Lakukan 6 Hal ini Untuk Menaklukan Tugas yang Datang Silih berganti, Mahasiswa Wajib Tahu!

Tips menghadapi tugas kuliah yang memberatkan diri.

Nggak bisa dipungkiri, kuliah terkadang terasa berat. Tugas-tugas berdatangan silih berganti, selesai tugas yang satu eh, muncul lagi tugas yang lain. Belum lagi mengejar ketertinggalan materi, bisa-bisa stress deh. Mau nggak mau kita harus mengerjakan semuanya demi masa depan yang lebih baik. Tapi, jangan sampai kamu merasa terbebani ya, karena itu juga akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan psikologismu lho sobat. Nah, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan saat kamu merasa tugas kuliahmu terlalu berat.

Advertisement

1. Jika kamu lelah mengerjakan tugas, istirahatlah sejenak

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Seringkali kita memaksakan diri untuk terlihat tidak capek, memaksakan diri bahwasannya kamu bisa agar tugasmu cepat selesai. Tapi tahukah kamu, kalau memaksakan diri malah membuat dirimu semakin terbebani? Maka dari itu, kalau kamu merasa capek, ya istirahat bilang kalau kamu capek biar lega, jangan memaksakan diri. Take your time untuk rebahan, cari hiburan lewat sosial media, atau makan snack kesukaan kamu.

2. Atur ulang jadwal mengerjakan tugas, dahulukan deadline terdekat

Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels

Foto oleh Kaboompics .com dari Pexels via https://www.pexels.com

Keteteran saat mengerjakan tugas adalah hal yang tidak asing lagi bagi mahasiswa. Kadang, kamu bingung mau mengerjakan yang mana dulu saking banyaknya. Mulai sekarang, catat apa saja tugasmu dan kategorikan sesuai urutan deadline dari yang terdekat sampai yang deadlinenya masih lama. Kalau sudah, atur jadwal dan target selesai pada setiap tugas. Dengan begitu, kamu nggak akan keteteran lagi.

Advertisement

3. Cari motivasi, mengapa kamu harus menyelesaikan tugas-tugas

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels via https://www.pexels.com

Terkadang kita butuh suatu alasan untuk mengerjakan sesuatu, dengan begitu kita tahu apa tujuan kita mengerjakannya. Carilah motivasi, kenapakamu harus menyelesaikan tugasmu. Misalnya, kamu ingin mendapat nilai yang bagus atau bahkan mendapat predikat cumlaude, maka kamu harus menyelesaikan tugas-tugasmu.

4. Refresh pikiran dengan melakukan hobimu

https://images.app.goo.gl/nrezT2bzCWgRqVjM7

https://images.app.goo.gl/nrezT2bzCWgRqVjM7 via https://unsplash.com

Hobi dapat menjadi pelarian positif yang dapat kamu lakukan saat semua terasa berat. Lakukan hal positif yang kamu sukai. Selain bisa menyegarkan pikiran, ini dapat menjadi bakat baru yang mungkin bisa kamu kembangkan di kemudian hari lho!

5. Kerjakan tugas di tempat ternyaman versi kamu

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels via https://www.pexels.com

Suasana di sekitar kita juga dapat membantu pikiran untuk termotivasi mengerjakan tugas. Kamu bisa mencari tempat baru untuk mengerjakan tugas. Seperti di café, di alam terbuka, di atas kasur atau mengubah tata letak ruangan belajar kamu untuk mendapat suasana baru untuk belajar dan mengerjakan tugas-tugasmu.

6. Self Reward

Foto oleh Maria Orlova dari Pexels

Foto oleh Maria Orlova dari Pexels via https://www.pexels.com

Setelah berhasil mengerjakan tugas, kamu berhak mendapat self reward untuk dirimu sendiri. kamu pantas mendapat hadiah setelah masa sulit mengerjakan tugas. Hal ini juga bikin kamu tambah termotivasi untuk mengerjakan tugas loh sobat. Self reward dapat dilakukan dengan bermacam-macam, contohnya setelah selesai mengerjakan tugas kamu bisa pergi ke pantai bersama teman, membeli barang yang kamu idamkan sejak lama, atau makan makanan kesukaanmu.

Nah gimana? Sudah siap kan menghadapi tugas-tugas? Jangan sampai ketetran lagi ya,  semoga tips-tips di atas membantu untuk meringankan tugas sobat semua.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE