If I'm closing my eyes

I feel the taste on my lips

I can feel the kobokan on my fingertip

And I really think your silly

If you leaned the table without tasted the chili

Nasi Padang

Nasi Padang

Nasi Padang

Ini adalah sepenggalan lirik lagu nasi padang yang dinyanyikan oleh Kvitland, seorang traveler yang langsung jatuh cinta pada nasi padang, ketika pertama kali mencoba kuliner asal Sumatera Barat ini. Saking jatuh cintanya pada nasi padang, Kvitland lalu menuliskan lagu ini didedikasikan untuk seluruh penggila nasi padang di seluruh jagad.

Jika kita berbicara tentang kuliner, khususnya kuliner asli Sumatera Barat atau Minang, mungkin yang paling kita kenal adalah rendang – yang merupakan salah satu masakan paling enak di seluruh dunia versi CNN. Berikutnya ayam pop, ayam bakar atau dendeng batokok, yang khas dengan cabe merahnya yang membara. Yang lainnya ada cincang, gulai kepala ikan, asam padeh dan tak boleh ketinggalan, sambal cabai hijaunya yang melegenda.

Tidak bisa dipungkiri, semua menu yang ada di setiap rumah makan Padang selalu menarik selera. Tidak ada yang tahan akan godaan dari nasi padang. Bahkan, seorang teman yang sedang berdiet mengatakan, bahwa Nasi padang adalah godaan terbesarnya. Dia bisa menahan diri ketika ditawarkan makanan lain. Tetapi tidak dengan nasi padang. Terlepas dari makanan Padang yang bisa dikatakan 100% selalu melibatkan santan kelapa, cabe dan minyak.

Selain makanan yang sudah biasa kita jumpai di rumah makan/restoran Padang di kota besar, ada beberapa makanan khas Sumatera Barat lainnya yang tidak kalah menggoda, namun masih sedikit dijumpai di kota besar.

1. Tambunsu

Usus sapi dengan isian putih telur yang menggoda

Usus sapi dengan isian putih telur yang menggoda via https://google.com

Tambunsu merupakan usus sapi yang diisi dengan putih telur. Makanan ini merupakan khas nasi kapau. Di Bukittinggi kamu bisa menemukannya di tempat makan di Pasar Atas atau lebih dikenal dengan nama Pasa Lambuang – Pasar Lambung-. Makanan ini sudah bisa ditemukan di restoran-restoran di kota besar, walaupun belum begitu banyak. Jika kamu bukan orang yang berpantangan makan, kamu wajib mencobanya!!

2. Rendang Telur

Si rendang telur yang perlahan mulai menunjukan eksistensinya

Si rendang telur yang perlahan mulai menunjukan eksistensinya via http://google.com

Advertisement

Banyak artikel yang beredar di dunia maya tentang makanan yang satu ini. Tetapi, kebanyakan dari artikel itu salah. Rendang telur yang mereka maksud bukanlah rendang telur yang dimaksud oleh orang Minang sendiri. Kebanyakan dari mereka membuat resep kalio telur. Walaupun kalio merupakan awal dari rendang, tapi bukan itu yang dimaksud rendang telur yang merupakan makanan asli dari Payakumbuh berbentuk seperti keripik berbumbu. Bahan dasarnya tetap berasal dari telur. Rendang telur ini cocok untuk menjadi cemilan atau bisa juga menjadi lauk teman makan kamu.

3. Itiak Lado Mudo/Bebek Cabai Hijau

Primadona baru masakan Padang

Primadona baru masakan Padang via http://google.com

Masyakat Minangkabau memang tidak bisa lepas dari yang namanya cabai. Baik itu cabai merah, cabai hijau ataupun cabai rawit. Hampir semua masakan Padang menjadikan cabai sebagai salah satu bumbunya.

Salah satu yang terkenal dengan bumbu cabai hijaunya adalah bebek cabai hijau asli dari Ngarai Sianok, Bukittinggi. Bebek cabai hijau belum terlalu banyak dijadikan menu di rumah makan Padang, bahkan yang berada di Sumatera Barat sekalipun. Memang, untuk memasak kuliner yang satu ini dibutuhkan keahlian sendiri yang masih jarang dimiliki oleh orang luar dari Ngarai Sianok sendiri.

4. Belut Cabai Hijau

Dijamin kamu akan nambah lagi dan lagi

Dijamin kamu akan nambah lagi dan lagi via http://google.com

Advertisement

Satu lagi kuliner khas Minang yang menjadikan cabai hijau sebagai bumbu utamanya, yaitu belut caba hijau .Belut cabai hijau sangat terkenal di rumah makan-rumah makan di wilayah Sumatera Barat, terutama daerah Payakumbuh dan sekitarnya. Belut yang memiliki nilai protein yang sangat tinggi, dipadukan dengan cabai hijau kemudian untuk dimakan dengan nasi panas. Sungguh sebuah surga bagi para pencinta kuliner.

5. Dendeng Lambok/Dendeng Basah

Kebayangkan enaknya dimakan dengan nasi hangat

Kebayangkan enaknya dimakan dengan nasi hangat via http://google.com

Di Sumatera Barat, dendeng memiliki banyak jenis. Namun, bagaimanapun jenis dan bumbunya,semuanya dijamin pedas, gurih dan enak. Membuat kita ketagihan dan makan bertambah!! Hmmm..

Dendeng ini hampir sama dengan dendeng balado, hanya saja teksturnya tidak kering seperti dendeng balado. Dalam pembuatannya, daging direbus dengan bumbu-bumbu hingga empuk, kemudian dipukul- pukul. Daging digoreng sebentar kemudian diberi sambal yang terdiri dari campuran cabai merah, bawang merah dan tomat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya