Manfaat Penting Menguasai Aplikasi Microsoft Office untuk Keperluan Melamar Pekerjaan

Pentingnya menguasai aplikasi Ms Office~

Halo sahabat Hipwee, dari sekian banyak persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan, khususnya posisi administrasi, adalah kemampuan untuk mengoperasikan Microsoft Office. Hal ini tentu sangat wajar, alasannya hampir semua pekerjaan kantor, program yang diperlukan adalah Microsoft Office.

Calon pegawai yang mempunyai kemampuan mengoperasikan Microsoft Office tentu akan mempunyai kesempatan lebih besar untuk diterima di perusahaan. Hal ini tentu berbanding terbalik untuk mereka yang sama sekali tidak menguasai Microsoft Office.

Nah, terkait dengan aplikasi Microsoft Office, di sini saya akan membagikan ulasan mengenai manfaat penting menguasi Microsoft Office untuk menunjang lamaran pekerjaan.

Advertisement

1. Berguna ketika membuat CV (Curriculum Vitae) lebih rapi lagi

Ilustrasi Kerja Kantor

Ilustrasi Kerja Kantor via https://pexels.com

Jika kamu menguasai aplikasi Microsoft Office, khusunya lagi Microsoft Office Word, Kamu mampu membuat CV atau daftar riwayat hidup untuk keperluan melamar pekerjaan sendiri. Kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar jasa hanya sekedar pembuatan CV, dalam hal ini karena Kamu dapat membuatnya sendiri dengan mudah serta desain yang Kamu inginkan. Hal ini tentu saja bisa lebih menghemat biaya yang harus Kamu keluarkan.

2. Memudahkan kamu ketika membuat surat lamaran kerja

Ilustrasi Kerja Kantor

Ilustrasi Kerja Kantor via https://pexels.com

Jika Kamu menguasai aplikasi Microsoft Office, Kamu akan lebih mudah dalam pembuatan surat lamaran pekerjaan. Terutama kalau surat lamaran pekerjaan harus diketik atau dikirim melalui alamat email. Dalam hal ini Kamu tidak perlu lagi pergi ke rental pengetikan untuk  dibuatkan surat lamaran pekerjaan, karena Kamu bisa mengetiknya sendiri.

Advertisement

Dengan menguasai aplikasi Microsoft Office, Kamu tidak perlu lagi menulis secara manual atau dengan tangan surat lamaran pekerjaan yang mau Kamu buat. Ini tentunya akan menguntungkan Kamu yang mungkin saja tulisan tangannya kurang rapi.

3. Memiliki bekal dalam bidang entri data serta pembuatan laporan

Ilustrasi Kerja Kantor

Ilustrasi Kerja Kantor via https://pexels.com

Menguasai aplikasi Microsoft Office akan menjadi bekal penting ketika Kamu akan memasuki dunia kerja, khususnya lagi pekerjaan jenis kantoran. Dalam perkantoran, tidak akan lepas dari pekerjaan entri data serta pembuatan laporan kerja. Oleh sebab itu, calon pegawai akan dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengoperasikan aplikasi Microsoft Office.

Advertisement

Jika kamu sebelumnya telah mempunyai kemampuan dalam bidang ini, tentu Kamu telah memiliki bekal dalam dalam pengerjaan input data dan pembuatan laporan secara terus-menerus.

Ketika kamu ditugaskan untuk membuat tabel di Office Word, tentunya bukan perkara yang sulit untuk menyelesaikannya. Kamu mampu mengerjakan pekerjaan perusahaan tanpa kesulitan.

Seseorang yang telah menguasai aplikasi Microsoft Office tentunya akan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan kantor daripada yang tidak memiliki bekal sama sekali. Berbagai pekerjaan perkantoran seperti Front Office (FO), Kasir, Staff Administrasi, Customer Service (CS), dan pekerjaan kantor lainnya akan membutuhkan kemampuan dalam menggunakan aplikasi Microsoft Office ini.

4. Lamaran kamu memiliki kesempatan besar untuk diterima di perusahaan

Ilustrasi Kerja Kantor

Ilustrasi Kerja Kantor via https://pexels.com

Calon karyawan yang memiliki kemampuan menguasai aplikasi Microsoft Office bisa memiliki peluang besar supaya diterima di sebuah perusahaan. Mampu menguasai aplikasi Microsoft Office akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk Kamu dari pesaing calon karyawan lainnya. Orang yang mempunyai keahlian menguasai apliaksi Microsoft Office bisa dianggap menguntungkan untuk perusahaan. Dengan alasan Kamu mampu menyelesaikan pekerjaan kantor dengan tepat waktu serta efektif.

5. Membuat presentasi bisa lebih menarik lagi

Ilustrasi Kerja Kantor

Ilustrasi Kerja Kantor via https://pexels.com

Diantaranya ada beberapa perusahaan jenis perkantoran akan meminta calon karyawannya untuk melakukan presentasi. Biasanya hal ini merupakan bagian dari tes masuk kerja. Hal ini tentu saja membutuhkan kemampuan untuk melakukan presentasi yang baik dan menarik.

Selain itu kesiapan mental dan materi juga harus Kamu siapkan. Kamu juga meski menyiapkan media yang menarik untuk kegiatan presentasi tersebut. Salah satu media presentasi yaitu menggunakan aplikasi Microsoft Office Power Point yang merupakan bagian dari aplikasi Microsoft Office.

Untuk itu, saya sarankan agar Kamu mampu bersaing dengan para pelamar kerja lainnya, maka Kamu sebaiknya menampilkan presentasi terbaik Kamu.

Itulah ulasan saya mengenai beberapa manfaat pentingnya menguasai aplikasi Microsoft Office untuk keperluan melamar pekerjaan. Untuk itu tidak ada alasan lagi bahwa Kamu tidak menguasai aplikasi Microsoft Office, tentunya jika Kamu mempunyai keinginan karir bagus.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Berbagi informasi melalui artikel yang diharapkan ada manfaatnya!

CLOSE