"Libur tlah tiba, libur tlah tiba, hore....hore hatiku gembira.." Pasti kamu gak asing dengar lagu itu. Salah satu lagu favorit yang kerap dinyanyikan kala kecil dulu ketika memasuki liburan sekolah. Memang masa kanak - kanak liburan merupakan salah satu hal yang paling disukai kita. Tapi coba sekarang, boro - boro nikmatin liburan, tiap hari aja kerjaanya cuman tidur, makan, nonton, tidur.

Tapi kali ini, ubah cara pandang kamu tentang liburan. Liburan bisa menjadi salah satu opportunity untuk mengembangkan diri kalian. Daripada kalian cuman main hp dan tidur doang dirumah, berikut 7 tips agar libur-membosankan kamu lebih berkualitas.

1. Kerja Part-Time atau Freelancer

Part-Time di Coffee Shop via http://starbucks.com

Kegiatan pertama ini bisa jadi favorit kamu nih para Job-Seeker. Daripada kamu cuma tidur dan main hp di kost an, mending kamu coba ngelamar Job Part-Time atau paruh waktu ini. Selain bisa menambah penghasilan untuk jajan kamu selama liburan, kamu juga bisa mendapat pengalaman dan relasi baru selama bekerja part-time. Lumayan kan untuk refrensi saat lulus nanti.

Saat ini banyak sekali lowongan untuk kamu yang mau mencoba part-time mulai dari Barista di cofee shop terkenal, hingga waiter/es di restaurant bintang 5 ternama. Bayaranya juga cukup menjanjikan loh. Kamu juga yang suka dibidang desain grafis bisa mencoba menjadi desainer paruh waktu ataupun kamu yang suka menulis bisa juga meluangkan hobimu itu menjadi uang dibeberapa situs freelance terkenal seperti www.freelancer.com

2. Kursus gak harus bayar kok, coba ikut kursus online

Kursus online via http://accentfrancais.com

Advertisement

Mau nambah ilmu gratis? Era milenium seperti sekarang sudah banyak kok situs – situs untuk mengembangkan dirimu. Cuma modal kuota dan niat, kamu bisa nih langsung ambil beberapa kursus online yang sudah marak terkenal seperti kursus seputar finance, budgeting dan cashflow.

3. Belajar bahasa baru, belajar budaya baru

Bahasa baru via http://kontent.co.in

Buat kamu yang tertarik belajar bahasa, akan lebih baik kalau liburan kamu dipakai menguasai bahasa baru. Selain berguna untuk masa depan dan karirmu, belajar bahasa juga bisa membuka pikiranmu dan melatih kecerdasan otak. Keuntungan belajar bahasa baru itu benar – benar berguna saat kamu lulus nanti dan HRD akan melihat CV mu yang mampu menguasai berbagai bahasa. Hmmm sudah menjadi nilai plus bukan?

Belajar bahasa gak seribet yang kamu pikir kok. Ada banyak sekali situs online yang membantu kita belajar bahasa asing beserta kebudayaanya seperti Duolingo.com yang akan membuat kamu lebih fun dalam belajar bahasa asing. Disitus tersebut juga ada komunitas dari para pelajar bahasa yang terkait sehingga kamu bisa melakukan interaksi juga dengan sesama teman seperjuangan kamu.

4. Yuk lebih openminded dengan Membaca Buku

Buku sumber pengetahuan via http://02varvara.wordpress.com

Ilmu datang darimana saja, termasuk buku. Buku merupakan salah satu sumber terbesar dalam aspek ilmu pengetahuan.

Dengan membaca buku dapat mengisi kepala kita tentang berbagai macam informasi baru yang selama ini belum kita ketahui yang kemungkinan besar hal tersebut dapat berguna bagi kita nantinya. Semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka kita akan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup baik dimasa sekarang maupun di masa-masa yang akan datang.

Selain itu, ilmu pengetahuan merupakan hal yang sangat berharga yang tidak pernah dapat hilang meskipun kita kehilangan hal-hal lain didunia ini, seperti harta, benda, maupun yang lainnya. Cerita maupun ide-ide yang tertuang dalam sebuah buku yang kita baca dapat membantu untuk membuka jalan pikiran kita untuk lebih mengenal dunia lain, mendapatkan pemahaman yang lebih dari sebelumnya.

5. Ganti isi history browser mu dengan situs – situs berwawasan

Lebih smart via http://photodune.ne

Daripada liburan kamu dihabisin depan laptop atau smartphone mu dengan browsing hal – hal yang absurd, mending kamu coba browsing beberapa situs sumber informasi seperti Wikipedia.org dan juga tentunya Hipwee.com agar wawasan kamu lebih naik setingkat dari yang lain. Kebayang kan gimana smart nya kamu saat masuk kuliah nanti.

6. Mumpung gak sibuk, kembangin aja passion dan hobi kamu saat liburan

passion dan hobi via http://9images.blogspot.com

Isi waktu luang mu dengan menekuni hobbi dan passion kamu. Buat kamu yang suka musik, kamu bisa keluar mengikuti beberapa komunitas musik agar kemampuan kamu lebih keasah. Buat kamu yang suka fotografi, sembari jalan – jalan menikmati dunia, kamu bisa melakukan hobbi kamu ini. Buat kamu yang hobi olahraga, coba ikut beberapa club gym agar tubuh mu lebih prima.

7. Manfaatkan waktu bersama orang terkasih

My Lovely, The One and Only One via http://eharmony.co.uk

Saat biasanya kamu sibuk mikirin tugas, deadline, dan kawan kawannya, liburan bisa menjadi moment untuk kamu menghabiskan waktu mu bersama orang yang kamu sayang. Bersyukurlah selama kalian masih bisa bersama, hargai setiap moment yang ada. Mari manfaatkan waktu yang untuk kamu dan hidupmu yang lebih berkualitas.

"Sometimes you will never know the value of a moment until it becomes a memory"