Lakukan Hal Ini Sebelum Mulai Belajar Hal Baru, Agar Pengalaman Pertamamu Tak Berujung Cerita Gagal!

Rencanakan, eksekusi, evaluasi, dan doakan

Bila bicara soal topik pengalaman pertama belajar hal baru, akan terlintas di pikiran tentang hal utama yang perlu untuk dipedomani atau dimiliki agar proses belajar tersebut bisa berjalan dengan baik dan tidak hanya sebatas cerita pengalaman tanpa hasil yang memuaskan. Semuanya butuh direncanakan, dieksekusi, dievaluasi, dan didoakan.

Kehidupan sehari-hari selalu dipenuhi dengan unsur-unsur pembelajaran. Tanpa disadari, banyak hal yang kita jumpai sebenarnya merupakan jalan bagi kita untuk terus belajar dalam hidup. Berkaitan dengan hal tersebut, tentu akan banyak ujian dan cobaan yang menghadang. Namun, tidak perlu khawatir karena pasti banyak makna yang bisa kita petik sebagai bekal menghadapi kehidupan. Hal itu dinamakan pengalaman.

Bila bicara soal pengalaman  tak kan lepas  kaitannya dengan yang namanya hal baru atau kegiatan baru. Di saat seseorang akan memulai suatu hal baru, kegamangan dan kekhawatiran tentu akan muncul pertama sekali. Maka tak heran jika setiap orang yang membutuhkan energi ekstra dan mengumpulkan banyak keberanian  untuk memulai suatu hal baru. Padahal jika dipikirkan lebih mendalam lagi, perasaan dan pikiran tersebut sebenarnya tidaklah perlu dimiliki karena hanya akan menciutkan niat kita untuk melakukan hal baru.

Nah.. kalau bicara soal pengalaman pertama belajar hal baru, tentu akan muncul pertanyaan apa yang dapat dilakukan agar berani dan sukses dalam belajar hal baru untuk pertama kalinya? Untuk mulai belajar hal baru ada beberapa poin penting yang dapat kita miliki di awal. Hal ini diharapkan dapat membantu kita.

Advertisement

1. Perencanaan yang matang

Perencanaan

Perencanaan via https://www.google.com

Pengalaman pertama kita  dalam mencoba hal baru akan lebih jelas arahnya jika kita memiliki perencanaan yang matang tentang apa yang akan kita lakukan. Tentu setiap rencana yang sudah kita susun tak selamanya berjalan sesuai apa yang telah kita rencanakan.

Namun, poinnya adalah setidaknya kita sudah memiliki gambaran tentang apa dan bagaimana cara atas hal baru tersebut. Hal ini akan sangat membantu kita yang sedang dalam proses belajar.

Advertisement

Jangan lupa pula untuk membuat evaluasi atas perencanaan dan pelaksanaan rencana kita tersebut. Ingat! Dengan adanya perencanaan yang baik tentu akan lebih meyakinkan kita untuk melangkah.

2. Tekad

Bertekad

Bertekad via https://www.google.com

Perencanaan yang matang tak akan ada gunanya jika tidak dibarengi dengan tekad. Tekad bisa dikatakan sebagai eksekutor. Kegamangan yang kerap sekali muncul saat kita akan mulai melangkah untuk melakukan hal baru sering menjadi momok yang perlu dihadapi terlebih dahulu.

Nahh.. tanpa adanya tekad maka kegamangan tersebut akan mampu membuat kita berhenti atau tidak jadi untuk memulai hal baru tersebut. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kita ke depannya.

Advertisement

3. Berpikir lebih

Berjuang

Berjuang via https://www.google.com

Maksud dari berpikir lebih ini lebih pada pelaksanaan atau proses belajar akan hal baru tersebut. Belajar hal baru tentu akan memaksa kita untuk menerima tantangan dalam hidup dan berani untuk keluar dari bagian ternyaman dalam hidup. Cukup berat memang. Namun, hal tersebut akan membuat hidup kita menjadi tidak monoton dan lebih bergairah.

Untuk itu, agar pengalaman belajar kita akan hal baru tidak menjadi sia-sia dan memiliki dampak ataupun hasil yang memuaskan, kita bisa menerapkan cara berpikir lebih ini, yaitu ambillah resiko melebihi batas aman, berikanlah perhatian lebih dari kebanyakan orang, bermimpilah lebih besar dibandingkan mimpi kebanyakan orang, dan selalu berharaplah untuk mendapatkan hal lebih daripada apa yang diharapkan oleh orang lain. Dengan begitu, kita akan mendapat hasil yang lebih pula.

4. Kekonsistenan

consistency

consistency via https://www.google.com

Sikap konsisten dalam mempelajari hal baru tentu sangat penting untuk dimiliki oleh setiap orang. Hal ini tentu berkaitan dengan rasa semangat berjuang. Belajar hal baru yang mengharuskan seseorang melakukan hal di luar rasa nyaman akan menguras energi dan pikiran sehingga rasa lelah kerap menghantui untuk tidak melanjutkan prose belajar tersebut.  Namun, memilih untuk berhenti tentulah bukan sikap yang bijak.

Nah..sikap konsisten inilah yang harusnya terus dibangkitkan. Konsisten memperjuangkan mimpi atau target akan membangkitkan semangat untuk melihat kebahagiaan apa yang ada di balik sebuah perjuangan. Maka dapat dikatakan, konsistenlah untuk terus mencoba dan belajar dari segala hal yang terjadi saat kamu belajar untuk hal baru.

5. Berdoa

Tidak kalah pentingnya untuk tetap kita lakukan dalam proses belajar adalah berdoa. Berdoa akan membuat kamu menjadi seorang yang lebih tenang, sabar dan rendah hati. Sikap sabar akan membuat kamu bisa menjalankan keempat cara di atas meskipun kegagalan atau rasa lelah menghampirimu.

Kemudian sikap rendah hati akan membantu kita untuk bersyukur atas segala proses dan lebih berlapang dada untuk menerima kenyataan yang terjadi, misalnya mendapatkan kritik atau keadaan tak sesuai dengan rencana yang telah kita susun tetapi kita tetap mau untuk memperbaiki diri.

Itulah beberapa cara yang perlu kita miliki saat akan memulai hal baru atau proses belajar untuk pertama sekali. Namun perlu kita ingat, di dalam 5 cara tersebut kita akan belajar banyak karakter atau sikap baik lainnya. Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan mulailah cerita hidupmu dengan tujuan yang jelas. Semoga bermanfaat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang guru yang terus belajar agar layak disebut guru profesional..

CLOSE