5 Kiat Mengurangi Rasa Sakit dan Pegal Setelah Memulai Berolahraga Kembali. Tenang, Ini Normal kok!

mengurangi rasa sakit dan pegal setelah olahraga

Setelah sekian lama tidak berolahraga, akhirnya kamu menyempatkan waktu untuk memulainya kembali. Namun, bukannya menyegarkan, efeknya justru sebaliknya; sehari setelah olahraga, badan terasa sakit dan pegal-pegal.

Efek tersebut dalam dunia medis disebut dengan delayed onset muscle soreness atau (DOMS). Efek DOMS biasanya dirasakan setelah olahraga cukup berat dengan keluhan yang dirasakan adalah pegal-pegal dan kaku pada otot.

Tenang, DOMS bukan masalah serius dan hal yang normal. Bahkan ketika mengalami DOMS, artinya tubuh merespon olahraga yang dilakukan. Rasa sakit yang dirasakan karena jaringan otot pada tubuh berusaha untuk memperbaiki jaringan otot yang rusak karena olahraga. Jaringan otot tersebut berusaha untuk beradaptasi dan memperbaikinnya.

Walau begitu, efek DOMS bisa diminimalisir. Rasa sakit yang dirasakan bisa kamu kurangi dengan beberapa cara. Apa saja? Simak uraiannya di bawah yuk.

Advertisement

1. Lakukan olahraga secara bertahap

Photo by: Jonathan Borba

Photo by: Jonathan Borba via http://unsplash.com

Coba untuk melakukan olahraga secara bertahap. Biarkan otot beradaptasi sedikit demi sedikit untuk mengurangi rasa pegal ketika berolahraga.

 

Advertisement

2. Perbanyak istirahat

Photo by: Victor Freitas

Photo by: Victor Freitas via http://unsplash.com

Setelah mengalami DOMS, dengarkan tubuh. Walau tidak berbahaya, sebaiknya minimalkan efek DOMS dengan istirahat yang berkualitas. Setelah berolahraga, coba tidur dengan waktu 8-9 jam dan hindari begadang.

Perlu dicatat, ketika berolahraga dan tubuh terasa sudah tidak kuat, lekas beristirahat. Dengarkan tubuh kita karena tujuan berolahraga adalah menyehatkan tubuh bukan malah sebaliknya.

3. Pijat secara lembut

Photo by: Jesper Aggergaard

Photo by: Jesper Aggergaard via http://unsplash.com

Lakukan pijatan kecil dan ringan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Pijatan lembut terbukti ampuh untuk meningkatkan aliran darah dan meminimalkan rasa nyeri pada tubuh.

Advertisement

4. Usai olahraga, wajib melakukan pendinginan

Photo by: Clem Onojeghuo

Photo by: Clem Onojeghuo via http://unsplash.com

Setelah melakukan olahraga berat, luangkan waktu 5-10 menit untuk melakukan pendinginan.

Ada beberapa gerakan kecil pendinginan yang mudah dilakukan. Pendinginan sendiri bertujuan agar otot tidak merasa kaget ketika akan beristirahat setelah berolahraga. Pendinginan juga bisa disebut dengan masa transisi.

5. Sebelum memulai olahraga, lakukan pemanasan yang berkualitas

Photo by:  Meghan Holmes

Photo by: Meghan Holmes via http://unsplash.com

Tujuan untuk pemanasan agar tubuh siap ketika akan melakukan olahraga inti. Otot-otot wajib terlebih dahulu dipanaskan agar tidak kaget.

Tidak ada gerakan pasti untuk melakuna pemanasan, yang penting lakukan gerakan semua anggota tubuh agar siap diajak berolahraga.

Itulah 5 cara sederhana untuk meminimalkan pegal-pegal usai melakukan olahraga kembali. Tidak usah khawatir, efek DOMS adalah wajar dan normal. Terpenting, berolahraga lah sesuai kondisi tubuh dan jangan dipaksakan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE