“Hanya kepada Allah kamu kembali semuanya, maka Dia akan menerangkan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (QS 5 : 105)

#ManusiaBolehBerencana, Tak terasa waktu memang cepat beralalu, seperti saat ini ternyata kita sudah di penghujung tahun 2018. Tentu masih ingat dong ya rencana-rencana yang ingin kamu capai (resolusi 2018), sudah berapa yang tercapai atau bahkan ada yang belum tercapai.

Bila masih ada yang belum tercapai, sedangkan kamu sudah berusaha dan berdoa dengan maksimal dan setulus hati. Tak usah sedih, karena sebaik-baik rencana manusia, rencana Tuhan jauh lebih baik.

1. Melepas Lajang di Tahun 2018 Ternyata Masih Tetap Saja Sebagai Wacana, Tenang Karena Jodoh Memang Datang di Saat yang Pas Dengan Orang yang Tepat.

Melepas Lajang

Melepas Lajang via https://www.instagram.com

Bagi kamu yang sudah beranjak di atas 25 tahun, tentu masalah pendamping hidup menjadi salah satu target yang harus dicapai. Berbagai cara telah dilakukan, namun ternyata nasib juga belum berpihak kepadamu.

Advertisement

Tenang saja, bukan kamu saja kok yang mengalaminya. Ada saya, mereka dan bahkan kita (kaum single) yang masih setia terhadap usaha dan doa. Tapi satu hal yang pasti, ingatlah jodoh itu akan datang di saat kita sudah siap.

2. Sahabat Sejati itu Bukan Jaim Bareng, Tapi Main Bareng, Setuju?

Sahabat Sejati

Sahabat Sejati via https://instagram.com

Sebenarnya di tahun 2014 sampai dengan pertenagahan 2016 saya termasuk golongan anak muda yang hobby melakukan kegiatan tak berfaedah. Yang setiap malam minggungya tak jauh dari bioskop, ngafe dan mall.

Hingga akhirnya dari pertengahan tahun 2016 saya memulai hobby baru yang lebih bermanfaat yaitu traveling. Dalam dunia travelling travelmate datang silih berganti. Namun, beruntungnya di tahun 2018 saya mendapatkan bebarapa sahabat yang hobby traveling dan menjadi sahabat sejati.

3. Menggapai Puncak Gunung Sebenarnya Bukan Sekedar Mendaki, Tapi Bagaimana Cara Kamu Menaklukkan Ego.

Puncak Gunung Lawu

Puncak Gunung Lawu via https://www.instagram.com

Advertisement

Sebagai yang hobby traveling, tentu hiking menjadi salah satu agenda rutin yang menyenangkan. Sempat trauma pada tahun 2015 mendaki di Gunung Merapi karena berbagai kejadian di gunung yang tak berpihak. Hingga akhirnya pada tahun 2018 saya memutuskan kembali mendaki dan Alhammdullah 3 gunung tuntas kunikmati.

Gunung Sindoro di Temanggung, Gunung Lawu si Mistis di Jawa Timur dan Gunung Gede di Jawa Barat, menjadi tiga gunung yang menajdi saksi bisu merekatkan semua persahabatan. Untuk tahun 2019 Merbabu, Sumbing dan Semeru yang akan menjadi rencana pendakian selanjutnya dengan mereka para sahabat sejati tentunya.

4. Di Penghujung Tahun 2018 Ternyata Berita Buruk Juga Melanda, Tempatku Mencari Nafkah Dalam Keadaan Kurang Baik.

Kegiatan di Pelabuhan

Kegiatan di Pelabuhan via https://www.pexels.com

Sebagai salah satu karyawan swasta di salah satu perusahaan shipping line nasional. Sebenarnya ini salah satu berita yang tidak menyenangkan bagi kami para karyawan.

Sebenarnya bukan masalah yang begitu besar, hanya saja beberapa budget tidak dilaksanakana, seperti outing karena memang kondisi perusahaan sedang mengalami kerugian.

Jadi sudah bisa di pastikan bonus akhir tahun tidak seperti tahun sebelumnya yang bisa mencapai 3 kali gaji. Kamu sudah tahu kan berapa rupiah yang tak sudi masuk rekening pada akhirnya?

5. Kegagalan Adalah Guru yang Paling Bijak, Jangan Pernah Kecewa Terhadap Kegagalan yang Belum Kamu Capai?

Gagal adalah Guru Terbaik

Gagal adalah Guru Terbaik via https://www.pexels.com

Meski pada tahun 2018 ada beberapa kegagalan yang terjadi dalam hidup ini. Percayalah bahwa kegagalan mengajarkan untuk berusaha lebih keras lagi dan berdoa lebih khusyuk lagi. Karena bagaimanapun, sebaik apapun rencana kamu, rencana Tuhan jauh lebih indah untukmu.

#ManusiaBolehBerencana

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya