Sahabat, Pasti sudah mengetahui banyak tentang Yogyakarta. Saya sendiri pernah tinggal selama 4 tahun 7 bulan di sana untuk menempuh pendidikan. Selain terkenal sebagai kota pendidikan, Yogyakarta juga menawarkan berbagai wisata yang menarik dan sangat nyaman buat backpaker pemula. Jadi jangan menyebut dirimu sebagai backpaker jika belum menginjak tanah Yogyakarta.

Tanah yang di pimpin oleh Sultan Sri Hameungkubuwono ini memang menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara dan domestik karena disini menawarkan wisata yang sangat komplit. Mulai dari Pesona alam nan luar biasa sampai dengan bangunan sejarah yang sangat apik.

1. Pantai-Pantainya Kece dan Hits, Sekece sahabat-sahabat kamu

Sunsed Pantai Indrayanti via http://google.com

Traveler, kamu sudah pasti tahu jika Bali dan Bangka Belitung menjadi destinasi favorit untuk menjelajahi pantai yang indah dan eksotis. Tapi sayangnya, untuk menuju pantai-pantai tersebut dibutuhkan dana yang ekstra serta waktu yang cukup.

Jika kamu tidak mempunyai dana yang ekstra tetapi ingin menikmati pantai nan indah. Segeralah meluncur ke Yogyakarta. Untuk menuju yogyakarta kamu dapat terbang dengan menggunakan pesawat atau dengan menggunakan kereta. Jadi bisa lebih hemat kan

Advertisement

Di Yogyakarta sangat banyak pantai yang bisa kamu kunjungi, mulai dari pantai parangtritis di Bantul, Pantai Glagah di Kulonmprogo dan jika ingin mengunjungi pantai dalam sehari lebih banyak, ,meluncurlah ke Gunung kidul, karean gunung kidul yang menjadi surganya pantai di yogyakarta.

Sebut saja Indrayanti, Sadranan, Krakal, Kukup dan lainnya.

2. Gumuk Pasir Parangkusumo, Gurun Sahara Rasa Jawa

Gumuk Pasir Parangkusumo via http://google.com

Kamu sudah pasti tak asing lagi dengan lokasi ini, karena sudah banyak yang membahasnya. Tapi tahukah kamu, jika sebelum hits bangat, bahwa gumuk pasir ini pernah menjadi lokasi syuting video klip Agnes Monica dan Letto. Percaya gak?

Advertisement

Ketika mengunjungi gumuk pasir ini, menurut team ransel anak kos. Ada beberap spot menarik untuk berfhoto ria diantaranya, Ayunan di Tengah Pasir, Tulisan Besar Gumuk Pasir, Gardu Pandang, Dibawah pohon-pohon, bentuk love bagi alayers.

Dan satu paling menarik bagi gue adalah pohon dengan ranting di tengah gumuk pasir.

3. Mengintip Singgah Sana Sultan di Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta via http://google.com

Tak lengkap rasanya jika traveling di Yogyakarta tanpa harus mengunjungi Isatana Sang Sultan. Istana ini merupakan banguanan istana resmi kesultanan yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I. Kraton ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Kraton ini juga merupakan pusat kebudayaan, dimana terdapat berbagai gagasan yang ada disini seperti pemikiran, filosofi, dan mitologi dalam pembangunnannya. Selain itu, masih ada tradisi yang masih dijalankan sampai dengan sekarang yang menjadi daya tarik wisatawan diantaranya Upacara Sekaten, Upacara Siraman Pusaka dan Labuhan, Upacara Grebeg dan Upacara Tumplak Wajig.

Tidak banyak yang dapat dilakukan disini, hanya berkeliling istana dan menyaksikan pertunjukan tari jawa.

4. Jangan Ngaku Kekinian, Jika Belum Muncak di Merapi Tapi Tetap Jaga Prinsip Mendaki ya Sahabat

Menatap Gunung Merbabu Via Merapi via http://google.com

Untuk mendaki gunung memang diperlukan kekuatan fisik dan mental. Sebagai pendaki pemula, saya rasa gunung merapi menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Tapi dengan perjuangan kurang lebih delapan jam pendakian dan di imbangi dengan track yang cukup terjal. Dijamin kalori kamu akan berkurang sedikti, hehe

Oh ya bagi kamu para pendaki pemula seperti kami, mending memakai tour guide biar lebih aman. Dan serunya dengan anak gunung itu adalah ramah tamah. Itu lah pendapat kami sebagai pendaki pemula.

5. Jogja Bay, Sisi Modernitas Si Kota Gudeg

Saatnya kamu menikmati Jogja dengan cara berbeda, jika malam hari kamu dapat nongkrong asyik di Jogja Milk Kafe sambil menikmati lezatnya susu yang di mix dengan beragam jenis buah dengan lokasi yang sangat cozy bersama sahabat-sahabat sambil bergurau asyik ala anak muda.

Di pagi sampai sore hari, kamu dapat menghabiskan waktu di Jogja Bay. Kamu dapat melakukan berbagai aktifitas yang sangat menantang dan menguji adrenalinmu, dan tentunya kamu dan sahabat-sahabat kamu harus mencoba semua wahananya dengan cara kompeteisi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya