Gelap. Satu kata yang menggambarkan suasana dan kondisi pantai pada malam hari. Lain halnya di beberapa kawasan, ternyata pantai menyimpan rahasia keindahannya lho. Sayangnya tak semua orang beruntung dapat melihatnya secara langsung.

Tak hanya menyajikan keindahan hamparan pasir putihnya, namun saat malam hari tiba, ada bebarapa fenomena menakjubkan yang jarang ditemukan. Di tepi laut sana, ada sebuah fenomena mengaggumkan yang terjadi saat malam hari, yakni di mana air laut seolah nampak memancarkan cahaya berwarna biru. Hal ini diakibatkan adanya suatu ledakan species alga berbahaya yang dianggap mengancam biota laut sekitar.

1. Si Pemancar Cahaya

Photo by Maria Antonia Sampayo via https://commons.wikimedia.org

Menurut seorang peneliti bernama Anugerah Nontji, dinoflagel dikenal banyak yang memiliki kemampuan bioluminisensi (bioluminiscene), yakni menghasilkan cahaya dari proses yang terjadi dalam tubuhnya. Noctiluca scintillans misalnya, dapat menghasilkan cahaya biru muda. Suatu literature menyebutkan bahwa dengan konsentrasi sebesar 200 sel/liter Noctiluca dapat menghasilkan cahaya lemah, sedangkan dengan konsentrasi 1000-2000 sel/liter dapat menghasilkan cahaya bioluminisensi melalui reaksi enzimatis luciferin-luciferase.

2. Ternyata bisa makan juga lho.

Struktur tubuh Nocticula scintillans via http://Tolweb.org

Makanannya berupa plankton, diatom, dsb. Dapat ditemukan di seluruh dunia, terutama di perairan bibir pantai. Alat pencernaannya berupa gigi dan tentakel pada flagellanya, namun flagel tak dapat berfungsi sehingga bergantung pada daya apung perairan tersebut.

3. Glow in the dark

Advertisement

Berkembang-biak dengan cara membelah diri dan sering kali terjadi secara besar-besaran. Noctiluca scintillans atau disebut juga Sea Sparkle ini merupakan organisme laut fitoplankton. Ledakan Noctiluca scintillans yang juga pernah terjadi di Hongkong ini, kerap disebabkan oleh pencemaran limbah pertanian di kawasan tersebut. Sehingga, oganisme tersebut mengalami pertumbuhan pesat saat terkena zat kimia yang berasal dari limbah.

4. Pernah terjadi di Hong kong

Kutipan Daily Mail via http://www.dailymail.co.uk

Menurut Samantha Joye, pakar kelautan dari Universitas Georgia menyatakan bahwa di balik keindahan yang ditawarkan Noctiluca scintillans, pada faktanya bisa berakibat fatal bagi kehidupan biota laut dan tambak sekitar pantai. Aktivitas hidup Noctiluca scintillans mampu menghasilkan racun yang mengandung amonia, sehingga ikan-ikan cenderung menghindarinya. Tentunya, hal ini berdampak pada kualitas dan kuantitas hasil panen ikan para nelayan sekitar.

5. Di Arabian Sea

Ledakan di laut via http://www.ecoanalysts.com

Hewan ini memang hanya mengeluarkan satu warna. Namun, dari satu warna tersebut menghasilkan perpaduan warna yang memang indah banget! Nggak kebayang gimana indahnya kan? Apalagi melihat langsung ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya