Teruntuk kamu yang merasa lelah dengan semua pekerjaan yang menjadi teman sehari-hari mu, bosan dengan semua keseharian yang bikin kamu jenuh, kamu sedang butuh sesuatu yang berbeda, sedang mencari ide untuk menyegarkan kembali pikiran yang kusut. Solusi semua permasalahan tersebut hanya ada satu kata "Liburanlah".

Kamu butuh liburan yang menyegarkan dan tidak biasa yang mampu mengembalikan semua mood baik dan menambah wawasan mu. Kamu bingung mau liburan ke mana? Mau ngapain ke sana? Apa yang bisa dilakukan di sana? Tenang kamu bisa menambah UK sebagai tempat tujuan berliburmu. UK memiliki sesuatu yang kamu cari selama ini untuk mengisi hasrat liburanmu.

Sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat di dunia jika mendengar kata UK (United Kingdom), yang pertama kali terbesit mungkin sebuah negara-negara yang modern dengan bangunan mewah sepanjang mata memandang. UK juga dikenal sebagai tempat yang berkembang pesat olahraga sepak bola nya, seperti Priemier league dan yang lainnya.

Selain dikenal dengan negara-negara modern yang penuh dengan bangunan mewah dan sepak bolanya, ternyata UK memiliki kesenian yang menarik dan tidak biasa. Kesenian yang ada di UK memiliki daya tarik untuk kamu nikmati selama kamu liburan disana. Kesenian yang ada di UK masing-masing memiliki ciri khas yang akan membuat kamu terpesona, Kamu penasaran apa saja kesenian yang dapat kamu catat menjadi tujuan wisata yang dapat kamu nikmati selama liburan di UK, yuk baca ulasan tentang 6 kesenian unik yang dapat kamu nikmati selama liburan di UK.

1. Tarian Morris

Tarian Morris

Tarian Morris via https://ms.wikipedia.org

Tarian Morris merupakan sebuah bentuk tarian rakyat Inggris yang biasanya disertai dengan musik yang mengiringinya. Tarian morris berdasarkan pada irama saat melangkah dan tariannya di pandu oleh seorang koreografer dan dilaksanakan oleh beberapa penari. Tarian ini dilakanakan oleh beberapa orang baik pria maupun wanita yang menggunakan pakaian yang khas berwarna putih dan menggunakan aksesoris berwarna cerah seperti merah.

Pada tarian kecilnya yang dilakukan oleh satu atau dua orang, langkah ini dilakukan dekat dengan sepasang pipa tembakau sebagai aksesoris dalam tarian morris ini, yang kemudian pipa ini diletakan di tanah liat dan satunya di lantai. Selain pipa tembakau, perkakas seperti kayu, pedang, sapu tangan dan loceng dapat juga digunakan oleh para penari. Musik yang mengiringinya berasal dari alat musik tiup yang mengalun-alun membuat kita juga ingin ikut menari. Berawal pada tahun 1448, disebutkan bahwa tarian morris tercipta pada sebuah pertikaian.

Advertisement

Tarian morris dikenal sebelum abad ke-15, sejarah awal Bishop's "Visitation Articles" mengatakan bahwa tarian morris adalah tarian pedang. walaupun pada awalnya tarian ini sebut sebagai tarian pedang, tapi tarian ini tidak menyeramkan kok karena sudah beradaptasi dengan keadaan sekarang.

2. Pakaian Kilt dan Alat Musik Bagpipe

Pakaian Kilt dan Alat Musik Bagpipe

Pakaian Kilt dan Alat Musik Bagpipe via https://pixabay.com

Sudah tidak asing mata masyarakat dengan kain yang memiliki corak bermotif kotak-kotak atau biasa disebut motif tartan. Pakaian yang bermotif tartan ini merupakan pakaian khas yang ada di negara Skotlandia. Pakaian ini merupakan tradisional Skotlandia yang disebut dengan Kilt. Kilt merupakan kain yang bermotifkan tartan dan dikenakan mengelilingi pinggang dengan panjang sampai di atas lutut.

Kilt pada umumnya dipakai oleh pria dengan memakai jaket, tali pinggang, sporran (sejenis kantong) dan dikenakan pada acara-acara tertentu. Pada acara tertentu pakaian Kilt selalu bersama dengan alat musik khas dari Skotlandia yaitu Bagpipe. Bagpipe merupakan alat musik tradisional Skotlandia yang memiliki ciri yaitu adanya motif kain Kilt dan cara memainkannya sama seperti suling yaitu dengan cara meniupnya dan jari-jari mu menutup lubang-buang nada yang ada pada Bagpipe. Di Skotlandia pakaian Kilt dan Bagpipe dapat ditemui pada acara seperti festival yang ada di Skotlandia. Gimana nih, sudah penasaran dengan kebudayaan Skotlandia yang satu ini.

3. Pertujunkan The Horn Dance

Pertunjukan The Horn Dance

Pertunjukan The Horn Dance via http://www.rupertwilloughby.co.uk

Advertisement

Tarian The Horne Dance atau tarian tanduk merupakan tarian masyarakat tradisional Inggris penganut kepercayaan pagan, yakni ajaran sebelum masuknya agama Kristen di Eropa. Tarian yang menggunakan tanduk rusa ini sebagai pertunjukan dibukanya waktu untuk berburu binatang di hutan yang biasa dilakukan oleh warga setempat sejak ribuan tahun silam.

Tarian ini yang menjadikannya unik selain dari pakaian dan aksesorisnya tetapi juga keunikan pelaksanaannya yang dilakukan semalaman. Pertunjukkan tari tanduk yang digelar di Desa Abbots Bromley, berlokasi di tengah pemandangan alam Staffordshire, Inggris dilakukan hingga semalaman. Aksesori tanduk yang digunakan oleh para penari ini memiliki arti, yaitu gambaran suasana antara musim dingin dan musim semi. Artinya, antara kegelapan dan keterangan. Sejumlah budayawan menduga tarian ini adalah pengaruh kebudayaan Viking. Begitu uniknya tarian ini, kamu ingin ikut nari juga semalaman nggak?

4. Festival Hop Hoodening

Festival Hop Hoodening

Festival Hop Hoodening via http://www.kettlebridgeclogs.org

Festival Hop Hoodening merupakan kebudayaan unik yang dimiliki oleh Skotlandia. Festival yang dilangsungkan setiap hari Sabtu pertama dari bulan September di daerah Canterbury Kent. Festival ini merupakan perwujudan rasa syukur masyarakat Kent atas hasil panen bunga hop. kegiatan yang dilakukan pada festival ini adalah arak-arakan yang dilakukan yang dipimpin oleh seorang Hop Queen (Ratu Hop) dalam Hop Bower (Bungalo Hop) dan didampingi oleh beberapa penari dan dua Hooden Horses (semacam barongan berbentuk kuda).

Pada awalnya tarian ini adalah kebiasaan rakyat yang ditemukan di Kent. Tradisi tersebut mensyaratkan penggunaan kuda kayu yang dikenal sebagai kuda hooden yang dipasang di sebuah tiang dan dibawa oleh seorang individu yang tersembunyi di bawah kain kabung. Tarian ini menggunakan gerakan seperti menggunakan kuda, seru ya pertunjukannya.

5. Tradisi Beruang Jerami

Tradisi Beruang Jerami

Tradisi Beruang Jerami via http://www.espmag.co.uk

Tradisi Hari Beruang Jerami merupakan salah satu tradisi tua yang diselenggarakan di Inggris setiap tanggal 7 Januari. Pada Tradisi ini terdapat seorang yang menggunakan pakaian yang terbuat dari sekumpulan jerami yang membentuk seekor beruang, semuanya tertutupi bagaimana jalannya? Tenang aja pada tradisi ini setiap orang yang menjadi beruang jerami memiliki pemandunya sendiri, seru ya tradisinya. Beruang jerami ini akan berjalan kaki sepanjang jalan Kota Whittlesey, Cambridgeshire.

Salah satu kebiasaan yang menjadi bagian penting dari parade ini ialah ketika sang beruang merangkul seorang perempuan di antara penonton dan memaksa untuk menciumnya. Sekarang tradisi Strawboer (nama lain dari Straw Bear) dipercaya untuk mengawali masa bertani dan berladang oleh masyarakat sekitar perbatasan.

Festival ini diawali dengan berjalan dari depan gedung Ivy League Baseball Club sampai George Hotel. Pada petang hari (untuk menandai berakhirnya festival), semua jerami yang digunakan peserta dilepas kemudian dibakar. Festival ini dilakukan untuk mengusir roh-roh jahat yang mengganggu tumbuhnya hasil tani mereka. Dulunya kegiatan ini hanya dilakukan oleh sedikit orang tetapi sekarang menjadi salah satu pilihan untuk berlibur ke UK, kamu mau ikutan menjadi beruang jeraminya.

6. Festival Horseman's Sunday

Peserta Horseman's Sunday

Peserta Horseman's Sunday via http://www.abc.net.au

Jika dibaca dari nama festival ini, Horseman’s Sunday diadakan pada hari Minggu. Pada hari Minggu, yaitu minggu ketiga bulan September, ratusan kuda dikumpulkan dekat kawasan Hyde Park, London untuk merayakan Hari Berkuda ini. Acara meriah ini mengumpulkan kuda-kuda yang menggunakan Hyde Park, termasuk horseguards, polisi dan gerbong, serta kuda-kuda lain dari seluruh Tenggara Inggris, untuk sebuah restu tradisional.

Sekitar semua horsing sekitar adalah sebuah desa tradisional termasuk minuman penyegar, musik jazz, kios kue dan banyak kegiatan anak-anak. Festival dimulai pukul 10 pagi diikuti oleh desa, berkah, dan kavaleri kuda. Festival ini banyak dilakukan oleh para penunggang kuda yang ada di London, perayaan ini menghadiri kebaktian di Gereja St John pada hari Minggu tanggal 18 September. Apa kamu sudah memikirkan untuk ikut festival berkuda ini yang ada di kawasan Hyde Park, London ?

Pesona UK bukan hanya dari keseniannya saja tapi masih banyak lagi yang lainnya. Masih banyak destinasi wisata yang dapat kamu jelajahi seperti liburan ke menara jam Bigben yang terkenal dengan pesona klasik yang dibungkus dengan pemandangan yang modern kota london atau pun berfoto dengan pasukan penjaga kerajaan yang tampak unik dan menggemaskan dengan pakaian merah dan tampilan dengan kumis dan rambut yang khas.

Selain jalan-jalan, kamu dapat membeli oleh-oleh khas dari UK untuk orang tersayang di Indonesia seperti, kaos yang bertulisan "I Love London" ataupun gantungan kunci yang imut untuk memanjakan mata. Jangn lewatkan begitu banyak pesona yang UK, ayo kita liburan di UK. #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya