Harry Potter bukan hanya sekadar buku dan film. Harry Potter juga menjadi simbol, simbol budaya populer asal Inggris yang paling berpengaruh di abad 21. Harry Potter, seperti karya sastra dari Inggris lainnya, menjadi salah satu pintu gerbang bagi orang-orang asing untuk mengenali Inggris. Harry Potter adalah salah satu buku dan film anak terlaris sepanjang masa yang menjadi dongeng bagi anak-anak di seluruh dunia. Dan saya adalah salah satu dari mereka.

Bagi penggemar berat Harry Potter seperti saya, Inggris menjadi negara yang memiliki kedekatan dengan saya melalui kisah-kisah fantasinya. Saya yang tumbuh dengan dongeng sihir Harry Potter memiliki keinginan untuk hidup dalam dongeng tersebut. Meskipun saya tahu dunia sihir Harry Potter hanyalah fantasi, setidaknya saya tahu bahwa Inggris adalah negara yang betul-betul ada. Jika saya memang tidak bisa hidup dalam dongeng sihir Harry Potter, setidaknya saya bisa menjelajahi napak tilas mereka di tanah Ratu Elizabeth itu.

Dengan adanya teknologi film, tempat-tempat magis Harry Potter bisa menjadi lebih nyata bagi para penggemarnya. Yang sebelumnya penggemar hanya bisa berimajinasi dalam pikiran, adaptasi film Harry Potter menyuguhkan keindahan Inggris dengan sentuhan magisnya.

Jika saya punya kesempatan untuk menjelajahi Inggris, tempat-tempat syuting film Harry Potter sudah pasti menduduki top list tempat yang harus saya kunjungi. Tempat syuting Harry Potter pun tidak melulu di dalam kastil Hogwarts. Harry Potter juga mengajak kita untuk melihat riuhnya jalanan di London, megahnya bangunan di sudut-sudut Britania Raya, dan indahnya alam Inggris.

Sesuai dengan jumlah seri Harry Potter, saya ingin membagikan tujuh tempat syuting Harry Potter yang ingin saya kunjungi.

1. Glenfinnan Viaduct

Glennfinan Viaduct

Glennfinan Viaduct via http://visitbritain.com

Untuk sampai ke sekolah sihir, murid-murid Hogwarts harus menaiki kereta Hogwarts Express. Hogwarts Express berjalan setidaknya setengah hari untuk mencapai Hogwarts dan melewati gunung-gunung dan pemandangan indah di kanan kirinya. Dan ternyata jalan menuju Hogwarts itu bisa dinikmati oleh muggle (manusia bukan penyihir) seperti kita!

Lokasi syuting ini berada di Glenfinnan Viaduct, Scotland. West Coast Railways menyediakan Jacobite Steam Train untuk para pelancong agar bisa menikmati suasana perjalanan menuju Hogwarts. Selain jembatan menuju Hogwarts, pelancong juga dapat mengunjungi beberapa tourist spot di Skotlandia seperti Isle of Skye, Eilean Donan Castle, Dunkeld Cathedral, dan Loch Ness.

2. Alnwick Castle

Advertisement

Penasaran di mana lokasi syuting kastil megah Hogwarts? Sebenarnya ada beberapa tempat untuk pengambilan gambar kastil Hogwarts, salah satunya adalah kastil ini, Alnwick Castle.

Alnwick Castle dibangun pada abad ke-11 oleh Ivo de Vesci. Kastil ini telah menjadi rumah untuk Dukes of Northumberland selama lebih dari 700 tahun. Di masa modern, kastil ini digunakan untuk rekreasi dan event-event. Bahkan kastil ini juga menyediakan latihan menggunakan sapu terbang seperti di film Harry Potter!

3. Piccadilly Circus

Piccadilly Circus

Piccadilly Circus via http://visitlondon.com

Lokasi syuting Harry Potter tidak selalu di tempat-tempat kuno. Salah satu lokasi syuting modern yang paling saya ingat dari film ini adalah Piccadilly Circus. Tempat ini muncul di film ke tujuh, saat Harry Potter bersama Ron dan Hermione kabur dari Pelahap Maut menggunakan mantra Apparate.

Advertisement

Ternyata Piccadilly Circus ini merupakan salah satu tujuan favorit turis di London. Para turis biasanya berfoto di depan billboard iklan ikon Piccadilly Circus atau di depan patung Eros. Berjalan beberapa menit, para turis bisa mencapai Big Ben dan Trafalgar Square. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui ya. Toko-toko barang bermerek pun bertebaran di sini.

4. Leadenhall Market

Leadenhall Market

Leadenhall Market via http://visitbritain.com

Dimana Harry Potter dan teman-temannya membeli seragam, buku-buku sihir, dan tentunya tongkat sihir? Ya, Gideon Alley. Leadenhall Market ini menjadi lokasi syuting jalan pasar sihir, Diagon Alley.

Setelah merasakan suasana modern Piccadilly Circus, tentunya akan lebih afdol jika kita merasakan suasana klasik pasar Inggris. Lokasi syuting Harry Potter yang satu ini sudah ada sejak tahun 1881. Bangunan-bangunan di Leadenhall Market ini dirancang dengan gaya Victoria sehingga kesan klasiknya semakin terasa.

5. Malham Cove

Malham Cove

Malham Cove via http://malhamdale.com

Dari semua tempat pelarian Harry Potter dari kejaran Lord Voldemort, Malham Cove ini menjadi favorit saya. Tempat yang sunyi dan asing, cocok sekali untuk dijadikan tempat pelarian. Dan beruntung, tempat ini benar-benar nyata ada di Inggris, bukan di dunia sihir.

Malham Cove ini merupakan dataran yang terdiri dari batu kapur alami sepanjang satu kilometer di Desa Malham, Yorkshire, England. Dataran batu kapur ini terbuat alami sejak 12.000 tahun yang lalu.

6. Fresh Water West Beach

Fresh Water West Beach

Fresh Water West Beach via http://wired.co.uk

Tempat ini merupakan lokasi syuting Shell Cottage milik Bill dan Fleur Weasley. Di tempat ini juga Harry menguburkan Dobby Si Peri Rumah yang tewas karena menyelamatkan Harry Potter dan kawan-kawannya.

Fresh Water West Beach ini terletak di Castlemartin, Wales. Pantai ini adalah surga bagi para peselancar karena ombaknya yang tinggi. Hanya peselancar berpengalaman yang diperbolehkan berselancar di sini. Bagi non-peselancar, tempat ini juga tetap layak untuk dikunjungi. Meskipun Shell Cottage Bill dan Fleur sudah dihancurkan, kita tetap bisa menelusuri napak tilasnya di pantai ini.

7. Loch Etive

Loch Etive

Loch Etive via http://gettyimages.com

Di danau inilah Harry, Ron, dan Hermione menjatuhkan diri mereka dari naga yang sedang terbang di Harry Potter and the Deathly Hallow Part 2. Sekali lagi, Skotlandia menyediakan pemandangan yang indah melalui Loch Etive ini. Kita bisa menikmati indahnya alam yang sunyi di Loch Etive ini. Dikelilingi pegunungan, Loch Etive menjadi tempat yang sempurna bagi siapa saja yang ingin melepaskan diri dari padatnya perkotaan.

Meskipun sebenarnya ada Wizarding World yang menyediakan ilustrasi dan pengalaman lengkap syuting Harry Potter dari awal sampai akhir, saya tetap ingin menjelajahi lokasi-lokasi syuting Harry Potter ini. Selain saya bisa mengunjungi napak tilas Daniel Radcliffe dan kawan-kawan, saya juga bisa mengkeslpor tempat-tempat indah di Inggris. Dari lokasi syuting pertama sampai terakhir, semuanya memiliki daya tariknya masing-masing. Ada kastil kuno yang menyimpan sejarah, ada rute kereta dengan pemandangan indah di kana-kirinya, ada pantai dan danau yang sunyi, bahkan ada kawasan turis modern seperti Piccadilly Circus.


Harry Potter menuntun kita untuk menjelajah Inggris dari tempat kuno, pemandangan alam, sampai tempat modern. Harry Potter juga mengajak kita untuk menikmati sejarah dan budaya Inggris dengan sentuhan magisnya.


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya