Serangga, mendengar jenis hewan yang satu ini, apakah yang ada dibenak kalian, teman? Bagi sebagian orang, serangga adalah salah satu jenis hewan yang sedikit memberikan rasa takut atau phobia. Akan tetapi, melalui cerita kecil satu ini, kita akan mencoba mengulik sedikit tentang jenis – jenis serangga yang sering kita temui sehari – harinya. Berikut 5 jenis serangga yang mampu memberikan sedikit nilai kehidupan sederhana bagi kita, mari simak sejenak!

1. Ulat sutera dengan kelembutan benangnya.

Kepompong ulat sutera via http://selingkaran.com

Serangga pertama yang memberikan kita nilai kehidupan adalah ulat sutera. Adakah yang pernah melihat serangga satu ini? Ya, ulat sutera dikenal dengan kelembutan serat yang digunakan untuk membuat benang sutera. Dalam hal inilah, kita mampu belajar sebuah nilai sederhana dalam hidup, yaitu kelembutan. Kelembutan yang dimaksud disini adalah kelembutan hati, yang tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi setiap orang disekitar kita.

2. Semut yang gigih dan kompak.

Serangga yang kedua ini hampir setiap hari temui dikehidupan sehari – hari, dia adalah si kecil semut. Banyak sekali yang filosofi yang mengambil kehidupan semut yang dikenal kompak dalam bekerja sama satu dengan yang lain. Kita tentunya pernah melihat bagaimana segerombolan semut saling bekerja sama membawa sebuah makanan yang ukurannya jauh lebih besar dari tubuhnya. Ini ingin mengajari kita bahwa didalam hidup, kita harus kompak dan gigih dalam berusaha mencapai tujuan yang telah dikehendaki.

3. Kunang – kunang yang bersinar penuh keindahan.

Advertisement

Serangga yang ketiga ini yaitu kunang – kunang, sering kita jumpai dimalam hari. Serangga kecil yang satu ini dikenal dengan kelap kelip warna yang muncul ketika gelap malam menghampiri. Nah, berdasarkan itu juga, kita mampu memetik sebuah nilai kehidupan yang sederhana. Nilai itu ingin mengajarkan kita menjadi seperti kunang – kunang di gelapnya malam, menjadikan kita sebagai sebuah sinar yang mampu menerangi gelapnya dunia ini.

4. Lebah yang manis.

Serangga yang selanjutnya adalah lebah. Lebah adalah salah satu serangga yang menguntungkan bagi manusia karenakan mampu membantu penyerbukan tanaman serta menghasilkan madu yang baik kandungannya bagi tubuh manusia. Kita hendaknya dapat menirukan kehidupan lebah ini, yang memberikan manfaat baik bagi tanaman dan bagi orang banyak. Cara yang paling baik untuk memulainya adalah dengan memahami bakat dan talenta yang kita punyai, sehingga mendatangkan kebaikan bagi sesama dan orang banyak, sama halnya dengan lebah.

5. Kupu – kupu nan cantik rupawan.

Serangga terakhir yang dapat memberikan kita nilai kehidupan sederhana adalah kupu – kupu. Serangga yang satu ini dikenal dengan keindahan rupa sayap dan bentuknya. Akan tetapi, seperti yang telah kita ketahui, kupu – kupu terbentuk melalui proses metamorfosis yang tidaklah mudah. Sama halnya dengan kupu – kupu tersebut, apabila kita ingin mempunyai bentuk nan rupawan, dibutuhkan kerja keras dan usaha yang tidak sedikit. Kupu – kupu ingin mengajak kita untuk mulai bermetamorfosis bersama untuk diri yang lebih baik dan indah.

Demikian sepenggal cerita yang bertemakan hewan kecil bernama serangga. Mereka juga didalam hidupnya membutuhkan kerja keras dan usaha untuk mencapai sebuah kesuksesan. Semoga teman – teman dapat memperoleh tambahan pengetahuan yang mampu bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi sesama. Mari bermetamorfosis bersama !