#DiIndonesiaAja-Menilik Lebih Dalam Indahnya Wisata Grobogan

Grobogan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, tempat kelahiranku. Sebelah baratnya berbatasan dengan dengan kabupaten Semarang dan Demak. Sedangkan di sebelah utara dengan kabupaten Kudus, Pati, dan Blora. Beberapa orang mungkin masih asing dengan nama Grobogan ini. Namun, Grobogan bisa jadi salah satu destinasi tujuan wisata bagi kalian yang ingin merasakan suasana baru.

Ada wisata alam unik, taman kota, situs budaya, spot foto kekinian, danau, goa, sampai air terjun yang begitu menakjubkan dan menunggu-nunggu untuk kalian kunjungi setelah masa pandemi tuntas nanti. Berikut adalah beberapa tempat rekomendasi untuk berlibur ke Grobogan.

1. Bledug Kuwu

Bledug Kuwu

Bledug Kuwu via http://lh4.ggpht.com

Bukan hanya sebagai legenda, tapi juga dapat dijadikan tujuan wisata edukasi. Bledug kuwu ini adalah hamparan telaga lumpur yang unik. Letaknya di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan. Setiap sekian detik, lumpur akan meletup seiring dengan keluarnya gas dari perut bumi.

Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatan untuk datang, yakni letupan-letupan lumpur bergaram yang berlangsung terus-menerus secara berkala.

2. Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri

Air Terjun Widuri via https://cdn-2.tstatic.net

Air Terjun Widuri ini berlokasi di Dusun Widuri, Area Sawah, Kemaduhbatur, Kec. Tawangharjo, Kabupaten Grobogan. Air terjun ini memiliki legenda yang sangat terkenal dan masih banyak diyakini kebenarannya hingga sekarang yakni legenda Jaka Tarub dan tujuh bidadari. Namun, kita perlu melakukan perjalanan ekstra untuk akhirnya bisa sampai ke air terjun ini. Walau demikian, cantiknya air terjun Widuri akan membuat perjuangan anda terbayarkan.

3. Alun-Alun Purwodadi

Sebagai orang asli Grobogan, beberapa teman dari kampus sering bertanya kepada ku sebenarnya apa sih bedanya Grobogan dan Purwodadi. Ini karena banyak dari mereka sering mendengar istilah Purwodadi, tetapi sangat jarang dengan Grobogan. Biar kalian tak bertanya-tanya lagi, ku jelaskan bahwa bahwa Purwodadi adalah ibu kota juga kota utama di Kabupaten Grobogan, sekaligus nama sebuah kecamatan di Kabupaten Grobogan, Provinsi Jawa Tengah bagian timur.

Jadi sekarang sudah jelas ya bahwa Purwodadi adalah bagian dari Grobogan sendiri. Kalau ke sana, jangan lupa mampir ke alun-alunnya yang menjadi Landmark bagi kabupaten Grobogan.

4. Waduk Nglongan

Waduk Nglongan

Waduk Nglongan via https://ihategreenjello.com

Banyak orang bilang bahwa tempat ini adalah danau Toba nya Grobogan. Lokasinya berada di Dusun Nglangon, Desa Kradenan, Kecamatan Kradenan, Kabupate Grobogan. Tempat ini semakin indah bukan karena daya tarik waduknya sendiri, melainkan juga karena pemandangan di sekitarnya berupa perbikitan, persawahan, serta hutan jati yang bisa dilhat dari area waduk.

Ditilik dari aspek sejarah, waduk ini juga merupakan salah satu peninggalan Belanda. Sekarang, tempat ini memiliki swahana spot foto, kolam renang, pulau di tengah waduk, serta pasar kalangon. Tertarik? Silahkan dijadikan list untuk tujuan wisata kalian.

5. Candi Joglo Purwodadi

Candi Joglo Purwodadi

Candi Joglo Purwodadi via https://www.gotravelly.com

Bagi kalian yang ingin berfoto ala-ala Bali tapi tetap ada di Jawa, tempat ini ku rasa sangatlah cocok. Tidak hanya ada candi, di sekitar bangunan joglo juga terdapat peralatan pawon alias dapur kuno, perkakas tradisional, lesung, serta tampah. Selain itu, terdapat juga gamelan, keris, artefak, uang kuno, juga beberapa koleksi topeng Bali yang terpajang.

Adanya wisata ini juga membuktikan adanya perpaduan budaya Jawa dan Bali yang hampir mirip dan beringinan. Selamat berwisata dan belajar sejarah di tempat ini.

6. Objek Wisata Goa Lawa dan Goa Macan

Objek Wisata Goa Lawa dan Goa Macan

Objek Wisata Goa Lawa dan Goa Macan via https://storage.travelingyuk.com

Satu lagi eksotisme Grobogan bisa kita lihat di wisata goa ini. Buat kalian yang memiliki niat untuk berkunjung ke sini, bisa banget buat langsung mengarahkan kendaraan ke Jalan Grobogan, Sukolilo atau sisi utara dari pusat kota. Setelah beberapa lama, kalian bakal menemukan papan nama Goa Lawa dan Macan.

Setelah itu, telusurilah jalan setapak sepanjang dua kilometer dan sampailah ke wisata goa di Dusun Watusong, Desa Sedayu, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan ini. Gemercik air serta indahnya stalaktit dan stalakmit agaknya sangat wajib untuk dinikmati sensasinya.

 

7. White Canyon (Tugulasi)

White Canyon (Tugulasi)

White Canyon (Tugulasi) via https://wisatapro.com

Last but not least, adalah wisata yang terletak di Desa Mrisi, Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan. Seperti namanya, white canyon sendiri adalah wisata berupa pemandangan alam tebing yang menjulang tinggi. Namun harus diketahui bahwa tebing tersebut terbentuk karena faktor penambangan yang sudah sejak lama dilakukan.

Jadi, kalian harus tetap berhati-hati. Dengan pemandangan yang eksotis, nampaknya kalian bisa menjadikan tempat ini sebagai tempat berfoto dan menikmati keindahan saat matahari terbenam maupun terbit. Jujur, tempat ini sangatlah indah. Dulu, aku mengunjunginya ketika masih berada di bangku sekolah menengah bersama teman-teman kelasku. Suatu saat nanti, semoga Tuhan izinkan kami untuk kesana bersama-sama lagi.

Sebenarnya, masih ada banyak tempat wisata di Grobogan yang belum aku sebutin. Tapi setidaknya, tujuh rekomendasi di atas bisa dijadikan referensi kalian saat berlibur ke Grobogan. Have a nice trip and welcome to Grobogan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini