Setiap negara memiliki serba-serbi keunikan dan keindahannya masing-masing yang dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung. Salah satunya yaitu Negara Inggris. Mari kita mengenal lebih dekat kehidupan masyarakat Inggris di Britania Raya.

1. Britania Raya

Peta Inggris Raya

Peta Inggris Raya via http://jamesharding.net

United Kingdom atau secara umum dikenal sebagai Britania Raya atau Inggris Raya terdiri atas 4 Negara yaitu Skotlandia, Inggris, Wales, dan Irlandia Utara. Ibu Kota Inggris Raya terletak di Kota London. Masyarakat Inggris memanggil diri mereka sebagai English, sedangkan masyarakat Skotlandia memanggil diri mereka sebagai Scottish, masyarakat Wales sebagai Welsh, dan masyarakat Irlandia Utara sebagai Irish.

Setiap daerah memiliki karakter masing-masing, tetapi secara keseluruhan, masyarakat Inggris Raya terkenal memiliki sifat yang sopan santun, ramah, di siplin, serta humoris.

2. Inggris

Bendera Inggris

Bendera Inggris via http://backdropsource.co.uk

Advertisement

Apa yang terlintas dalam benak Anda saat mendengar kata Inggris Raya? Mungkin, salah satu yang akan terlintas dalam benak Anda adalah Novel atau Film Harry Potter. Novel yang sangat terkenal dan terlaris sepanjang masa ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Tahukah kalian bahwa penulis Novel Harry Potter, yaitu J. K. Rowling berasal dari Chipping Sodbury, Gloucestershire, Negara Inggris (England).

Negara Inggris (England) merupakan negara terbesar di Inggris Raya (United Kingdom). Hampir 84% populasi di Inggris Raya berada di Negara Inggris. Selain Novel Harry Potter, Negara Inggris juga terkenal dengan tempat-tempat wisata yang menakjubkan dan indah sekali. Selain itu, terdapat juga makanan-makanan khas tradisional lezat yang wajib dicicipi oleh para wisatawan yang sedang berkunjung, serta berbagai alat transportasi unik yang mungkin belum dapat Anda jumpai di Indonesia. Alat transportasi ini digunakan oleh masyarakat setempat untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau bahkan digunakkan oleh wisatawan untuk berwisata

3. Makanan Khas

Ikan dan Kentang

Ikan dan Kentang via http://tripadvisor.co.uk

Makanan khas tradisional Inggris yang sering dijadikan sebagai hidangan utama masyarakat Inggris dan wajib untuk dicicipi para wisatawan, antara lain;

Advertisement

1). Ikan dan Kentang (Fish and Chips)

Ikan (Kod, Haddock, Huss, Plaice) digoreng dalam adonan tepung dan disajikan dengan keripik kentang. Ikan dan keripik kentang diselimuti dengan garam dan malt vinegar (Cuka yang terbuat dari gandum dan barley yang disimpan hingga berkecambah, lalu difermentasikan). Di Inggris bagian utara, ikan dan keripik kentang sering disajikan bersama kacang polong.

2). Bubble and Squeak

Makanan ini terlihat mirip seperti perkedel. Makanan khas tradisional ini, bahan utamanya adalah kentang dan kol, tetapi dapat ditambahkan wortel, kacang polong, brussel sprouts, dan sayur lainnya. Sayuran yang telah dicincang digoreng bersama kentang yang telah ditumbuk sampai tercampur dengan baik dan digoreng sampai berwarna cokelat di sisinya,

3). Puding Yorkshire

Puding Yorkshire biasanya tidak dimakan sebagai hidangan penutup seperti puding pada umumnya, namun Puding ini dimakan sebagai hidangan utama. Puding Yorkshire terbuat dari tepung, telur, dan susu. Setelah bahan-bahan dicampur, adonan dipanggang di Oven dan biasanya dibasahi dengan kuah daging.

4). Toad in the Hole

Makanan ini mirip dengan Puding Yorkshire, namun ditambahkan sosis di atas adonan sebelum digoreng

4. Alat Transportasi

Bus dua Tingkat

Bus dua Tingkat via http://gizmodo.co.uk

Alat Transportasi yang lazim digunakan oleh masyarakat Inggris dan para wisatawan selain motor dan mobil, yaitu;

1). Bus dan Coaches

Terdapat dua jenis bus, yaitu bus dua tingkat dan bus satu tingkat. Bus dapat dijumpai di setiap kota di Inggris, khususnya di kota London. Bus dua tingkat berwarna merah yang terdapat di London telah menjadi ikon transportasi Inggris. Destinasi tujuan biasanya ditampilkan di bagian depan bus. Beberapa bus tingkat memiliki pintu otomatis dan Anda dapat membayar tarif bus saat masuk bus. Untuk bus satu tingkat kadang-kadang Anda dapat membeli tiket di mesin yang berada di dalam bus. Coaches digunakan untuk perjalanan jarak jauh atau digunakan untuk kegiatan tamasya dari sekolah (school outing).

2). Trem (Trams)

Trem merupakan kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota. Untuk saat ini, trem di London menggunakan sistem light rail dan dikenalkan pada tahun 2000. Trem ini beroperasi melewati pusat Croydon dari Wimbledon, Beckenham, Elmers End, dan New Addington. Trem berangkat sekitar setiap 10 menit sekali. Setiap rute memiliki jadwal keberangkatan yang berbeda-beda. Untuk pembelian tiket dapat dibeli di mesin yang telah disediakan dengan harga tiket sekitar £2.60 atau dapat menggunakan kartu Oyster.

3). Kereta Api

Transportasi Kereta Api di Inggris merupakan transportasi tertua di dunia (1825). Harga tiket Kereta Api dapat sangat mahal, sehingga lebih baik memesan tiket sebelumnya secara daring (online) agar mendapatkan harga yang murah.

4). Underground/ The Tube

Kereta bawah tanah (Underground/ The Tube) ini berada di kota London. Kota London merupakan kota pertama di dunia yang memiliki kereta bawah tanah (1890). Kereta ini beroperasi ke seluruh area di London. Ketika di London, The Tube merupakan salah satu transportasi alternatif untuk berkeliling bagi para wisatawan.

5). Channel Tunnel (Kereta bawah laut)

Kereta ini melakukan perjalanan di kedalaman 50 meter di bawah dasar laut. Jarak Negara Inggris ke Negara Perancis berjarak 35 km dan dapat ditempuh dalam waktu 2 jam 15 menit menggunakan Channel Tunnel.

5. Tempat Menarik

Big Ben

Big Ben via http://thestar.com

Inggris memiliki tempat-tempat wisata menarik yang dapat dinikmati keindahannya, diantaranya:

1). Big Ben

Big Ben atau Elizabeth Tower merupakan menara jam yang menjadi ikon kota London dan Negara Inggris. Big Ben merupakan destinasi utama para wisatawan. Tempat ini berada di Istana Westminster, London, Britania Raya.

2). Tower Bridge

Tower Bridge merupakan salah satu jembatan yang terkenal dan terbaik di dunia. Jembatan ini membentang melintasi sungai Thames (sungai terpanjang di Inggris Raya) sejak tahun 1894. Jembatan ini dapat dinaikkan untuk memungkinkan kapal besar melewatinya.

3). Stonehenge

Stonehenge merupakan salah satu situs prasejarah di Britania yang paling terkenal. Stonehenge adalah batu-batu besar persegi yang disusun melingkar. Tempat ini berlokasi di Salisbury Plain, Wiltshire, Inggris Raya.

4). Istana Buckingham

Istana Buckingham merupakan istana tempat tinggal resmi ratu Inggris di London, dan juga digunakan sebagai kantor administratif kerajaan. Istana ini merupakan tempat untuk diselenggarakannya acara-acara kenegaraan, dan sekaligus sebagai destinasi wisata. Istana ini terletak di Westminster, London. Dengan membeli tiket masuk, wisatawan dapat memasuki istana, menikmati keindahan ruangan-ruangan mewah, dan berfoto-foto. Tiket untuk masuk istana ini sekitar £19.00 dan dapat dibeli tempat tiket.

Bagi Anda yang suka traveling, Negara Inggris, khususnya London merupakan salah satu destinasi wisata yang paling direkomendasikan. Menurut Johnson, 1773 "By seeing London, I have seen as much of life as the world can show" (Dengan melihat London, aku telah melihat sebanyak mungkin kehidupan yang dapat ditunjukan oleh dunia).

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Sumber :

www.cheapflight.com

www.eropa.panduanwisata.id

www.hai.grid.id

www.projectbritain.com

www.thesun.co.uk

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya