Lama Nggak Ketemu Pasangan Malah Jadi Berantem Mulu? Coba Lakuin 5 Hal Ini untuk Mengendalikan Emosimu

tips mengendalikan emosi

Berdiam diri di rumah selama berbulan-bulan lamanya tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Terlebih kamu tidak bisa bertemu dengan orang-orang terkasih, seperti halnya pasangan. Pernah nggak sih kamu berubah menjadi lebih emosional atau cenderung pemarah akibat lama menahan rindu? Yap! kamu nggak sendirian kok. Di situasi pandemi ini yang mengharuskan kamu untuk tetap di rumah saja, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta mengurangi intensitas bertemu dengan orang lain, tentu akan memberikan dampak terhadap psikologismu secara tidak langsung.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengendalikan emosi ketika lama tak bertemu dengan pasangan. Kamu juga pasti tidak menginginkan pasanganmu merasa tidak nyaman terhadap sikapmu atau bahkan menurunkan kualitas dari hubungan kalian berdua kan? Nah, kamu bisa mengikuti tiga hal di bawah ini untuk mengembalikan energi positif dalam diri kamu yang pastinya akan berdampak pada kualitas hubungan kamu dengan si dia.

Advertisement

1. Fokus terhadap hal-hal baik

Jauhi Pemikiran Negatif

Jauhi Pemikiran Negatif via https://www.freepik.com

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang pemikiran negatif muncul dalam benak kamu, terlebih di situasi saat ini yang tidak memungkinkan untuk bertemu dengan pasangan sehingga timbul rasa curiga, kesal, ataupun khawatir. Namun, satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu kamu tidak perlu memberikan perhatian pada hal-hal buruk. Misalnya, pasanganmu tidak langsung membalas WhatsApp dari kamu, sehingga kamu berfikir bahwa dia sedang asyik chatting dengan teman perempuannya. Padahal, pasanganmu hanya sedang mengisi waktu luangnya dengan bermain game.

Maka dari itu, penting untuk menjauhkan hal-hal negatif dari benakmu. Sebab pemikiran negatif hanya akan mendatangkan hal-hal yang negatif pula. Bagaimanapun segala jenis pemikiran berasal dari dirimu, jadi, penuhi dirimu dengan pikiran yang baik-baik ya! Maka, hal-hal baik akan segera datang menghampirimu.

Advertisement

2. Tulis hal-hal yang kamu hargai dari pasanganmu

Tuliskan pada sebuah buku catatan

Tuliskan pada sebuah buku catatan via http://geteducationskills.com

Ambil secarik kertas kosong, kemudian tulis hal-hal atau sifat yang kamu hargai dan kamu cintai dari pasanganmu. Misalnya, pasanganmu merupakan orang yang sabar dalam menghadapi tingkah laku manjamu, memiliki pemikiran yang matang, senang menghibur kamu, atau berbagai hal yang kamu sukai lainnya dari diri pasanganmu.

Hal ini akan membantumu untuk fokus terhadap kebaikan dari pasanganmu, sehingga ketika kamu ingin meluapkan amarahmu kepada si dia, kamu akan ingat bahwa pasanganmu adalah pasangan yang baik, dan tentu saja akan mengurangi konflik di antara kalian berdua karena kamu melatih dirimu sendiri untuk lebih bersyukur atas segala hal baik yang ada pada diri pasanganmu. Jangan lupa untuk menerapkan hal ini setiap hari selama 30 hari berturut-turut ya! Bisa juga kamu lakukan ketika kamu bangun tidur agar harimu dan si dia menjadi lebih positif.

3. Lakukan relaksasi

Photo de Engin Akyurt provenant de Pexels

Photo de Engin Akyurt provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Tips ini merupakan salah satu kegiatan yang direkomendasikan oleh psikolog dimana kamu memejamkan mata untuk beberapa saat, kemudian mengambil nafas seraya berbicara dalam hati “Aku menarik nafas dan seluruh hal positif masuk dalam diriku”. Lalu melepaskan nafas sembari berkata “Aku melepaskan pemikiran negatifku bersamaan dengan hembusan nafas ini”. Lakukan selama beberapa menit, sampai kamu merasa tenang dan terapkan hal ini ketika kamu bangun tidur atau menjelang tidur.

Advertisement

4. Percayalah bahwa kamu adalah pribadi yang positif

Photo de @thiszun (follow me on IG, FB) provenant de Pexels

Photo de @thiszun (follow me on IG, FB) provenant de Pexels via https://www.pexels.com

Ketika kamu membaca kalimat ini, menandakan bahwasanya kamu menyadari apa yang terjadi pada diri kamu.

“Duh kok aku ngebawa negative vibes terus ya?”
“Kenapa aku marah-marah mulu ya? Padahal dia nggak salah apa-apa”

Eits, jangan berkecil hati ya! Ini merupakan tanda yang baik lho, karena di luar sana tidak sedikit orang yang melakukan hal serupa dan cenderung dapat menyakiti hati pasangannya, namun mereka tidak menyadari hal itu. Maka, mempercayai dirimu sendiri bahwa kamu adalah pribadi yang positif sangatlah penting. Kembalikan seluruh energi positifmu dengan meyakini hal ini.

5. Utarakan Apa yang Kamu Rasakan kepada Pasangan

Mengkomunikasikan Masalah Ini dengan Pasangan

Mengkomunikasikan Masalah Ini dengan Pasangan via https://www.freepik.com

Mengkomunikasikan mengenai perasaan satu sama lain adalah hal yang penting dalam menjalankan suatu hubungan. Dengan mengutarakan isi hati dan pemikiranmu akan membuat si dia mengerti situasi perasaanmu saat ini. Selain itu, hal ini juga akan membantu kalian dalam menemukan solusi terbaik untuk hubungan kalian. Terlebih di situasi pandemi seperti saat ini, komunikasi tetap menjadi kunci dalam hubungan lho!

Keadaan emosimu akan mempengaruhi emosi pasanganmu juga lho. Oleh karena itu, kamu bisa memulai dari dirimu sendiri untuk memancarkan energi yang positif kepada pasanganmu dengan melakukan hal-hal diatas. Ketiga hal tersebut tidaklah percuma apabila kamu menerapkannya secara konsisten. Percayalah bahwa kamu adalah pribadi yang positif serta tanamkan dalam benakmu bahwa situasi pandemi ini tidak bisa kamu jadikan alasan untuk meluapkan emosimu terhadap si dia.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE