Assalamualaikum, sahabat Hipwee. Gimana nih puasanya? Aman dong ya! Bulan puasa 2018 ini, semoga ibadah yang kita jalani lancar ya gengs. Selama bulan puasa, biasanya kita akan laper mata ya. Eits, tapi jangan buru-buru mau beli ini itu lho gengs. Lebih baik cobain resep-resep berikut yuk.

Selain bikin puasa kamu lebih produktif, kamu juga bisa nyuguhin menu takjil yang nggak cuma enak tapi juga bisa bikin hubungan keluarga lebih akrab. Nggak percaya? Cobain nih kombinasi seru menu buka puasa berikut, yang terdiri dari menu utama, minuman segar dan makanan penutup yang bakalan bikin kamu di sayang sama keluarga!

Resep-resep ini selain jadi andalanku untuk nyenengin keluarga, juga bisa jadi #ResepAndalanmu lho! Happy recook, Hipwee!

1. SOTO BETAWI CREAMY SAJIAN FAVORITE BULAN RAMADHAN

Resep berikut bisa kamu lihat juga disini

Resep berikut bisa kamu lihat juga disini via https://www.instagram.com

Sebagai orang asli Minangkabau, keluarga ku suka banget nih makanan bersantan. Eits tapi selain gulai Padang atau Rendang, kami sekeluarga juga suka banget makanan daerah lain; salah satunya SOTO BETAWI. Kalian tau kan, soto Betawi itu punya cita rasa gurih dari rempah dan creamy dari santan dipadukan dengan daging ayam atau kikil dan segarnya jeruk nipis atau limau serta tomat.

Pelengkap lainnya seperti kentang, soun dan telur juga akan bikin kalian kenyang tanpa nasi. Sebagai orang yang hobby bereksperimen di dapur, aku udah banyak banget masak menu santan untuk keluarga dan salah satu favorit keluarga ku dan andalan ku juga adalah SOTO BETAWI KUAH SUSU. Campuran santan yang creamy ditambah susu bikin kuahnya semakin nikmat. Pas banget buat menu buka puasa nih.

SOTO BETAWI KUAH SUSU (5 servings) – Waktu memasak: 120 menit

Kaldu Sapi: Rebus tulang sumsum dengan: 500 ml air kelapa, kayu manis, cengkeh, kapolaga, daun salam, daun jeruk, batang serai, jahe 1 ruas digeprek, 2 cloves garlic dicincang. Rebus sampai mendidih sampai airnya sisa setengah

Kaldu Ayam: 1/2 ekor ayam direbus dengan cara yang sama seperti kaldu sapi — 500 ml santan kental 250 ml air 250 ml susu putih cair Blender dengan minyak: 2 ruas lengkoas 1 ruas jahe 2 batang bagian putih serai 3 siung bawang merah 3 siung bawang putih —

CARA MEMBUAT KUAH:

1. Tumis dengan api sedang bumbu yang dihaluskan dengan blender tadi sampai harum

2. Masukan kaldu sapi dan kaldu ayam (disaring dulu ya biar kuahnya bersih) ke bumbu yang ditumis, masak sampai mendidih

3. Masukan santan, aduk terus sampai mendidih (jangan berenti aduk ya biar ga pecah)

4. Masukan susu putih, dan aduk lagi sampai mendidih

5. Tambahkan garam. Jangan lupa cek rasa —

ISIAN SOTO: 1/2 ekor ayam yang sudah direbus 1/2 kg kentang Toge soto Soun Tomat Daun bawang

Cara membuat:

1. Goreng ayam sampai coklat emas, dinginkan lalu suwir

2. Kupas kentang, cuci, potong 2 bagian lalu goreng sampai matang kemudian potong-potong

3. Masak air secukupnya sampai mendidih, tambahkan 1tbs minyak goreng lalu masukan soun. Masak sampai soun matang, tiriskan

4. Masak kembali air sampai mendidih, tambahkan garam lalu masukan toge soto. Masak sekitar 3 menit, lalu tiriskan

5. Potong-potong tomat merah dan daun bawang

PELENGKAP: Sambel Bawang putih cincang yang digoreng Jeruk limau

Oh iya, biasanya aku juga tambahin telur rebus yang dipotong-potong atau emping melinjo. Untuk saat ini nggak pakai keduanya karena mamaku lagi nggak bagus asam uratnya hihi. Dan kalau kalian suka pedes, SOTO BETAWI ini nikmat dikasih sambel Korek lho.

GOOD LUCK, GENGS!

2. LAWAN KOLESTEROL DI BULAN RAMADHAN DENGAN SI SEGAR CARROT LEMON PRESSED JUICE

Doc Pribadi

Doc Pribadi via https://mail.google.com

Setelah kalian lemak-lemakan dan kolesterolan dengan SOTO BETAWI, jangan lupa segerin dirimu dengan resep juice alami dari campuran wortel dan lemon. Wortel dan lemon merupakan dua bahan juice yang seger dan cocok banget kalo digabung nih gengs. Sama-sama mengandung Vit C dan ada Vit A juga dari wortelnya.

Vit C itu ampuh banget untuk lawan lemak jahat, kolesterol dan bantu tingkatin imunitas kamu biar nggak gampang flu. Sajikan dingin untuk kesegaran yang haqiqi yah. Check the recipee out, guys!

CARROT LEMON PRESSED JUICE (2 servings) – Waktu membuat: 15 menit

1 kg wortel import atau wortel biasa

1/2 buah lemon import

CARA MEMBUAT:

Kupas wortel kemudian olah dengan juicer/parut dan peras lalu tambahkan lemon juice, aduk dan masukan kulkas.

GOOD LUCK, GENGS!

3. TAKJIL LEZAT DAN SEHAT UNTUK SI KECIL YANG BELAJAR PUASA, BANANA NUGGET DEH JAGOANNYA

Resep berikut bisa kamu lihat juga di sini

Resep berikut bisa kamu lihat juga di sini via https://www.instagram.com

Buat bunda semua yang punya anak baru belajar puasa, apresiasi mereka pake takjil lezat dan sehat berikut yuk! Olahan berikut ini adalah pisang nugget yang lagi kekinian nih. Cara buatnya gampang banget dan pastinya sehat jadi bunda gak perlu khawatir deh. Sekali hap, anak-anak udah dapet vitamin dari pisang, kalsium dari keju dan lezat dari cokelat.

BANANA NUGGET (10 servings)

- Waktu memasak: 120 menit 2 sisir pisang uli yg mateng banget (± 250gr) 2 butir telur 2 bungkus susu kental manis 2 tbs gula (opt – saya ga pake) 2 tbs tepung roti

BALUTAN PISANG: Tepung roti Tepung terigu kering Larutan tepung terigu kental

CARA MEMBUAT:

1. Haluskan pisang uli dengan garpu

2. Masukan susu, gula, tepung roti dan telur lalu aduk rata

3. Balur tepung terigu di loyang, masukan adonan pisang lalu kukus sampai matang (cek tusuk)

4. Setelah matang, dinginkan dahulu sebelum dipotong-potong sesuai selera

5. Balurkan potongan pisang ke tepung terigu kering, tepung terigu basah kemudian ke tepung roti

6. Rest di freezer ± 1 jam 7. Panaskan minyak dengan api kecil, goreng deep fried

TOPPING: 👇 200 gr DCC 200 ml susu putih cair 50 ml cream Keju parut

CARA MEMBUAT:

1. Encerkan DCC dgn cara steam bath ya jangan langsung api (cek google for detail)

2. Tambahkan susu putih dan cream, aduk rata

3. Campurkan keju parut (optional, boleh pisah)

4. Siram diatas banana nugget

Tips: Aku saranin pake loyang bongkar pasang untuk kukus pisang karena tadi aku jadi gampang keluarin pisangnya dan nggak hancur.

GOOD LUCK, GENGS!

4. NOSTALGIA RAMADHAN DENGAN SI CANTIK PUTU MAYANG

Resep berikut bisa kamu lihat juga disini

Resep berikut bisa kamu lihat juga disini via https://www.instagram.com

Siapa disini yang generasi 90an?? Angkat tangan! Yap, saya pun generasi 90an. Waktu saya SD, wajib banget nih berhentiin tukang kue-kue tradisional buat sarapan. Selain gurih dari kuahnya, kue ini cantik banget dengan paduan warna pink, hijau dan putih bikin gemes dan happy kalau makan.

Sayangnya di zaman moderen ini, kita udah susah banget ya nemunya sekarang. Eits, tapi jangan khawatir gengs! Kamu bisa nostalgia di bulan Ramadan ini dengan sajian takjil Kue Putu Mayang buatan rumah. Yuk, cek resepnya!

PUTU MAYANG (10 servings) – Waktu memasak: 120 menit 300gr tepung beras putih 50gr tepung kanji 1 tsp garam 2 lembar daun pandan 600 ml santan Food coloring (merah & hijau)

— CARA MEMBUAT:

1. Masak santan dengan daun pandan dan garam dengan api kecil sambil terus diaduk

2. Campur tepung beras dan kanji, aduk lalu masukan ke santan

3. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai mengental

4. Dinginkan, lalu bagi 3 bagian sama rata dan tambahkan pewarna masing-masing 2 drops kemudian aduk rata

5. Cetak putu mayang diatas daun pisang yang sudah dioles minyak goreng, kukus selama 20 menit

6. Lakukan berulang

— BAHAN KUAH SANTAN 500 ml santan kental 200 ml susu full cream (opt) 100 gr gula merah 50 gr gula pasir (opt) 2 lembar daun pandan 1 pinch garam Vanilla extract 1 tbs tepung beras

— CARA MEMBUAT:

1. Santan dan daun pandan dimasak dengan api sedang, diaduk terus ya biar nggak pecah

2. Setelah meletup, tambahkan gula merah dan susu kemudian aduk lagi

3. Masukan garam, gula pasir dan vanilla extract

4. Ambil sedikit adonan kuah lalu campur untuk mengencerkan tepung beras, masukan lagi adonan tepung beras ke kuah aduk kembali sampai mengental 5. Sajikan hangat dengan putu mayang

— Tips: Jangan lupa kukusannya dilapisin kain ya di penutupnya. Tadi saya lupa jadi pas kukusan pertama, adonannya bonyok ketetesan air uap tutup jd gagal total hahhaa.

GOOD LUCK, GENGS!

5. BIKIN HAPPY MULUT KAMU DENGAN DESSERT LEMBUT BERIKUT

Resep berikut bisa kamu lihat juga di sini

Resep berikut bisa kamu lihat juga di sini via https://www.instagram.com

All time favorite! Terutama buat keluarga aku. Dessert ini nikmaaaat banget buat kudapan kamu setelah shalat terawih gengs. Dijamin semua anggota keluarga suka karena bahan utamanya adalah susu dan sari pandan asli. Kamu nggak percaya? Cobain deh!

PUDING CARAMEL PANDAN (5 servings) – Waktu memasak: 30 menit 20 lembar daun pandan 250ml air 500ml susu putih 4 tbs gula pasir 1 tbs gelatin bubuk 1 drop pasta pandan Sedikit vanilla extract

— CARA MEMBUAT:

1. Blender daun pandan dgn 250 ml air, saring ambil airnya saja

2. Masak 4 tbs gula dengan api kecil sampai jadi karamel (hati-hati jangan ditinggal biar ga gosong) kemudian masukan 500ml susu aduk terus masih dengan api kecil sampe karamel larut

3. Masukan air pandan, aduk kembali 4. Masukan gelatin (sudah dilarutkan pakr air panas 3 tbs/ditim terlebih dahulu), pasta pandan dan vanilla extract lalu masak sampai mendidih. Hilangkan uap panasnya, tuang ke loyang lalu dinginkan

— VLA SUSU 250ml susu putih 2 kuning telur 5 tbs gula pasir Sedikit vanilla extract 1tbs tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

— CARA MEMBUAT:

1. Campur susu dengan kuning telur, kemudian masak dengan api kecil

2. Tambahkan gula pasir aduk terus sampai meletup, masukan vanilla extract dan larutan maizena aduk terus sampai kental

3. Hilangkan uap panasnya, dinginkan

GOOD LUCK, GENGS!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya