"Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim"

Di zaman teknologi yang semakin canggih ini sudah jarang ditemukan orang yang melakukan surat menyurat. Selain membutuhkan waktu yang lama, kegiatan surat-menyurat juga cukup menghabiskan biaya. Namun jangan salah, masih ada orang yang senang memilih mengirim surat kepada teman mereka, karena ternyata menulis surat itu dapat mengasah kreativitas kita dan memberikan rasa senang tersendiri ketika mendapatkan surat.

Nah, berikut ini adalah situs yang dapat membantumu untuk mendapatkan sahabat pena:

1. Interpals Penpals

Interpals Penpals

Interpals Penpals via https://www.interpals.net

Seperti namanya yaitu Penpals yang berarti Sahabat Pena. Interpals Penpals merupakan salah satu website dimana kamu dapat mencari dan menemukan sahabat pena dari seluruh dunia. Setelah daftar menjadi member, jangan lupa untuk mengisi profilmu dengan lengkap yang mendeskripsikan tentang dirimu, apa yang kamu cari, hobi dan sebagainya yang mempermudah untuk mencari teman.

Advertisement

Situs ini juga memiliki tools search yang dapat mempermudahmu untuk dapat memilih negara, jenis kelamin, ataupun umur yang sesuai dengan kriteriamu untuk dijadikan sahabat pena. Selain itu website ini juga dapat membantumu untuk belajar bahasa dari seluruh dunia. Dengan menulis surat ke luar negeri dapat juga meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa inggris loh!

2. Hi!Penpal!

Website Hipenpal ini juga merupakan situs untuk mencari sahabat pena dari seluruh dunia, selain itu di situs ini kamu juga dapat melakukan language exchange untuk belajar bahasa inggris, korea, jepang dan sebagainya. Di sini kamu bisa berteman dan berbagi informasi ke seluruh dunia

3. Postcrossing

Advertisement

Postcrossing ini berbeda dengan interpals ataupun hipenpals, postcrossing hanya dilakukan untuk mereka yang ingin melakukan swap postcard . Uniknya dari postcrossing ini, kamu hanya akan mengirim dan menerima post card dari seluruh dunia secara acak (random).

Bagaimana cara kerjanya?

1. Request alamat dan ID kartu pos

2. Kirimkan kartu pos ke alamat ID yang telah kamu terima

3. Daftarkan kartu pos yang telah kamu terima

4. Lakukan lagi dari nomor 1 untuk menerima lebih banyak kartu pos!

4. PenPal World

PenPal World adalah juga merupakan situs pencarian sahabat pena seperti situs penpal yang lainnya. Disini kamu juga dapat mengisi profilmu yang mendeskripsikan dirimu sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan sahabat pena dan kamu juga dapat melakukan pencarian seperti negara mana, jenis kelamin ataupun umur yang sesuai seperti keinginanmu.

5. Mencari melalui instagram

Saat ini Instagram tidak hanya dapat digunakan untuk berbagi foto kepada temanmu, melalui Instagram kamu juga dapat mendapatkan sahabat pena, yaitu dengan cara melakukan pencarian dengan menggunakan hastag #snailmail #penpals ataupun #penpalwanted. Selain itu sekarang juga banyak terdapat akun instagram yang menawarkan pencarian Penpals, di mana kamu diharuskan untuk mengirim pesan yang berisikan data dirimu, sehingga orang yang membaca dan tertarik untuk bersahabat pena dengan dirimu ia akan mengirimu pesan dan mengajak bersahabat pena.

Biasanya mereka para pencinta snail mail (sebutan bagi surat-menyurat) memiliki akun instagram tersendiri untuk mengupload surat-surat yang ia terima ataupun yang akan ia kirimkan kepada para sahabat penanya.

Siapa tahu sahabat penamu adalah jodohmu juga kan. Dicoba aja nggak ada salahnya kok!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya