbuat dari tanduk kerbau.

5. Tempat Perhiasan dari Tanduk

Kotak Perhiasan dari Tanduk via https://www.youtube.com

Bagi anda yang memiliki perhiasan yang cantik dan berharga, bisa mencoba menyimpannya di tempat unik dan menarik satu ini. Berbeda dari tempat perhiasan pada umumnya yang biasanya terbuat dari kayu, tempat perhiasan ini terbuat dari tanduk kerbau Bule. Tanduk kerbau Bule memiliki warna yang lebih indah dari tanduk kerbau biasa. Tanduk kerbau Bule dapat menghasilkan warna putih, cokelat, dan sedikit hitam.

Itulah barang-barang unik yang terbuat dari tanduk kerbau khas daerah Pucang, Magelang. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda.