Gaya ber-make up cewek-cewek masa kini kian berkembang, begitu juga dengan berbagai produk dan tekniknya. Banyak sekali produk-produk kecantikan yang dijual di pasaran, dari berbagai merek serta jenis dan kegunaan yang beragam. Tapi, tahukah kamu, kalau sebenarnya banyak lho, alat-alat make up atau produknya yang memiliki lebih dari satu fungsi? Berikut beberapa hack dari produk-produk make up kamu yang bisa jadi alternatif produk lainnya!

1. Concealer

Nah, produk pertama yang multi fungsi ini adalah concealer. Produk ini sebenarnya berfungsi untuk menyamarkan atau menyembunyikan noda-noda di wajah, seperti noda bekas jerawat, flek hitam, atau kemerahan. Tapi, buat kamu yang suka dengan tampilan sehari-hari yang tampak alami dan tidak cakey, concealer bisa menjadi salah satu solusinya.

Kamu bisa memilih concealer dengan konsistensi yang cair dan coverage-nya medium to full. Pilih yang warna satu tingkat lebih cerah saja dari kulit kamu, kalau kamu ingin menjadikan concealer sebagai pengganti dari foundation. Jadi, selain menyamarkan noda, kamu juga bisa meng-highlight, dan tentunya menjadikannya sebagai dasar dari riasan kamu sebelum kamu memakai bedak.

Pilih yang hasil akhirnya matte agar coverage-nya semakin bagus. Gunakan di bagian-bagian yang kamu rasa perlu untuk disempurnakan, dan jangan lupa untuk diset dengan bedak agar tidak creasing.

2. Lip Cream Merah Muda

Advertisement

lip cream merah muda via https://www.nyxcosmetics.com

Produk untuk mempercantik bibir ini, ternyata juga bisa mempercantik bagian lain wajahmu, lho! Warna merah muda atau pink, selain bisa menyegarkan warna bibirmu, juga dapat membuat pipimu merona, bahkan untuk matamu. Pilihlah produk yang berjenis cream atau liquid agar lebih mudah dicampur saat diaplikasikan.

Pilih warna pink nude yang manis, warna pink keunguan, atau sejenisnya agar saat diaplikasikan ke pipi dan matamu, warnanya merona dengan alami dan cantik. Untuk penggunaan sebagai perona pipi, kamu hanya cukup menggunakannya sedikit saja. Selain itu, kamu pun dapat meratakan lip cream hanya menggunakan jarimu saja, begitu juga saat kamu menggunakannya untuk kelopak matamu.

Komposisi bahan dari lip cream sendiri relatif aman apabila digunakan di kulit, karena formulanya yang memang ditujukan untuk penggunaan di sekitar bibir yang kita gunakan untuk makan. Kamu bisa menggunakan produk dengan hasil akhir yang matte ataupun satin agar warnanya tampak lebih pigmented. Hindari penggunaan lip gloss karena konsistensinya yang cenderung lebih lengket dan lebih berminyak.

3. Mascara

mascara waterproof via http://cuvious.com

Yap, produk selanjutnya adalah mascara! Produk ini adalah produk yang akan menambah kecantikan riasan matamu. Diaplikasikan pada bulu matamu agar terlihat panjang, berisi, lentik, dan lebih hitam. Produk ini biasanya juga sudah disertai dengan formula anti air agar kamu tetap bisa cantik walau sedang berenang pakai mascara.

Sebagian besar produk ini berwarna hitam, tapi sekarang sudah banyak juga lho mascara warna-warni untuk kamu yang suka bereksperimen dengan riasan. Tapi, tahukah kamu, kalau produk ini juga bisa diaplikasikan di bagian lain? Yap, mascara dapat kamu aplikasikan di alis kamu, lho. Kalau kamu enggak sempet ngalis karena malas gambar atau nggak ada pensil alis, mascara bisa menjadi solusinya! Dengan sikat bulunya yang sama dengan aplikator sisir alis, mascara bisa kamu gunakan dengan mudah untuk merapihkan alis kamu dan hasilnya pun akan tampak lebih alami. Gunakan sedikit saja produk ini agar tidak terlalu hitam kayak Sinchan, girls.

Bulu mata memang sama seperti alis, sama-sama rambut di wajah kita, jadi mascara dapat berfungsi baik untuk keduanya. Kamu bisa menggunakan mascara water proof agar alis kamu tahan lama. Buat yang sudah menggambar alisnya, mascara juga dapat kamu jadikan brow gel, lho.

4. Eye Shadow

matte brown eyeshadow quad via https://www.temptalia.com

Selanjutnya, ada produk perias mata lagi nih. Ya, eyeshadow dengan warna-warna kecoklatan itu multi fungsi lho, girls. Selain bisa mempercantik kelopak matamu dengan memberikan definisi lebih, eye shadow juga kamu fungsikan untuk mendefinisi bagian lain wajah cantikmu.

Kamu bisa menggunakan eye shadow warna coklat ini pada tulang pipimu sebagai pengganti shading atau contouring, begitu juga dengan hidungmu. Selain sebagai emergency countour product, kamu juga dapat menggunakannya di alis kamu sebagai pengganti brow powder. Beberapa cewek ada yang lebih menyukai produk alis berbentuk powder dari pada pomade ataupun pensil.

Pilihlah produk ini dengan bentuk yang single, triple, atau quad eyeshadow, agar lebih mudah dibawa kemana-mana, karena ukurannya yang lebih kecil dari palette puluhan warna. Apabila kamu ingin menjadikannya sebagai countour dan brow powder, pilihlah produk yang hasil akhirnya matte. Selain itu, sesuaikan juga warna cokelatnya dengan skin tone kamu ya!

Oh ya, selain warna cokelat, terdapat warna eye shadow lain yang juga multi fungsi, seperti warna putih, peach, rose gold, atau champagne yang shimmery. Warna-warna tersebut selain dapat dijadikan riasan mata, dapat pula digunakan sebagai pengganti highlighter untuk tampilan wajah yang lebih glowing. Gunakan secukupnya di bagian wajahmu seperti tulang pipi, atas hidung, tulang alis, dan sudut dalam mata agar hasil akhir riasanmu tampak bersinar dan sehat.

Biasanya, dalam bentuk triple atau quad eyeshadow sudah terdapat kombinasi warna matte dan shimmer, sehingga kamu dapat memilih mana yang paling sesuai dengan tampilan kamu. Selain itu ukurannya pun relatif compact dan mudah dimasukkan ke dalam make up pouch kamu.

5. Lip Balm

Lalu, produk yang terakhir adalah lip balm . Produk ini, selain digunakan untuk melembabkan bibir kamu agar tidak pecah-pecah dan kering, ternyata terdapat manfaat lain, lho dari lip balm.

Jika kamu menggunakan lip balm tidak berwarna, ternyata kamu bukan hanya bisa melembabkan bibir kamu, tapi juga kulit kamu. Kalau keadaannya agak mendesak, kamu bisa menggunakan lip balm untuk melembabkan daerah sekitar hidung yang mengelupas atau kering. Formula dari lip balm yang memang untuk melembabkan dapat membantu kamu mengurangi rasa perih, gatal, dan kering pada kulit sekitar hidungmu. Hal ini biasa terjadi apabila kamu sedang flu.

Selain yang tanpa warma, terdapat juga tinted lip balm dengan warna alami yang tidak terlalu pekat. Kamu juga dapat menggunakannya sebagai pengganti cream blush. Hasil akhirnya akan membuat wajahmu terlihat pink sehat dan naturally glowing, cocok untuk kamu penggemar no make up, make up look.

Dari berbagai ulasan produk make up di atas, semoga bisa bermanfaat buat kamu!