Mau Kuliah di Jerman? Lebih Baik Kamu Persiapkan Hal-hal berikut Ini dari Sekarang

Buat kamu yang ingin kuliah di Jerman, semua itu bisa kok kamu wujudkan.

Kuliah di luar negeri adalah impian banyak orang. Ya, banyak orang yang ingin menuntut ilmu setinggi-tingginya. Bahkan nih, ada pepatah yang bilang 'kejarlah ilmu hingga ke negeri Cina'. Itu artinya nggak ada batasan kamu harus mencari ilmu di mana saja.

Salah satu negara yang menjadi tujuan banyak calon mahasiswa yang ingin berkuliah di luar negeri adalah Jerman. Ya, Jerman adalah salah satu negara yang memiliki program pendidikan yang bagus dan banyak melahirkan sarjana sukses dan pintar. Salah satunya adalah mantan Presiden kita, B.J Habibie.

Nah, buat kamu yang ingin kuliah di Jerman, semua itu bisa kok kamu wujudkan. Tapi pastikan kamu siapkan dulu ya hal-hal penting berikut ini dari sekarang.

Advertisement

1. Belajar bahasa Jerman dari sekarang

Belajar Bahasa Jerman

Belajar Bahasa Jerman via https://www.pexels.com

Buat kamu nih yang udah mantap ingin berkuliah di Jerman, pastikan dulu kamu sudah belajar bahasa Jerman. Agar nanti jika sudah berada di sana, kamu tidak kebingungan untuk berkomunikasi dengan yang lainnya.

Memang sih kamu juga bisa menggunakan bahasa Inggris, tapi akan lebih baik lagi jika kamu juga tahu nih menggunakan bahasa Jerman.

Advertisement

2. Pilih universitas dan jurusan di Jerman yang ditargetkan

Universitas di Jerman

Universitas di Jerman via https://www.pexels.com

Jangan lupa, kamu juga harus memilih universitas dan jurusan di jerman yang akan kamu targetkan. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan hal-hal lainnya dengan lebih matang.

3. Rajin belajar agar mendapatkan nilai yang diperlukan

Sebaiknya dari sekarang kamu sudah cari tahu informasi mengenai syarat dan hal-hal apa saja yang dibutuhkan. Terutama masalah nilai, kamu juga harus cari tahu nih minimal nilai yang harus kamu capai agar bisa masuk ke universitas yang kamu inginkan.

4. Bekerja sama dengan lembaga yang dapat membantu kuliah ke luar negeri

Advertisement
Kuliah di Jerman

Kuliah di Jerman via https://virtueducation.org

Berbeda dengan proses pendaftaran dan registrasi masuk kuliah di luar negeri seperti Jerman, tentu berbeda dengan yang ada di negara kita Indonesia. Nah agar lebih mudah, kamu bisa nih coba bekerjasama dengan lembaga organisasi yang bisa membantumu untuk wujudkan impian kuliah di Jerman.

Saat ini, ada banyak lembaga organisasi yang menyediakan bantuan bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda yang ingin berkuliah di luar negeri. Tentu dengan begini kamu akan merasa lebih mudah mengurus segala sesuatunya.

5. Berdoa dan berusaha

Usaha dan Doa

Usaha dan Doa via https://www.pexels.com

Sekarang, semua bergantung padamu. Jika kamu memiliki keinginan yang kuat untuk bisa kuliah di luar negeri seperti Jerman, tentu kamu harus berusaha lebih keras dan berdoa. Akan lebih baik jika kamu bisa kuliah di luar negeri lewat jalur beasiswa.

Jadi, jangan patah semangat dan teruslah berjuang wujudkan mimpi dan impianmu ya. Never give up on your big dream.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sosok wanita periang dengan ketawa lepas. Suka makan coklat sembari menulis.

CLOSE