5 Manfaat Minum Air Hangat untuk Tubuhmu. Asal Rutin Bisa Turut Menyehatkan Pencernaanmu

Manfaat minum air hangat

Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Mulai dari yang sederhana hingga yang sulit. Cara sederhana ialah dengan minum air yang banyak. Minum air yang cukup merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Dalam sehari, kita diwajibkan untuk minum air sebanyak delapan gelas.

Namun, tahukah kamu bahwa ternyata minum air hangat dapat menjaga kesehatan tubuh? Rutin minum air hangat dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh, lho. Misalnya, memperlancar sistem pencernaan, dan sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Berikut manfaat yang akan kamu dapatkan bila rutin minum air hangat.

Advertisement

1. Meredakan rasa nyeri saat datang bulan

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via http://pexels.com

Air hangat dapat membantu meredakan rasa nyeri saat datang bulan, lho. Saat sedang datang bulan, terjadi peningkatan pada sirkulasi darah, sehingga menyebabkan otot perut dan rahim mengencang. Kontraksi yang terjadi tersebut, dapat menyebabkan rasa nyeri saat datang bulan.

 Air hangat dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otot perut, sehingga mampu untuk menenangkan dan merilekskan otot perut.

Advertisement

2. Mencegah penuaan dini

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via http://pexels.com

Tahu nggak, kalau salah satu faktor penuaan dini karena adanya penumpukan racun dalam tubuh?

Penumpukan racun dalam tubuh bisa menyebabkan seseorang menjadi terlihat lebih cepat tua. Untuk menghindari penuaan dini, kamu bisa rutin meminum air putih hangat untuk membantu mengeluarkan racun berbahaya yang ada dalam tubuh.

Tak hanya mengeluarkan racun, manfaat ar hangat untuk kulit ialah dapat memperbaiki sel-sel kulit, serta membuat kulit menjadi lebih elastis dan terbebas dari tanda-tanda penuaan.

Advertisement

3. Menghilangkan rasa pedas

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Photo by Daria Shevtsova from Pexels via http://pexels.com

Rasa pedas merupakan sensasi yang diterima oleh lidah kamu berupa rasa panas dan seperti terbakar. Cara yang efektif untuk menghilangkan rasa pedas dengan lebih cepat ialah dengan minum air hangat.

Rasa pedas disebabkan oleh senyawa kimia yang ada dalam biji cabai yang bernama capcaisin. Capcaisin akan larut jika kamu meminum air hangat saat merasakan kepedesan, sehingga kamu dapat menghilangkan rasa pedas di lidah dengan lebih cepat.

4. Membantu menurunkan berat badan

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Photo by Karolina Grabowska from Pexels via http://pexels.com

Minum air hangat dapat membantu memecah dan meluruhkan timbunan lemak yang ada di tubuh serta membantu mempercepat penurunan berat badan. Saat minum air hangat, maka tubuh akan menurunkan suhu internal dan meningkatkan sistem metabolisme kamu.

Jadi, untuk kamu yang sedang diet, sangat wajib untuk minum air hangat setiap hari, ya!

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://pexels.com

Sebelum tidur, jangan lupa untuk minum segelar air hangat ya! Air hangat dapat membuat tubuhmu menjadi rileks, lho.

Kondisi tubuh yang rileks, dapat membuat tidurmu menjadi lebih nyaman dan pulas, sehingga saat kamu bangun di pagi hari, kamu akan merasa lebih segar dan lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas.

Nah, itu tadi manfaat minum air hangat yang mungkin sering kamu sepelekan. Mulai saat ini, jangan lupa untuk selalu minum air hangat, ya! Karena dengan cara sederhana, akan mendapat manfaat yang luar biasa. Dan jangan lupa, selalu ingat bahwa sehat itu mahal ya, guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing with Sincere

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE