Tahukah kamu jika nama adalah doa dan harapan yang diberikan untuk buah hati? Untuk itu kamu harus menamai si kecil dengan sebutan yang bermakna positif. Supaya mereka bisa tumbuh sesuai nama yang disematkan.

Selain itu, nama adalah identitas, sehingga selain memperhatikan maknanya kamu juga harus memperhatikan asal bahasa dari nama tersebut. Supaya kamu bisa mengetahui identitas apa yang akan dibawa oleh si kecil.

Terkadang, banyak orang tua yang ingin menamai anaknya sesuai dengan keyakinan atau agama yang dianut. Biasanya, nama-nama tersebut diilhami dari kata dalam sebuah injil, hadis, Alquran, tokoh besar dalam agama tersebut, dan lain-lain.

Nah, bagi kamu yang menganut agama Islam dan ingin menamai si jagoan dengan sebutan yang islami, berikut 5 contoh yang bisa dijadikan referensi!

1. Rumi, siapa tahu kelak si kecil bisa menjadi teladan seperti Jalaludin El Rumi

Nama anak laki laki yang pertama bernuansa islami dan jarang digunakan adalah Rumi. Tahukah kamu Rumi merupakan nama seorang sufi dan penyair Islam asal Persia? Nama lengkapnya adalah Jalaluddin El Rumi.

Beliau disebut sebagai salah satu penyair yang paling berpengaruh di dunia. Oleh Karena itulah sapaan ini baik dan cocok digunakan untuk anak laki-lakimu. Siapa tahu dengan menyematkan nama Rumi, kelak ia bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas seperti Jalaludin El Rumi.

2. Hafaza. Kalau Hafiz udah mainstream banget, coba pakai nama Hafaza!

Advertisement

Referensi nama islami yang kedua adalah Hafaza. Mungkin kamu masih merasa asing dengan nama ini. Tapi justru itulah yang menjadi daya tarik dan keunikannya.

Nama Hafaza memiliki makna yang positif dan cocok untuk diggunakan sebagai penamaan jagoanmu. Hafaza merupakan nama Malaikat pelindung umat manusia. Pastinya setiap orang tua ingin anak laki-lakinya menjadi seorang pelidung bagi keluarganya, bukan?

3. Kamayel, manusia memang nggak ada yang sempurna sih, tapi apa salahnya mendoakannya menjadi sempurna?

Siapa disini yang enggak pengen anaknya terlahir sempurna? Pastinya semua orang tua ingin dong anaknya lahir dengan sempurna, utuh, dan tanpa kekurangan, ya!

Advertisement

Nah, supaya doa untuk anakmu tersebut bisa terwujud, coba mendoakannya melalui sebuah nama. Salah satu contohnya adalah nama Kamayel.

Sapaan ini berasal dari bahasa Arab yang bermakna sempura, selain itu nama Kamayel juga masih jarang digunakan di Indonesia. So, nama itu bakal jadi unik dan keren banget ya!

4. Abyan, nama islami yang juga 'njawani' atau kental akan unsur budaya Jawa

Nah, kalau kalian dari suku Jawa, coba deh namain si kecil dengan sebutan Abyan. Sapaan ini berasal dari dua bahasa sekaligus, lho! Yaitu bahasa Jawa dan Arab. Jika di Arab, Abyan adalah nama sebuah wilayah di Yaman. Kalau di Jawa, sapaan ini berarti mudah menjelaskan sesuatu.

Jadi, menyematkan nama Abyan selain untuk menunjukan bahwa si kecil menganut agama islam, juga menunjukan kalau dia adalah anak Jawa. Pun, maknanya juga baik, jadi cocok banget buat dijadikan doa untuk si kecil.

5. Zeeshan, nama yang unik dan masih jarang digunakan di Indonesia. Bagus dan bermakna!

Nama yang terakhir adalah Zeeshan yang juga berasal dari bahasa Arab. Sapaan ini masih jarang banget digunakan di Indonesia, lho! Jadi bakal keren banget kalau anakmu memakai nama ini, ya.

Sapaan ini bermajna pemilik status tinggi. Jadi tersirat harapan kelak si kecil tumbuh menjadi orang yang memiliki derajat tinggi. Apalagi jika berhasil menjadi pemimpin, pastinya setiap orang tua menginginkan hal tersebut untuk anaknya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya