Apa yang kalian bayangkan tentang warisan kecantikan keluarga? Kuno, ketinggalan zaman, rempong, hanya mitos yang tidak ada hasil? NO. Jangan salah persepsi dulu. Tulisan ini akan memberikan kalian tentang fakta riil hasil dari warisan kecantikan tersebut terutama bagi para wanita yang ingin wajahnya terlihat cerah dan awet muda. Let see!

Ingin memiliki wajah cerah dan putih alami sudah menjadi hal yang diinginkan para wanita dari dulu hingga sekarang. Belum bergeser, yang bergesar adalah para wanita yang dulu melakukan perawatan kecantikan dengan cara tradisional kini telah berganti dengan pemakaian krim-krim kecantikan yang lebih praktis membuat wajah kinclong.

Termasuk secara pribadi diri saya juga menjadi salah satu pecandu krim-krim kecantikan tersebut dulunya. Bisa dihitung lebih dari 4 tahun saya menggunakan krim atau produk kecantikan tersebut Dan memang tidak diragukan lagi hasilnya diwajah yakni kulit menjadi cerah dan putih (hingga mesam-mesemsendiri depan cermin), tetapi jangan salah efek negatifnya juga ada yaitu kulit wajah menjadi ketergantungan dengan perawatan krim tersebut dan apabila tidak memakai beberapa kali merasa lebih kusam dan muncul beruntusan di wajah.

Tambahan lagi negatifnya yang paling serius adalah membuat dompet bolong alias miskin tabungan (parah). Tetapi hal tersebut berubah setelah bertemu dengan tante cantik saya yang awet muda dibanding dengan umurnya ( yang anak pertanya udah lulus S1) bahkan terlihat putih cerah yang aduhai kalau dilihat pokoknya. Di situlah saya diberikan resep alaminya ( yang sebelumnya saya berfikiran kalau beliau perawatan mahal) yang telah digunakan mulai dari ibu dan nenek sebelumnya, yaitu Teh hijau. Bagaimana teh hijau bisa membuat kulit wajah kita kinclong? Yuk kita bahas!

1. Bersahabat dengan kopi

masker kopi

masker kopi via http://www.cantikitu.com

Apabila mendengar kata kopi, maka yang ada di pikiran kita adalah minuman. Tetapi kali ini kita tidak hendak berbicara tentang minuman saja, ternyata kopi juga bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kulit kita lho. Apa sih yang dimiliki kopi yang jarang kita tau kandungannya untuk kulit kita?

Julia Hunter, seorang dokter kulit holistik di Beverly Hills, California, mengungkapkan bahwa kopi punya kandungan antioksidan dua kali lipat. Scrub kopi pada wajah akan membantu mencerahkan kulit, mencegah pori-pori tersumbat dan melembutkan kerutkan. Asam dalam kopi akan membantu mengelupas kulit mati ( CNN Indoensia.com:2015).

Advertisement

Ada juga nih studi yang juga meneliti tentang kasiat kopi yaitu Menurut studi tahun 2011, kopi bisa membantu Anda untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Para peneliti menemukan bahwa kafein dalam kopi yang dioleskan di kulit akan membantu melindungi kulit dari beragam jenis kanker kulit dengan cara menghambat enzim protein dalam kulit. Nah, sangat besar sekali kan kasiat dari kopi yang telah teruji secara ilmiah. Jadi yuk kita berteman dan bersahabat dengan kopi sebagai sahabat kecantikan kita.

Bagi kamu yang suka naik motor kemana-mana. Pasti ada masalah dengan paparan matahari yang buat warna kulitmu belang. Jadi kaya topeng di wajah atau di tangan hingga pergelangan hitam sebagian. Jangan khawatir girls, dengan manfaat kopi ini akan membantu kalian mengembalikan warna asli kulitmu serta juga mencerahkan kulit.

Caranya sangat mudah kok, tinggal siapkan kopi hitam ( original lebih bagus) dengan air hangat. Campurkan sedikit air hangat ke serbuk kopi hingga menggumpal ( tidak terlalu cair seperti minum kopi ) lalu tempelkan pada bagian tubuh yang kamu rasa gelap. Misal di area tangan yang belang bekas berkendara, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit atau paling tidak kelihatan mengering.

Advertisement

Setelah itu baru deh bisa kamu bilas dengan air dan lakukan hal ini dengan rutin ya girls setidaknya 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sudah banyak orang kok menggunakan lulur kopi juga di daerah wajah agar mendapatkan hasil antioksidan yang membantu melembapkan dan mencerahkan wajah. So, you have to try yah …

2. Mengurangi kulit berminyak hanya dengan air putih

konsumsi air putih

konsumsi air putih via http://skin.co.id

Memiliki kulit berminyak tentu menjadi problema setiap manusia khususnya untuk remaja karena pada saat saat inilah sebum sedang gencar berproduksi. Pasti gengges banget kan kalo setiap bangun tidur, setiap abis panas-panasan, atau sehabis melakukan aktivitas yang berat selalu muncul kilang minyak.

Sudah berbagai cara dilakuin demi menghilangkan kulit berminyak, tapi kok balik lagi balik lagi. Tau gak sih guys? Ternyata kita gak bisa 100% menghilangkan kulit berminyak, kita hanya bisa mengurangi kadar minyak yang ada di kulit wajah kita. Ternyata untuk mengurangi kulit berminyak tidak membutuhkan banyak perawatan mahal, cukup dengan air putih. Kok bisa?

Rachel Nazarian M.D., dermatolog dari Schweiger Dermatology Group di New York juga menjelaskan bahwa tanpa asupan air yang memadai, kulit kita akan terlihat kusam, berkeriput, dan pori-pori pun semakin menonjol. Julius Few, M.D., direktur The Few Institute dan dosen klinik operasi plastik di Universitas Chicago menerangkan bahwa berbagai struktur kulit yang mendukung kolagen membutuhkan air untuk bekerja secara efektif.

Ternyata kurang mengkonsumsi air putih dapat menyebabkan minyak berlebih di wajah karena tubuh berusaha menyeimbangkan kelembapan dengan memproduksi minyak berlebih. Terbukti, minyak di wajah bukan hanya disebabkan oleh polusi dan salah milih skincare tetapi kurangnya konsumsi air putih, lho.

Jadi hal sederhana yang kit alakukan untuk menjagaminyak juga dengan mengkonsumsi air minimal 8 gelas setiap hari sesuai dengan standart kebutuhan manusia setiap hari. Minum air secara teratur juga bisa membantu metabolismetubuh loooh jadi banyakmanfaat dibalik sederhananya air … hehehehe

3. Kulit wajah putih alami tanpa efek kimia? Mau?

masker putih telur

masker putih telur via https://jessicamoyblog.com

Sebagian wanita pasti lebih memilih cara praktis untuk mendapatkan kuliat putih berseri. Alhasil wajah sering jadi bahan percobaan gonta ganti produk skincare termasuk pemakaian krim dokter. Memang hasilnya sangat cepat bahkan ada yang terlihat kulitnya mengelupas yang akhirnya membuat kulit wajah makin tipis dan kaya kulit babi kalo terkena sinar matahari. Gaeeees …. sayangi kulitmu jangan sembarangan menggunakan produk untuk wajah. STOP it!

Yuk kita pecahkan dengan solusi sehat bagi kulit wajah dengan perawatan menggunakan masker putih telur… let’s begin!

Banyak orang telah mengetahui masker alami dengan menggunakan putih telur dan mungkin juga kalian semua pasti sudah tau juga masker ini. Tapi faktanya banyak yang mundur buat konsisten menggunakan masker ini. Alasan utamanya karenakan tidak kuat dengan bau telur yang sedikit amis dan sebagian lagi juga mundur karena tidak sabar alias rempong.

Gaaess untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk kulit kita memang sudah resiko bahwa kita harus konsisten dalam menjalaninya. Dan fikirkan kembali ini yang kalian lakukan bisa menjadi investasi jangka panjang alias kakek nenek yang hasilnya akan sangat berbeda dengan produk perawatan kimia yang hasilnya tidak baik bagi kesehatan kulit kita. Di mana-mana yang namanya kimia itu tidak baik masuk tubuh kita jadi mulai dari sini buang jauh-jauh untuk berfikir jalan praktis! Okeh …

Putih telur sangat bermanfaat bagi kulit terutama wajah wanita yang ingin terlihat putih dan pori-pori wajah mengecil. Yuk kita bahas tentang kandungan putih telur yang sayang kalau kalian lewatkan untuk wajah kalian. Banyak ahli kecantikan yang membahas tentang manfaat putih telur yang mengandung protein dan vitamin E tinggi yang sangat berguna untuk menutrisi dan memberikan kelembapan di kulit.

Nutrisi dari putih telur juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati sehingga bisa membantu mencerahkan kulit secara alami. Dan khasiat ini juga loh yang membuat Song Hye Kyo rajin memakai putih telur sebagai masker untuk menjaga kulitnya agar selalu kenyal dan kencang.

Caranya sangat mudah kok. Tapi untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan telur ayam kampung ya karena secara kandungan proteinnya lebih tinggi lagi. Jadi untuk membuat masker putih telur, kamu harus menyiapkan 1 telur ayam kampung dan tisu yang sudah kalian gunting-gunting kecil untuk ditempelkan di wajah dan 1 jeruk nipis atau lemon buat kamu yang tidak suka dengan bau telur yang lumayan amis.

Pertama yang harus dilakukan adalah antara putih telur dan kuning telurnya. Jangan sampai tercampur ya karena kuning telur mengandung lemak jadi nggak baik buat wajah. Pisahkan pelan-pelan aja nggak masalah kok. Campurkan perasan jeruk nipis pada putih telur yang telah dipisahkan lalu aduk menggunakan tangan setelah itu oleskan pada bagian muka.

Setelah dioleskan tempelkan tisu yang sudah kalian potong-potong hingga merata pada selurus bagian wajah. Apabila tidak menempel terus oleskan putih telur dan ulangi hingga seluruh wajah tertutup dengan tisu dan cairan putih telur. Diamkan hingga kering selama 15-30 menit. Baru deh setelah itu bisa kalian lepas. Gunakan masker ini secara rutin 1 minggu sekali dan rasakan perbedaannya. Selamat mencoba yaaaah …

4. Cara mengatasi minyak berlebih

masker oat untuk wajah

masker oat untuk wajah via http://www.perawatankulitwajah212.com

Masih bermasalah dengan kulit wajah yang super minyakan? Yang sering neplok-neplok kertas minyak hehe alias oil control paper di muka Yang kalau diperas bisa dibuat masak ayam? Mau sampai kapan wajah diperes terus pake paper oil control? Itu bukan solusinya girls, Sekarang kurangi deh penggunaan itu karena kini sudah ada solusinya yang alami dan murah dikantong malah. Penasaran apa itu? Yap oat meal itu jawabannya.

Iya oat meal yang terkenal karena dia dapat memberikan asupan gizi gandum yang sehat bagi tubuh kita. berbeda dengan nasi yang biasa kita makan yang mengandung banyak karbohidrat dan gula, Oat sangat baik dikonsumsi bagi penderita penyakit diabetes atau yang lagi masa program diet atau juga memang ingin meningkatkan gaya hidup sehat.

Kali ini saya tidak hanya membahas kebaikan oat untuk konsumsi saja tetapi kebaikan oat juga untuk kecantikan wajah kita khususnya bagi kamu yang bermasalah dengan minyak berlebihan di wajah.

Kandungan di dalam oatmeal selain mengandung banyak vitamin dan mineral penting juga mengandung antioksidan. Antioksidan yang terdapat dalam oats adalah avenanthramide, selenium, fenol, vitamin A, vitamin C dan vitamin E (Erika:2017). Salah satu penelitian dari Erika yang berminat dengan permasalahan kecantikan meneliti salah satunya tentang pengaruh pemakain oat meal dengan kelembapan wajah yang hasilnya dapat disimpulkan bahwa masker penggunaan masker oat meal secara rutin sangat berpengaruh terhadap kulit wajah terutama kulit wajah kering menjadi lebih lembab.

Hal ini telah dipraktekkan oleh teman saya sendiri yang juga rutin menggunakan masker oat meal dan memilih oat meal sebagai pelembab dan pembersih wajah yang hasilnya memang terlihat dari wajahnya terbebas dari kulit sensitifnya. Yang kita bahas di sini adalah manfaat oat untuk mengikat minyak di wajah sehingga sangat cocok bagi kamu yang mengalami wajah berminyak termasuk saya juga.

Cara menggunakannyasangat mudah kok, sama dengan pemakaian masker lainnya untuk kulit berminyak coba sedikit tambahkan madu pada masker oat meal. Sebelum menggunakannya pastikan wajah telah kalian bersihkan dengan air hangat ya girls. Gunakan air hangat juga untuk mencampur oat meal dengan madu. Agak sedikit lengket hasilnya dan pastikan semua bahan sudah tercampur.

Setelah itu oleskan campuran ersebut ke wajah kalian dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah kering bilas muka dengan menggunakan air dingin agar membantu menutup pori-pori di wajah karenapenggunaan air hangat sebelum menggunakan masker. Lakukan hal ini berulang setiap minggu 2-3 kali dan rasakan hasilnya perlahan dirimu akan merasakan kulitmu lebih halus, segar dan pastinya lebih kesat dan minyak di wajah perlahan akan terkontrol tidak lebay seperti biasanya.

Selamat mencoba yah semoga dapat mengurangi penggunaan oli control paper kalian hehehe …

5. Khasiat Teh hijau untuk wajah cantikmu

teh hijau untuk wajahmu

teh hijau untuk wajahmu via http://www.manfaatcantiksehat.com

Teh hijau telah dipercaya menjadi menjadi tumbuhan yang memiliki khasiat yang sangat tinggi. Terutama untuk kecantikan kulit dan wajah. Menurut peneliti dari University of Maryland Medical Center, Amerika, Kandungan antioksidan dalam teh hijau mampu menangkal efek radikal bebas yang merusak tubuh. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau dapat membantu memperlambat proses penuaan, mengurangi risiko kanker, dan penyakit jantung.

Jadi,manfaat anti oksidan yang bermanfaat untuk menangkan radikal bebas dan memperlambat penuaan dini ini lah yang akan membuat muka kita terlihat berseri, segar, kencang dan tidak kusam secara alami. Dan Bagaimana menggunakan teh hijau sebagai langkah perawatan alami untuk wajah kita? Yuk …

Caranya sangat mudah kok, hanya membutuhkan air panas untuk menyeduh teh hijau dan di diamkan hingga minimal 6 jam. Jadi sebenarnya yang kita gunakan untuk perawatan teh hijau ini adalah dari endapan teh hijaunya yang digunakan untuk mencuci muka setiap paginya. Lakukan secara rutin ya karena hasil dari mencuci muka dengan teh hijau ini tidak bisa kita rasakan hanya dalam satu kali saja.

Bahkan tante saya saja tidak pernah ketinggalan setiap hari minimal 3 kali seminggu melakukan ritual ini. Setelah digunakan mencuci muka, biarkan minimal 15 menit di wajah setelah itu baru cuci muka.

Ritual mencuci muka dengan menggunakan teh hijau ini akhirnya menjadi ritual saya setiap pagi mlai dari 2 tahun yang lalu and say bye with perawatan krim siang-malam. Memang efeknya terlihat di wajah lebih kelihatan cerah dan segar juga dapat menghilangkan kerutan serta kantung mata di wajah secara alami. Ada tambahannya juga nih teh hijau ternyata dapat memberikan efek tebal di alis dan bulu mata karena teh hijau juga bermanfaat melebatkan bulu mata dan alis apabila digunakan secara rutin.

Jadi apa saja yang saya lakukan setiap harinya untuk menjadikan kulit wajah cerah alami dan segar. Yang pertama adalah setiap malam saya selalu merendam teh hijau dengan air panas ( hanya tehnya saja tanpa kantung teh) sebelum tidur. Nah paginya bisa digunakan untuk mencuci muka dan setelah 15 menit bilas dengan sabun cuci muka.

Untuk sabun cuci muka ini saya percaya dengan wardah foam untuk kuliat berminyak. Selesei deh hehe simple kan? Untuk finishingnya sebelum keluar rumah selalu gunakan wardah sunscreen spf 30 dan oleskan secara merata ke muka agar kulit segarmu awet dan terlindung dari sinar matahari. Dan jangan lupa lakukan secara rutin ya agak efeknya terasa hehe…

Untuk kamu yang merasa bermasalah dengan mata panda ( masalah mahasiswa yang banyak gak tidur gara-gara tugas), jangan khawatir karena teh hijau ini juga bisa mengatasi masalah mata pandamu kok. Caranya mudah yaitu dengan mencelupkan kantung teh hijau pada segelas air hangat ( seperti bikin minuman teh anget biasa ) hingga kantung tehnya terendam semua. Setelah itu angkat dan tempelkan ke bagian kelopak mata hingga tertutup (pelan-pelan ya kalau masih panas).

Diamkan hingga 15 menit dan ulangi beberapa kali. Paginya setelah ritual ini matamu akan terlihat segar dan nggak layu. Mantap kan manfaat teh hijau. Karena itulah saya sangat senang sekali dengan hal-hal yang berhubungan teh hijau karena saya merasakan manfaatnya yang sangat luar biasa. Apalagi perawatan wajah dan kulit dengan serba teh hijau alami nggak bakal kecewa deh! Back to nature is the best.

Nah, itu tadi warisan perawatan alami wajah cerah setiap hari yang menjadi resep awet mudah dan cerah sepanjang hari. Semoga tulisan ini bermanfaat ya dan menambah tips perawatan kulit wajah. Perawatan alami wajah lebih baik pastinya daripada perawatan kimia yang membuat ketergantungan kulit wajah kita. Yuk, mari kita budayakan perawatan alami wajah untuk investasi jangka panjang kesehatan kulit wajah. Thanks!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya