Kamu merasa ukuran rumahmu tergolong mungil dan tidak sesuai dengan apa yang menjadi impian selama ini? Rumah berukuran mungil bukanlah sebuah batasan untuk bisa menciptakan hunian yang nyaman. Selain itu, rumah mungil menawarkan begitu banyak keuntungan yang tidak bisa kamu dapatkan di rumah berukuran besar. Masih ragu? Berikut ini Arsitag.com akan memberikan rekomendasi berbagai keuntungan rumah mungil yang tanpa disadari, dapat membuat kamu justru lebih bahagia.

1. Lebih murah

Contoh Lorong Rumah Mungil dengan Fungsi Maksimal

Contoh Lorong Rumah Mungil dengan Fungsi Maksimal via https://tiny-project.com

Keuntungan rumah mungil yang pertama adalah dari segi harga. Harga rumah mungil jauh lebih murah dibandingkan dengan rumah berukuran besar. Selain itu, biaya perawatan rumah berupa listrik, air, asuransi, dan pajak yang harus kamu keluarkan juga menjadi jauh lebih terjangkau.

2. Lebih mudah untuk dibersihkan

Rumah Mungil dengan Bata Ekspos Cat Putih

Rumah Mungil dengan Bata Ekspos Cat Putih via https://www.curbed.com

Advertisement

Tidak perlu diragukan lagi, rumah mungil pastinya jauh lebih mudah untuk dibersihkan. Semakin besar ukuran rumah, maka waktu yang dibutuhkan untuk merapikan, mengatur, dan membersihkan setiap sudut ruangan akan menjadi semakin lama. Bisa jadi, dibutuhkan waktu berjam-jam hanya untuk membersihkan rumah dan membuatnya terlihat nyaman.

Bandingkan dengan rumah berukuran kecil. Kamu bisa membersihkan seluruh sudut dalam waktu singkat dan menikmati waktu yang ada untuk melakukan aktivitas lain yang lebih produktif.

3. Beban utang yang lebih sedikit

Rumah Mungil dengan Jendela Besar

Rumah Mungil dengan Jendela Besar via https://www.arsitag.com

Harga rumah mungil yang jauh lebih terjangkau membuat kamu tidak perlu membebani diri dengan jumlah utang yang terlalu besar, terlepas dari berapapun jumlah pendapatan. Beban utang yang lebih sedikit membuka peluang kamu untuk memanfaatkan uang yang ada untuk tujuan lain, misalnya untuk biaya pendidikan ataupun biaya renovasi rumah.

4. Lebih mudah ditata dan didekorasi

Sudut Santai dalam Rumah Mungil

Sudut Santai dalam Rumah Mungil via https://www.pinterest.com

Advertisement

Berbicara mengenai penataan dan dekorasi ruangan, kamu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mengisi sebuah ruangan berukuran besar dengan berbagai jenis perabot dan dekorasinya. Lain halnya dengan rumah mungil. Kamu tidak membutuhkan banyak biaya untuk membuat sebuah ruangan menjadi terlihat nyaman. Selain itu, jauh lebih mudah untuk mendekor rumah agar sesuai dengan gaya dan kepribadianmu.

Apa artinya? Artinya, jika kamu menginginkan sebuah rumah yang mampu mencerminkan kepribadian dengan mudah dan murah, rumah mungil adalah pilihan yang paling tepat. Apabila suatu saat kamu ingin mengubah tampilan rumah atau melakukan renovasi, proses yang perlu dijalani juga akan jauh lebih mudah dan pastinya murah.

5. Rumah mungil identik dengan gaya minimalis yang stress-free

Desain Kamar Minimalis Serba Putih dalam Rumah Mungil

Desain Kamar Minimalis Serba Putih dalam Rumah Mungil via https://www.pinterest.com

Gaya minimalis memang sedang sangat populer. Bukan hanya dalam dunia desain interior, namun juga dalam gaya hidup seseorang. Banyak pihak yang mulai mengadopsi gaya hidup minimalis yang membantu mereka untuk hidup lebih sederhana dan bebas stres. Penerapan gaya hidup minimalis seperti ini ternyata jauh lebih mudah untuk diterapkan di sebuah hunian kecil dan hal ini menjadi salah satu keuntungan rumah mungil yang dapat kamu nikmati.

6. Lebih ramah lingkungan

Desain Rumah Mungil Material Kayu

Desain Rumah Mungil Material Kayu via https://www.pinterest.com

Satu lagi keuntungan rumah mungil yang tidak bisa dianggap sepele, yaitu lebih ramah lingkungan. Semakin besar ukuran rumah, maka semakin banyak sumber daya yang dibutuhkan untuk membangun dan merawat rumah tersebut. Di sisi lain, rumah mungil membutuhkan sumber daya yang lebih sedikit dan hal ini akan berdampak baik bagi semua pihak.

Satu hal lagi, permintaan akan rumah mungil ternyata semakin meningkat belakangan ini. Apabila di masa depan kamu memutuskan untuk menjual rumah, tidak akan makan waktu lama untuk membuat rumah tersebut laku di pasaran. (Rahayu)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya