Meski Terkesan Simpel, Ternyata Journaling Banyak Manfaatnya, Lho!

Manfaat Journaling

Journaling? mungkin sebagian dari kita sedikit asing dengan kegiatan tersebut. Journaling adalah kegiatan menulis diary atau mengutarakan pesaraan dan pikiran melalui tulisan. Ternyata kegiatan sesimpel itu banyak sekali lho manfaatnya, yuk kita bahas!

Advertisement

1. Bisa Jadi Teman Curhat

Foto oleh Gabby K dari Pexels

Foto oleh Gabby K dari Pexels via https://www.pexels.com

Menulis  adalah salah satu cara untuk mencurahkan perasaan kita, di Journaling ini kita biasa curhat sesuka  kita tentang suatu hal yang tidak bias kita ceritakan dengan orang lain. Ini juga merupakan solusi yang tepat untuk orang-orang yang memiliki kepribadian introvert.

2. Mengurangi Stres

Stress- Google Image

Stress- Google Image via https://www.google.com

Stres merupakan hal yang biasa dialami oleh manusia. Orang akan stres jika dia merasa tertekan oleh suatu hal bisa tentang pekerjaan, sekolah, pasangan dan sebagainya. Cara mengatasi stres salah satunya yaitu dengan bercerita.

Advertisement

Namun, tidak semua orang bisa bercerita dengan orang lain. Mereka lebih nyaman jika memendam sendiri atau menuliskannya di buku. Dengan bercurhat di buku  kita tidak terlalu tenggelam dalam pikiran dan masalah tersebut sehingga dapat mengurangi stres.

3. Lebih Disiplin dan Tertata

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels via https://www.pexels.com

Dalam kegiatan jounaling kita bisa juga menuliskan hal-hal yang ingin kita lakukan atau lebih sering disebut sebagai plan planner. Dari menulis tersebut kita bisa lebih disiplin karena kita lebih terarah dan terjadwal dalam melakukan suatu hal sehinga pekerjaan kita lebih tertata.

4. Tempat Berkreativitas

Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels via https://www.pexels.com

Bingung cara mengekspresikan kreativitas kita? dalam kegiatan Journaling ini kita bisa mengekspresikan kreativitas kita dengan menghias Journal seperti menggambar, membuat template, mewarnai dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan agar Journal kita semakin bagus, berwarna dan membuat kita ingin terus melakukan Journaling.

Advertisement

5. Bisa Memotivasi Diri Sendiri

Foto oleh Liza Summer dari Pexels

Foto oleh Liza Summer dari Pexels via https://www.pexels.com

Dari kegiatan journaling kita bisa memotivasi diri sendiri. Misalnya dengan menulis quotes yang bisa menyadarkan kita dan membuat kita termotivasi ketika membacanya. Selain itu kita bisa menulis self-compassion dan self-improvement agar kita lebih menyayangi diri sendiri dan memperbaiki diri sehingga kita lebih percaya diri.

6. Bisa Mengevaluasi Diri Sendiri

Foto oleh Budgeron Bach dari Pexels

Foto oleh Budgeron Bach dari Pexels via https://www.pexels.com

Dari buku journal, kita bisa melihat pencapaian-pencapaia yang kita raih dan apa yang apa yang kita belum bisa raih sehingga kita bisa evaluasi diri dan lebih berusaha lagi agar keinginan yang belum kita capai bisa terwujud.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE