Kondisi Keuanganmu Memburuk? Yuk Terapkan 5 Hal Ini untuk Memulihkannya!

Masalah keuangan sepertinya menjadi salah satu problem yang paling sering dikeluhkan oleh banyak orang. Ya, meski uang memang bukan segalanya. Namun, pada kenyataannya memang nggak bisa dielak kalau hampir semua hal di dunia ini bisa didapatkan kalau ada uang.

Jadi, nggak mengherankan lagi kalau banyak orang yang akhirnya rela bekerja keras demi mendapat uang. Namun meski begitu, nggak jarang ada beberapa orang yang masih belum bisa mengatur keuangannya dengan baik. Nah, kalau saat ini kondisi keuanganmu sedang memburuk, yuk terapkan lima hal ini untuk memulihkannya.

Advertisement

1. Sejak awal, sisihkanlah setidaknya setengah dari penghasilanmu untuk ditabung

Photo by cottonbro on Pexels

Photo by cottonbro on Pexels via https://www.pexels.com

Menabung adalah hal terpenting yang harus dilakukan untuk terhindar dari masalah keuangan. Meski kondisi keuanganmu sedang sulit, tapi kamu memiliki tabungan, maka setidaknya kamu nggak perlu terlalu khawatir.

Namun, masalahnya adalah nggak semua orang mampu untuk menabung. Maka, solusi terbaik untuk hal ini adalah sebelum kamu menggunakan uangmu untuk memenuhi berbagai keperluan, maka sisihkan terlebih dahulu minimal 50% dari total penghasilanmu. Itu memang nggak mudah, tapi yakinilah bahwa ini semua kamu lakukan agar keuanganmu di masa mendatang bisa aman.

Advertisement

2. Setiap kali ingin mengeluarkan uang maka tanyakan dulu pada dirimu Apakah saya membutuhkan hal ini?

Photo by Thirdman on Pexels

Photo by Thirdman on Pexels via https://www.pexels.com

Salah satu hal yang bisa menyebabkan munculnya masalah dalam keuangan adalah apabila kamu nggak bisa membedakan antara sesuatu yang dibutuhkan dan diinginkan.

Kalau kamu masih dengan mudahnya mengeluarkan uang untuk memenuhi semua keinginanmu, maka percayalah kebiasaan itu hanya akan memperburuk kondisi keuanganmu nantinya.

Mungkin hal itu belum kamu rasakan, tapi suatu saat nanti ketika tiba-tiba saja ada hal yang menyebabkan pemasukanmu berkurang dan kamu masih terus menuruti keinginanmu tanpa peduli apakah kamu butuh atau nggak, saat itulah kamu pasti akan kewalahan mengatur keuangan.

Advertisement

3. Jangan terlalu berambisi untuk mendapatkan segala hal yang dimiliki orang lain

Photo by Andre Piacquadio on Pexels

Photo by Andre Piacquadio on Pexels via https://www.pexels.com

Sikap ambisi sebenarnya baik karena bisa membuat seseorang semangat dan lebih antusias meraih sesuatu. Namun, nggak selamanya juga berambisi itu harus selalu dilakukan.

Ketika kamu mulai iri dengan segala hal yang dimiliki orang lain dan kamu pun juga ingin meraih hal yang sama, maka saat itulah kamu perlu mengontrol ambisimu.

Kamu harus realistis bahwa nggak semua yang diperoleh orang lain juga harus selalu kamu dapatkan. Terlebih ketika hal itu sebenarnya cukup sulit kamu peroleh.

Namun, karena terlalu berambisi akhirnya kamu memaksa padahal kondisi keuanganmu mungkin sedang nggak baik. Nah, pada akhirnya itu hanya akan bikin kamu tersiksa saja.

4. Jangan berteman dengan orang yang boros

Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Photo by Karolina Grabowska on Pexels via https://www.pexels.com

Berteman dengan siapa pun itu sebenarnya boleh-boleh saja, tapi hal itu nggak berarti bahwa kamu boleh abai dalam memilih teman.

Ya, bagaimanapun juga kamu perlu belajar mempertimbangkan orang-orang yang akan kamu jadikan teman. Sebab, lingkungan pertemanan sangat berpengaruh terhadap karakter yang akan terbentuk dalam diri.

Oleh karena itu, kalau kamu memang nggak mau menghadapi masalah dalam keuangan, maka kamu perlu berteman dengan orang-orang yang sekiranya kamu lihat mampu untuk mengatur keuangannya dengan baik.

Hal itu akan mendorongmu untuk melakukan hal yang sama. Sebaliknya kalau kamu berteman dengan orang boros, maka sedikit banyaknya sifat boros juga akan menular ke dalam dirimu.

5. Terapkan pola hidup sederhana

Photo by Karolina Grabowska on Pexels

Photo by Karolina Grabowska on Pexels via https://www.pexels.com

Nggak ada cara terbaik untuk memperbaiki kondisi keuangan kecuali menerapkan pola hidup sederhana. Upayakan jangan terlalu memanjakan diri dengan cara membeli segala hal yang diinginkan, tapi sebisa mungkin belajarlah untuk hemat.

Ingatlah bahwa orang-orang kaya pun bisa dengan mudahnya jatuh miskin hanya karena nggak pandai mengatur keuangannya.

Pada akhirnya segala masalah yang muncul termasuk masalah keuangan adalah akibat manusia itu sendiri. Maka, semua kembali lagi pada dirimu. Ketika kamu bisa mengendalikan diri untuk nggak berfoya-foya.

Ketika kamu mampu menyesuaikan antara penghasilan yang kamu peroleh dengan segala pengeluaranmu. Maka, saat itulah kondisi keuanganmu dijamin bisa membaik, deh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Content Writer

CLOSE