Siapa yang tak kenal kota Manchester?

Tahukah kamu bahwa klub sepakbola terbesar se-Inggris Raya terdapat di kota ini?

Kota yang memang dikenal sebagai jantung olahraga sepakbola ini berpenduduk sekitar 0,5 juta jiwa dan menempati area terpadat setelah ibukota negara Inggris, London, dengan total populasi mencapai 2,5 juta jiwa. Selain itu, menurut Global Liveability Survey, Manchester tercatat sebagai kota paling favorit di Inggris untuk ditinggali. Wow! Menarik bukan? Setelah ini, kamu akan tahu mengapa kota ini tidak boleh dilewatkan sebagai salah satu destinasi travelling kamu saat berkunjung ke tanah Britania Raya.

Manchester terletak sekitar 320 kilometer di sebelah utara kota London dan dapat ditempuh selama empat jam perjalanan darat atau hanya satu jam menggunakan pesawat terbang. Sedangkan pusat kota Manchester sendiri berjarak kira-kira 15 kilometer dari bandara. Kamu cukup membeli tiket kereta tujuan Manchester Piccadilly seharga £5 (sekitar Rp 95.000,-) untuk sampai ke sana dalam waktu kurang dari 15 menit saja. Namun, jika kamu ingin berkendara sambil melihat-lihat kota, kamu bisa menggunakan transportasi bus atau taksi dengan tujuan yang sama dan harga yang tidak jauh berbeda.

1. Pusat kota Manchester yang menarik dan bersahabat

Salah satu sudut di pusat kota Manchester

Salah satu sudut di pusat kota Manchester via https://www.facebook.com

Apa saja yang menarik untuk dilihat di Manchester? Tentu saja selain stadion Old Trafford milik klub sepakbola Manchester United atau Etihad Stadium markas klub sepakbola Manchester City, kamu dapat menikmati keindahan arsitektur kota, sejarah dan budaya, museum, perpustakaan, serta kemajuan pendidikan dan teknologi di kota ini. Di pusat kota Manchester, kamu dapat mengagumi megahnya gedung Manchester Town Hall yang dibangun pada tahun 1868 menggunakan gaya arsitektur Victorian Gothic. Uniknya, sebelum gedung yang saat ini digunakan oleh pemerintah lokal ini dibangun, tidak kurang dari 120 arsitek bersaing untuk merancang Manchester Town Hall yang akhirnya dimenangkan oleh Alfred Waterhouse.


Denyut kehidupan di Manchester dapat dirasakan dari sibuknya para Mancunian (sebutan untuk penduduk asli Manchester) yang berlalu-lalang dengan berjalan kaki.


Advertisement

Maklum saja, di pusat kota banyak berdiri gedung perkantoran, perpustakaan, pusat perbelanjaan, restoran, dan taman. Asalkan tidak hujan, menikmati suasana pusat kota dan berbelanja dengan berjalan kaki sangat menyenangkan di kota yang suhu udaranya tidak lebih dari 20'C ini. Capek jalan kaki? Jangan khawatir! Pemerintah lokal kota Manchester telah menyediakan bus gratis untuk berkeliling area pusat kota sepuas hati.

Tipsnya, tentukan lokasi yang akan kamu kunjungi searah dengan rute bus untuk menghemat waktu dan tenaga. Peta destinasi wisata dapat diperoleh pada lokasi-lokasi tertentu untuk membantu kamu saat travelling. Tujuan-tujuan wisata yang wajib kamu kunjungi antara lain John Rylands Library, Museum of Science and Industry, Manchester Central Library, National Football Museum, dan masih banyak lagi.

Jika kamu ingin pengalaman yang tak terlupakan saat mengunjungi kota Manchester, datanglah pada hari-hari tertentu saat aktivitas atau perayaan masyarakat diselenggarakan di pusat kota. Kamu dapat menikmati indahnya pesta kembang api saat malam pergantian tahun baru (New Years’ Eve), membeli kerajinan tangan dan suvenir di pasar rakyat saat malam perayaan natal (Christmas Market), hingga ikut memeriahkan perayaan tahun baru Cina yang lengkap dengan pertunjukkan naga dan barongsai. Ini membuktikan bahwa masyarakat kota ini sangat menghargai nilai-nilai keragaman ras dan budaya sehingga membuat kota ini semakin nyaman untuk disinggahi.

2. Wisata bola? Wajib dong!

Berfoto usai pertandingan Manchester United

Berfoto usai pertandingan Manchester United via https://www.facebook.com

Advertisement

Ini yang paling penting! Belum sah dikatakan ke Manchester jika belum mengunjungi stadion Old Trafford dan Etihad Stadium. Tentu saja! Atmosfer penggila bola begitu terasa saat kamu tiba di kota ini. Stadion Old Trafford dapat ditempuh dengan mudah dari pusat kota menggunakan bus selama tidak lebih dari 30 menit saja, sedangkan Etihad Stadium hanya membutuhkan waktu sekitar seperempat jam. Di masing-masing lokasi, kamu dapat membeli tiket kunjungan ke stadion untuk diperbolehkan melihat lapangan sepakbola (stadium tour), membaca sejarah klub tersebut, sekaligus masuk ke ruang ganti pemain. Jangan lupa untuk membeli souvenir asli dari klub favorit kamu, ya!

3. Film berlatar belakang kota Manchester

Aktor Benedict Cumberbatch memerankan Alan Turing

Aktor Benedict Cumberbatch memerankan Alan Turing via http://www.pluggedin.com

Pernahkah kamu melihat film berjudul The Imitation Game? Film ini bercerita tentang masa Perang Dunia II, dimana seorang matematikawan jenius bernama Alan Turing mencoba untuk memecahkan kode rahasia dari Jerman yang disebut sebagai Enigma. Nah! Jika kamu berkunjung ke University of Manchester, tepatnya di Sackville Park, kamu akan mendapati patung Alan Turing Memorial yang dibangun pada tahun 2001 untuk mengenang jasanya. Dan uniknya, pada film tersebut, Alan Turing diperankan oleh seorang aktor terkenal yaitu Benedict Cumberbatch yang juga merupakan seorang lulusan University of Manchester lho!

4. Wisata kuliner di Manchester? Boleh juga!

Menu Qabilly Pillow lengkap dengan Sausnya

Menu Qabilly Pillow lengkap dengan Sausnya via https://www.facebook.com

Apakah kamu penikmat wisata kuliner? Jika ya, maka kota Manchester adalah surga kuliner bagi para turis yang ingin memanjakan lidahnya. Ada tempat di kota ini (sekitar 10 menit dengan bus dari pusat kota) yang terkenal dengan sebutan Curry Mile dan lebih dari 70 restoran khas dari Asia dan benua lainnya dapat kamu temukan di sepanjang jalan. Mulai dari makanan khas Inggris yaitu Fish and Chips, kemudian Burrito, Madras, Falafel, dan lain sebagainya. Yang pasti, jangan lewatkan untuk menghabiskan waktu makan siang kamu di Curry Mile kalau tidak ingin menyesal!

5. Ayo! Saatnya travelling ke Manchester!

Ayo ke Manchester!

Ayo ke Manchester! via https://www.facebook.com

Mau travelling ke Manchester kamu lebih tak terlupakan? Datanglah di bulan Juni. Setiap tahun di bulan Juni, kota Manchester dimeriahkan dengan adanya perayaan Manchester Day. Nah, di tahun ini, perayaan Manchester Day dijanjikan akan lebih luar biasa dibandingkan dengan perayaan pada tahun-tahun sebelumnya. Perayaan yang diawali pada tahun 2010 ini akan diwarnai dengan parade yang melibatkan lebih dari puluhan ribu orang serta ratusan ribu penonton di sekitar jalanan kota.

Tahukah kamu? Di Manchester, tidak kurang dari 10 parade setiap tahun dirayakan di kota ini, namun parade Manchester Day adalah perayaan yang paling besar dan meriah karena merupakan kesempatan bagi seluruh warga Manchester untuk berkumpul dan turut serta memeriahkan pesta.

Nah! Sudahkah kamu semakin mantap memasukkan Manchester ke daftar travelling kamu saat ke Inggris? Harus dong!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya