Soal Mengatasi Rasa Insecure, Ini Semua Lebih dari Sekadar Banyak Bersyukur

mengatasi insecure

Perasaan insecure tentang diri sendiri itu adalah hal yang wajar. Tapi insecure yang berlebihan itu tidak baik dampaknya. Maka dari itu, penting untuk mengatasi rasa insecure pada dirimu. Kalau kamu sering merasa insecure, tenang saja, karena kamu akan bisa mengatasinya, entah seberapa besar atau kecil rasa insecure-mu itu. Di bawah ini, Riliv akan memberimu beberapa tips untuk bisa mengatasi rasa insecure pada dirimu.

Advertisement

1. Mencoba untuk tetap berpikir positif dapat membantumu mengatasi insecure

Photo by Binti Malu from Pexels

Photo by Binti Malu from Pexels via https://www.pexels.com

Masalah apapun bisa saja datang ke dalam hidupmu. Tapi, ketika kamu dihadapkan dengan persoalan itu, coba lihatlah sisi baiknya atau sisi positif dari masalah tersebut. Dengan tidak mudah tersulut rasa kecewa dan kesal, kamu dapat lebih mudah berpikir positif. Dirimu juga akan semakin terbantu untuk mengatasi rasa insecure ketika pikiranmu positif.

2. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Photo by juan mendez from Pexels

Photo by juan mendez from Pexels via https://www.pexels.com

Merasa insecure saja sudah cukup sulit untuk dirimu. Dan menyalahkan diri sendiri karena emosi yang muncul, pastinya tidak ada gunanya. Sebagai titik awal untuk bisa mengatasi insecure pada dirimu, jangan menyalahkan dirimu atas apapun ya. Cobalah terima kenyataan yang ada kalau kamu memang sedang merasa insecure tentang suatu hal. Lalu, fokuslah melakukan sesuatu untuk mengubahnya. Self-love juga benar-benar bisa bermanfaat untukmu. Itu lebih baik ketimbang kamu selalu menyalahkan dirimu.

Advertisement

3. Perbanyak bersyukur tanpa harus membandingkan diri dengan orang lain

Photo by Bich Tran from Pexels

Photo by Bich Tran from Pexels via https://www.pexels.com

Kadang, kita selalu melihat ke atas dan jarang melihat ke bawah. Maksudnya, kita selalu saja melihat apa yang lebih dari orang lain ketimbang mensyukuri apa yang kita punya saat ini. Padahal, kalau kita melihat ke bawah, tentunya akan ada rasa syukur karena kita masih bisa memiliki atau merasakan sesuatu. Kondisi seperti itu memicu kamu untuk selalu membandingkan diri dengan orang lain, dan dapat menghambatmu mengatasi insecure.

Jangan lupa ya, kalau setiap orang pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu hanya perlu mensyukuri apa yang kamu miliki dan tidak seharusnya untuk membandingkan dirimu dengan orang lain.

4. Kurangi hubungan dengan orang yang membuatmu tidak nyaman

Advertisement
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels via https://www.pexels.com

Cobalah untuk mengingat siapa yang terus-terusan memicu rasa insecure pada dirimu dan siapa yang lebih mendukungmu. Jadi, kalau kamu memiliki teman yang selalu membuatmu merasa tidak layak atau tidak pantas, dan pastinya mengecewakanmu, mungkin kamu harus pelan-pelan menjauhkan diri darinya.

Ketika kamu butuh support, temuilah orang-orang yang selalu mendukungmu dan tulus ingin melihat dirimu senang. Lingkungan pertemanan yang positif dan suportif bisa mendukung dan membantumu untuk mengatasi rasa insecure, lho!

5. Mengatasi insecure pada diri dengan melakukan hal yang kamu suka dan membuatmu bahagia

Photo by Christian Diokno from Pexels

Photo by Christian Diokno from Pexels via https://www.pexels.com

Untuk mengatasi rasa insecure pada dirimu, kamu bisa melakukan sesuatu yang kamu suka atau kuasai, dan tentunya membuatmu bahagia. Prioritaskan waktu luangmu dengan melakukan hal-hal tersebut, baik bersantai sambil membaca buku atau memasak makanan favoritmu.

Bahkan lebih baik lagi kalau kamu mempertimbangkan untuk belajar keterampilan baru atau melakukan hobi yang selalu ingin kamu coba, namun belum terlaksana. Menemukan hobi baru yang kamu senangi juga bisa membantumu karena itu menghilangkan stres dan membangun kepercayaan diri. Setiap orang dapat berurusan dengan rasa insecure pada tingkatnya masing-masing. Tapi, kalau dibiarkan, tentunya bisa berdampak besar pada kehidupan sehari-hari.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu harus bisa mengendalikan hidupmu dan mengatasi rasa insecure yang ada ya. Tapi, jika kamu merasa perasaan insecure-mu sudah tidak bisa kamu kontrol, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan profesional yang ahli di bidangnya!

Referensi:

  1. Erol, R. (2013). Actor and Partner Effects of Self-Esteem on Relationship Satisfaction and The Mediating Role of Secure Attachment Between the Partners. Journal of Research in Personality., 26-35.
  2. Estrada, J. (2018, November 3). 10 Pro Tips for Overcoming Insecurity and Cultivating Unshakable Confidence. Retrieved from wellandgood.com: https://www.wellandgood.com/how-to-stop-being-insecure/
  3. Hodges, C. (2017, November 15). 7 Strategies For Dealing With Insecurity. Retrieved from everydayhealth.com: https://www.everydayhealth.com/emotional-health/7-strategies-dealing-with-insecurity/
  4. Lamothe, C. (2019, November 22). How to Stop Being Insecure and Build Self-Esteem. Retrieved from healthline.com: https://www.healthline.com/health/how-to-stop-being-insecure

Ditulis oleh Sekar Sangganing Tuada Nagari dari Riliv.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE