Mengatur Bisnis dengan 10 Langkah Membuat Facebook Business Manager

Sebagai pelaku bisnis yang terbiasa menggunakan Facebook, tentu saja kamu wajib tahu nih mengenai tools yang dikeluarkan oleh Facebook ini, yaitu Facebook Business Manager. Dengan Facebook Business Manager kamu akan jauh lebih mudah dalam mengontrol bisnis facebook kamu secara terpusat, aman dan teratur.

Dan di bawah ini, kami telah merangkum 10 langkah mudah cara membuat Facebook Business Manager:

Advertisement

1. Membuat Akun Bisnis Facebook

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat akun  bisnis facebook, di sini kamu perlu memiliki akun Facebook pribadi dulu untuk mengkonfirmasi identitas kamu, tapi tenang saja, rekan bisnis dan mitra kamu tidak akan dapat mengakses ke informasi pribadi di akun tersebut.

1. Buka tautan pada link berikut ini: Facebook Business Manager kemudian klik Create Account yang berwarna biru di kanan atas.

Advertisement

2. Pada tampilan berikutnya silakan masukkan nama kamu, nama bisnis facebook kamu, dan alamat email yang akan digunakan untuk mengelola Akun Bisnis Facebook.

3. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisi keterangan bisnis kamu, silakan kamu isi detail tentang bisnis kamu ya, jangan lupa juga kamu harus menentukan apakah kamu akan menggunakan akun bisnis Facebook ini untuk promosi bisnis kamu sendiri, atau untuk memberikan layanan kepada bisnis lain, seperti biro iklan misalnya. Jika sudah silakan klik kirim.

4. Kemudian periksa email kamu, jika sudah klik Konfirmasi Sekarang.

Advertisement

2. Tambahkan Halaman Bisnis Facebook

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

Pada langkah ini kamu akan menemui beberapa pilihan seperti menambahkan halaman bisnis facebook yang telah ada atau kamu ingin membuat yang baru, Kamu juga bisa meminta akses ke halaman bisnis orang lain.

Untuk menambahkan halaman ke Facebook Business Manager :

1. Pada Dashboard Business Manager, silakan klik Add Page kemudian akan muncul pop-up, klik Add Page lagi.

2. Ketikkan nama halaman bisnis facebook kamu pada kolom teks, jika kamu sudah memiliki halaman bisnis facebook kamu sendiri maka nama halaman bisnis kamu akan muncul secara otomatis, jadi kamu bisa mengkliknya.

3. Jika memiliki lebih dari satu halaman bisnis facebook, kamu juga bisa menambahkan halaman yang tersisa dengan mengikuti langkah yang sama.

3. Menambahkan Akun Facebook Ads

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

Ada hal yang perlu kamu perhatikan setelah menambahkan akun Facebook Ads ke Facebook Business Manager, yakni kamu tidak dapat menghapusnya, jadi menjadi perhatian penting untuk hanya tambahkan akun yang kamu miliki. Dan bila ingin mengakses akun klien, klik Minta Akses.

Apabila kamu telah memiliki akun Facebook Ads, kamu hanya tinggal menautkan akun itu sebagai berikut:

Dari Dashboard Business Manager, klik Add Ad Account kemudian Add Ad Account lagi, lalu tambahkan ID Ad Account.

Namun jika kamu belum memiliki akun Facebook Ads, berikut ini cara untuk menyiapkannya.

1. Pada Dashboard Facebook Business Manager, klik Add Ad Account (Tambahkan akun iklan) lalu Create Ad Account (Buat akun iklan).

2. Masukkan detail akun kamu kemudian klik Next.

3. Pilih My Business jika akun itu digunakan untuk menjalankan bisnis kamu sendiri, kemudian klik Create.

4. Tambahkan Siapapun yang dapat manage aset Facebook Bisnis

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

Menjalankan bisnis sendirian tentu akan membuat kamu kesulitan dalam mengatur bisnis facebook kamu, maka kamu perlu bantuan seseorang atau membuat sebuat tim pemasaran untuk melakukan manage aset bisnis Facebook kamu tersebut.

Adapun langkahnya sebagai berikut:

1. Pada dashboard Facebook Business Manager, pilih Add People.

2. Kemudian akan muncul pop-up, silakan kamu isi data sesuai orang yang kamu tunjuk untuk mengelola aset bisnis kamu ini.

Di sini kamu bisa memutuskan apakah kamu akan memberikan akses terbatas kepada individu, dalam hal ini Employee Access (akses karyawan) atau akses secara penuh Admin Access (Akses admin). Kemudian klik Next .

3. Pada menu sebelah kiri, klik Page, pilih halaman mana yang akan dikerjakan oleh anggota tim yang telah kamu buat ini, sesuaikan akses dengan menyalakan sakelar-sakelar biru sebelah kanan.

4. Kemudian klik Ad Accout, sesuaikan lagi akses pengguna dengan menyalakan sakelar-sakelar biru sebelah kanan. Dan jika sudah, silakan klik Invite.

5. Jika kamu ingin menambahkan lebih banyak orang pada tim ini, kamu bisa dengan mengklik Add More People, jika selesai klik Done.

6. Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu menunggu konfirmasi undangan yang telah kamu kirim ke setiap individu untuk menjadi bagian dari tim Facebook Business Manager kamu.

Setiap individu akan menerima email yang berisikan informasi tentang akses yang kamu berikan kepada mereka, serta tautan untuk memulai, namun sebaiknya kamu memberikan notes pribadi atau kamu bisa memberitahukannya secara langsung jika kamu mengundang mereka untuk akses ini. Jika mereka telah menerima email dari untuk akses, maka mereka akan dapat tautan langsung untuk memulai dengan mengklik Get Started.

5. Menghubungkan Mitra Bisnis atau Biro Iklan

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

Mungkin kamu tidak memerlukan ini jika kamu baru saja memulai Facebook Ads maka kamu bisa lewati langkah ini, tetapi kamu bisa kembali ke langkah ini kapan saja jika kamu memerlukannya.

1. Dari Dashboard Business Manager, klik Business Setting di kanan atas.

2. Di menu sebelah kiri, klik Partners (mitra), lalu untuk berbagi aset (partner to share assets with) klik Add.

3. Di sini mitra bisnis kamu harus memiliki ID Business Manager yang sudah ada, jika kamu belum memilikinya, minta pada mereka untuk memberikannya kepada anda. Mereka bisa menemukannya di Business Manager mereka di bawah Business Setting – Business Info. Masukkan ID kemuadian klik Add.

6. Menghubungkan Akun Instagram

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

Akhirnya kini Facebook Business Manager kamu pun telah siap, dan kamu bisa juga menambahkan akun Instagram kamu agar bisa terhubung.

1. Dari Dashboard Business Manager, klik Business Setting pada bagian kanan atas.

2. Pada kolom sebelah kiri, klik Instagram Account, lalu klik Add. Lalu pada kotak pop-up, masukkan data informasi login instagram kamu dan klik Login.

7. Mempersiapkan Facebook Pixel

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

Jangan melupakan Facebook Pixel, karena dengan ini kamu dapat mengakses informasi untul melacak konversi, mengoptimalkan Facebook Ads, membangun target Audiens, dan Re-marketing pada prospek market kamu.

1. Di dashboard Business Manager, klik Business Setting.

2. Di kolom sebelah kiri, pada Data Source, klik Pixel lalu klik Add.

3. Masukkan nama untuk pixel kamu. Input juga website kamu supaya Facebook bisa merekomendasikan yang terbaik mengatur pixel kamu, kemudian klik Continue.

4. Klik Set up the Pixel Now.

8. Atur Tingkat Keamanan Akun

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

1. Di dashboard Business Manager, klik Business Setting.

2. Pada menu sebelah kiri, klik Security Center.

9. Tempatkan Iklan Pertama Kamu

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

1. Dari dashboard Business Manager, klik Business Manager (Pengelola bisnis) di kiri atas.

2. Di bawah Advertise tab, klik Ads Manager, kemudian klik Create yang berwarna hijau.

10. Membuat Grup Aset Bisnis

Hootsuite.com

Hootsuite.com via https://blog.hootsuite.com

1. Pada dashboard Business Manager, klik Business Setting.

2. Dari menu sebelah kiri, di bawah Account, klik Business Assets Group, lalu klik Create Business Assets Group.

3. Lalu pilih apakah kamu akan mengatur aset berdasarkan merek, wilayah, agensi atau kategoru lain, jika sudah klik Confirm.

4. Menamai grup aset kamu, kemudian klik Next.

5. Kamu bisa pilih aset mana yang akan dimasukkan apda grup ini, misalnya halaman, akun Ads, pixel, dan akun Instagram, jika kamu sudah memilih semua aset silakan klik Next.

6. Sekarang kamu hanya tinggal memilih orang yang akan kamu tambahkan ke dalam grup aset ini, tentu saja kamu dapat mengontrol akses mereka ke semua aset yang ada dalam grup ini, jika setelah sudah selesai, silakan klik Create.

Setelah semua langkah ini kamu kerjakan, maka selamat akhirnya kamu telah memiliki Facebook Business Manager, ini adalah investasi dari upaya dan waktu yang telah kamu berikan dan membuat kamu akan jauh lebih mudah untuk mengatur semua aset bisnis faeboook secara terpusat dan teratur.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sarjana komunikasi yang senang nulis dan gambar

CLOSE