Selain berbincang denganmu, kopi dan alunan lagu adalah dua dari sekian banyak hal yang cocok untuk dinikmati saat hujan dan senja. Ada keteduhan yang begitu syahdu saat sendok dan gelas beradu diiringi rintik hujan, alunan lagu nan merdu, juga jingga yang menghampar pada lautan awan. Berikut adalah playlist lagu-lagu indie yang biasa saya dengarkan saat hujan dan senja. Cucok! Tapi hati-hati, list lagu ini menimbulkan efek kebaperan.

1. Senar Senja – Dialog Hujan

Bicara rindu
Bicara haru
Luangkan ruang imajimu

Sepenggal lirik dari Dialog Hujan-nya Senar Senja menandakan ada ungkapan rindu yang beradu dengan haru dan segala pergolakan rasa yang tak terucapkan. Tapi lewat dialog hujan lah, segala pergolakan rasa yang beradu itu mampu ditafsirkan.

Selain liriknya yang sederhana tapi menyentuh, alunan nada dalam lagu ini juga seketika membuat kita terenyuh syahdu. Berasa adeeeem banget menikmati kopi dengan aromanya sembari ditemani lantunan lagu ini juga rintik hujan senja hari. Segala kepenatan yang menetap hilang tergantikan oleh tatapan jingganya senja.

2. Senar Senja – Bersenja Gurau

Advertisement

Menikmati senja via http://ranselkecil.com

Lupakan gundahmu luapkan senyummu

lukiskan manisnya bersenja gurau

berdua denganku

Masih dari Senar Senja, Bersenja Gurau juga menjadi lagu pengantar yang wajib didengarkan ketika hujan dan senja. Lewat lagu ini, kita diminta untuk melupakan segala gundah dan menggantikannya dengan senyum merekah bersama orang-orang yang kita sayangi dalam balutan senja yang tengah memanja.

Lagu ini membawa keteduhan saat kita tengah duduk menatap senja sembari menikmati rintik hujan dan hangatnya kopi.

3. Float – Pulang

Langkah kaki kehidupanku terus melaju via http://pendoasion.wordpress.com

Dan lalu
Rasa itu tak mungkin lagi kini
Tersimpan di hati
Bawa aku pulang, rindu
Bersamamu

Adem rasanya mendengarkan lagu syahdu ini sembari duduk-duduk santai ditemani minuman hangat. Mengenang kenangan bersama lagu ini dalam situasi hujan sore hari akan membawa kita pulang untuk mencurahkan segala kerinduan yang ada. Lantunan nada yang mendayu dari lagu ini akan membawa ketenangan juga membangkitkan kenangan.

4. Payung Teduh – Menuju Senja

Bersama hati yang terluka, tertusuk pilu
Menganga luka itu di antara senyum
Dan menapaki jejak kenangan di sore yang gelap ditutupi awan
Bersama setangkup bunga cerita yang kian merambat di dinding penantian
Ada yang mati saat itu dalam kerinduaan yang tak terobati

Ah, seperti biasa, Payung Teduh selalu membawa keteduhan dalam lagu-lagunya yang berlatar senja. Salah satunya adalah lewat lagu ini. Kita akan dibuat terhanyut dalam suasana senja dan hujan. Minuman hangat dan sedikit cemilan akan menambah kombinasi yang pas untuk dinikmati.

5. Banda Neira – Hujan di Mimpi

Pesan Hujan Untukmu via http://www.qureta.com

Semesta bicara tanpa bersuara

Semesta ia kadang buta aksara

Sepi itu indah, percayalah

Membisu itu anugerah

Sendiri, menyendiri menikmati suasana senja yang hanya ditemani oleh suara rintik hujan yang membuat ciamik! Terkadang ada masa di mana kita memang butuh menyendiri. Menutup mata sembari menghembuskan napas dan mengingat segala hal yang telah terjadi, yang hanya bisa kita rasakan tanpa mampu kita ucapkan.

Lewat lagu ini, kita bisa menampung segala perasaan yang membuat kita membisu, merasakan keteduhan dalam sepi. Tak ada yang salah dengan sepi.

6. Fourtwnty – Aku Tenang

Bersamamu, Aku Tenang via http://adrianairin.blogspot.com

Karena Mu, tenang

Semua khayal seakan kenyataan

Berlari-lari di taman mimpiku

Imajinasi tak menghanyutkan

Mimpiku sempurna, tak seperti orang biasa.

Selain hujan dan senja, kamu adalah sumber ketenangan yang menenangkan. Tidak bisa dipungkiri, kehadiran seseorang yang disayang menjadi pelengkap nyata akan hadirnya ketenangan. Segala keluh dan peluh akan luluh oleh kehadiran seseorang yang membuatmu tenang. Lagu ini cocok didengarkan sembari berjalan-jalan kecil di pantai menikmati senja bersama orang yang menjadi sumber ketenangan kita.

7. Dialog Dini Hari – Ku Kan Pulang

Ilalang Senja di Batas Kota via http://prakasita15.blogspot.com

ku kan pulang
pulang kerumah
berilah waktu
sabar menunggu

Lagu terakhir yang cocok didengarkan saat senja dan hujan adalah Ku Kan Pulang dari Dialog Dini Hari. Apalagi ketika kita sedang jauh dari orang-orang yang kita sayangi, rumah menjadi tempat yang paling nyaman untuk pulang. Alunan nada dari lagu ini menambah syahdu suasana rindu kita untuk pulang ke rumah.

Selain bersama hujan dan senja, lagu-lagu di atas juga bisa menjadi teman yang pas kita nikmati sambil melamun, membaca, atau sekedar menulis puisi. Selamat menikmati bersama teman yang pas ya guys.