Ternyata UK Sangat Ramah Anak, Lho!

Mengajak anak jalan-jalan itu gampang-gampang susah. Perlu disiasati dengan tepat agar suasana liburan tidak berubah menjadi mendung kelabu. Di era digital sekarang, mudah sekali mendapatkan riset tepat dan terpercaya sebelum menentukan pilihan destinasi wisata. Memastikan sebuah negara tujuan merupakan negara ramah anak ialah kunci utamanya.

Britania Raya atau United Kingdom (UK) ialah salah satunya. Memang apa saja yang membuat negara kelahiran Pangeran George dan Putri Charlotte disebut sebagai negara ramah anak? #AyoKeUK #WTGB #OMGB

1. Transportasi Umum Ramah Anak

Pintu Masuk Bus

Pintu Masuk Bus via https://tfl.gov.uk

Jaringan bus di London merupakan salah satu yang terluas di dunia dan memiliki akses terbesar di dunia bagi pengguna kursi roda yang berarti dapat dengan mudah pula diakses oleh orang tua dengan anak di kereta dorong atau "stroller". Moda transportasi lain yang sering digunakan ialah kereta listrik bawah tanah atau yang dikenal "Tube".

Sebagai sistem transportasi tercepat tertua di dunia, rata-rata stasiun "Tube" memiliki fasilitas "step-free" dalam arti memiliki lift atau eskalator sehingga dapat diakses dengan mudah bagi para orang tua yang membawa anak di stroller. Tapi tak perlu khawatir bila kita menenemui stasiun yang hanya memiliki tangga karena menurut beberapa testimoni para wisatawan, warga London cukup ramah dan mau membantu bila dengan terpaksa kita harus melipat stroller dan menentengnya menaiki atau menuruni tangga.

Advertisement

Akan lebih aman bila kita menghindari jam sibuk dan mengecek terlebih dahulu fasilitas yang tersedia di masing-masing stasiun yang akan kita pilih melalui step free Tube maps.

2. Banyaknya Taman Indah untuk Berpiknik Bersama Keluarga

Piknik di Hyde Park

Piknik di Hyde Park via http://www.youramazingplaces.com

Bermain di alam terbuka dipercaya memiliki banyak sekali manfaat. Meningkatkan mood anak-anak salah satunya. Dengan adanya taman-taman indah dan menawan di hampir seluruh dataran Britania Raya, jalan-jalan bersama anak bisa jadi sangat menyenangkan.

Salah satunya Hyde Park yang merupakan salah 1 destinasi favorit di London. Aktifitas santai seperti berpiknik serta berolah-raga hingga konser artis ternama bisa dilakukan di sini. Adanya playground anak dan kaum manula yang sangat terawat menambah alasan para wisatawan maupun penduduk lokal mengunjungi taman ini.

Advertisement

Taman lain yang menarik untuk dikunjungi saat berada di London ialah Richmond Park. Keindahan taman ini dilengkapi dengan banyaknya kumpulan rusa serta tumbuhan liar yang sangat indah bila dikunjungi di musim panas. Adanya penyewaan sepeda juga menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkeliling santai di sepanjang Richmond Park.

Beralih ke kota lain dengan jarak tempuh kurang dari 2 jam dari London terdapat Wellington Country Park tepatnya di kota bernama Reading. Selain berpiknik santai bersama keluarga, di taman ini pengunjung dapat memberi makan binatang, berloncat-loncat di bantal ukuran raksasa yang terdapat di playground, serta bermalam di dalam tenda atau karavan yang bisa disewa di tempat.

3. Toko Mainan Tertua di Dunia ada di London

Beberapa Mainan di Toko di London

Beberapa Mainan di Toko di London via https://www.pexels.com

Berjalan-jalan dengan anak terasa kurang lengkap bila tidak mengunjungi toko mainan. Meskipun belum tentu membeli sesuatu, tapi melihat dan mencoba beberapa mainan dapat membuat anak-anak bahagia. UK memiliki begitu banyak toko mainan yang sudah mendunia, dan ternyata toko mainan tertua di dunia yang bernama Hamleys berada tepat di kota London!

Berbagai mainan dengan merek lokal maupun internasional hampir dapat dipastikan ada di dalam toko yang memiliki 7 lantai dan menjual lebih dari 50.000 mainan tersebut. Tidak heran toko mainan ini memiliki daya tarik sejajar dengan London Eye serta London Bridge. Tak hanya itu, meskipun sudah berdiri sejak tahun 1760, Hamleys mengikuti perkembangan jaman dimana saat ini peritel besar juga berjualan di digital.

4. Tidak Akan Kekurangan Theme Parks

Salah Satu Them Park di UK

Salah Satu Them Park di UK via https://ankle-biters.co.uk

Siapa tidak menyukai bermain di Theme Parks? Dapat dipastikan, anak-anak bisa menghabiskan waktu seharian bila sudah memasuki Theme Parks. Tantangan mengunjungi Theme Parks ialah bagaimana dapat bermain sebanyak-banyaknya dalam waktu 1 hari saja. Menjadi tidak mungkin bila pengunjung Theme Parks begitu padat belum lagi cuaca yang mungkin kurang mendukung. Tidak perlu khawatir bila berada di UK karena hampir di setiap kota memiliki setidaknya 1 Theme Park. Berikut beberapa di antaranya:


  1. Sebut saja Legoland Windsor yang berada di Berkshire. Siapa yang tidak kenal Legoland. Di Legoland, begitu banyak permainan yang mengundang anak-anak hingga orang dewasa untuk betah bermain sejak theme park dibuka hingga ditutup.

  2. Drayton Manor yang berada di Staffordshire. Theme Park ini mengakomodasi para penyuka kereta Thomas. Sangat cocok untuk anak-anak yang usia lebih kecil terutama di bawah 6 tahun.

  3. Pleasurewood Hills yang berada di dekat Great Yarmouth.

5. Kemudahan Menemukan Tempat Makan dengan Kursi Bayi

Mengajak anak jalan-jalan tak luput dari memilih makanan dan tempat makan. Beruntungnya, di UK sangat mudah menemukan tempat makan yang ramah anak. Selain adanya Menu khusus anak atau kids meal, rata-rata restoran memiliki kursi bayi untuk anak di bawah 5 tahun. Hal ini membuat suasana makan lebih bersahabat bagi orang tua dan anak serta pengunjung lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya