Fix Auto Pede! 8 Cara Meningkatkan Self-Esteem Ampuh Atasi Rasa Minder

Supaya kamu nggak jadi gampang minder dan lebih menghargai diri

Pernah nggak kamu kesulitan menjawab ketika disuruh menyebutkan sisi positif dari dirimu? Berbeda ketika kamu ditanya apa yang kamu tidak suka dari dirimu, pasti jawabannya akan muncul dengan cepat.

Secara nggak sadar, manusia cenderung lebih mudah mencari keburukan diri sendiri daripada kelebihan yang dimiliki. Itulah kenapa pentingnya self-esteem tumbuh di diri setiap individu.

Adanya self-esteem bisa membantu kita untuk menilai diri secara keseluruhan apakah kita berharga atau tidak.

Nah, supaya kamu nggak jadi gampang minder dan lebih menghargai diri. Yuk, cari tahu 8 cara meningkatkan self-esteem berikut ini!

Advertisement

1. Be mindful

Photo by Natalia Figueredo

Photo by Natalia Figueredo via https://images.unsplash.com

Kita tidak dapat mengubah sesuatu jika kita tidak menyadari apa yang harus diubah.

Kadang apa yang kita pikirkan hanyalah sebuah angan-angan dan itu belum tentu terjadi. Di sini kita seringkali terperangkap dengan pikiran negatif. Itulah kenapa jangan mudah percaya dengan pikiran kita sendiri. 

Advertisement

Supaya hal itu nggak terjadi, kamu harus tahu apa yang kurang sesuai di dirimu. 

Ketika kamu menyadarai bahwa ada yang nggak beres sama pikirkanmu, catat dengan baik apa yang terjadi, cari tahu akan hal itu, dan ingatlah bahwa itu hanya ada di pikiranmu dan bukan sebuah kenyataan.

2. Ubah citra dirimu

Advertisement
Photo by BBH Singapore

Photo by BBH Singapore via https://images.unsplash.com

Kita semua memiliki cerita tentang diri kita yang membentuk persepsi diri kita, hingga lahirlah citra diri. Jika kamu ingin mengubah cerita tersebut, kamu harus tahu dari mana asalnya.

Terkadang pikiran negatif seperti, “kamu gendut,” atau “kamu malas,” berasal dari orang-orang sekitar yang kita yakini bahwa itu memang kamu. Pikiran tersebut muncul di dirimu karena dipelajari. Jadi, penilaian seperti itu juga bisa tidak dipelajari. 

Kamu bisa mulai dengan afirmasi atau penguatan. Cobalah untuk membuat afirmasi positif dengan menuliskan hal-hal baik yang kamu miliki.

3. Hindari pikiran untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Photo by Emile Guillemot

Photo by Emile Guillemot via https://images.unsplash.com

Mulai belajar untuk menerima dirimu apa adanya.

Hanya karena dia tampak bahagia di media sosial, bukan berarti dia benar-benar sedang berbahagia. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan menimbulkan pikiran negatif pada diri. 

Perasaan rendah diri itu bisa mempengaruhi kesehatan mental kamu seperti anxiety dan stres. Bahkan juga bisa berdampak negatif di kehidupan sehari-harimu, seperti pekerjaan, hubungan dengan orang lain, hingga kesehatan fisik.

4. Ketahui apa kelebihanmu

Photo by Sheri Hooley

Photo by Sheri Hooley via https://images.unsplash.com

Albert Einsten pernah mengatakan, “Everybody is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree, it will live its whole life believing that it is stupid.” 

Di sini kamu harus menyadari bahwa setiap individu itu berbeda. Kita semua memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Si A mungkin bisa memainkan segala jenis alat musik, tapi ternyata dia tidak bisa memasak.

Kenali apa kelebihanmu. Jika kamu sulit menemukannya, mintalah bantuan seorang teman. Terkadang mudah bagi seseorang melihat kelebihan kita daripada diri kita sendiri.

5. Olahraga

Photo by bruce mars

Photo by bruce mars via https://images.unsplash.com

Banyak penelitian menunjukkan hubungan antara olahraga dengan tingkat self-esteem yang tinggi, sebagai mana meningkatkan kesehatan mental. Olahraga dapat memberikan dampak positif baik secara fisik maupun psikis.

Olahraga bisa dijadikan bentuk merawat diri. Selain olahraga, bentuk merawat diri yang lain seperti makan makanan bergizi dan isirahat yang cukup juga dapat memberikan efek positif terhadap persepsi diri kamu.

6. Lakukan hal baik kepada sesama

Photo by Kat Yukawa

Photo by Kat Yukawa via https://images.unsplash.com

Melakukan pelayanan pada orang lain dapat membantu melepaskan kamu dari pikiran-pikiran negatif. Ketika kamu mampu membantu orang lain, maka kamu akan mengurangi perhatianmu terhadap permasalahan yang kamu pikirkan.

Nah, semakin banyak kamu melakukan suatu hal yang dapat membuatmu bangga, semakin mudah kamu mengetahui betapa berharganya dirimu.

Mungkin kamu bisa mulai dengan bergabung sebagai volunteer untuk tempat penampungan tunawisma, tempat penampungan hewan, atau organisasi lainnya.

Di sini kamu tidak hanya berbuat baik untuk orang lain tapi juga dapat memberikan dampak positif terhadap dirimu.

7. Berdamai dengan masa lalu

Photo by Simon Maage

Photo by Simon Maage via https://images.unsplash.com

Apakah ada seseorang dalam hidupmu yang belum kamu maafkan kesalahannya? mungkin mantan kamu? salah satu anggota keluarga kamu? dirimu sendiri?

Menyimpan kenangan pahit dan dendam pada masa lalu hanya akan membuatmu terjebak pada siklus negatif.

Memaafkan diri sendiri dan orang lain dapat meningkatkan self-esteem. Itu terjadi karena sifat alami kita sebagai manusia yang memiliki sifat kasih sayang terhadap sesama dan mendorong penerimaan orang, terlepas dari kekurangan kita.

Lakukanlah meditasi dengan menggunakan kata-kata seperti di bawah ini.

“Jika saya telah melukai atau menyakiti seseorang, secara sadar atau tidak, saya meminta maaf.

Jika ada yang menyakiti atau menyakiti saya, secara sadar atau tidak, saya memaafkan mereka.

Untuk hal-hal yang membuat saya telah melukai diri sendiri, sadar atau tidak, saya menawarkan pengampunan.”

Oiya, sekarang kamu juga bisa melakukan meditasi online di sini, lho!

8. Ciptakan rasa aman dan jangan takut gagal

Photo by Alexandro Espinar

Photo by Alexandro Espinar via https://images.unsplash.com

Mulailah untuk menghargai dirimu sendiri dengan mencintai dirimu yang tidak sempurna. Ciptakan rasa aman dalam diri bahwa tidak apa berbeda dengan yang lain.

Dengan begitu kamu tidak perlu takut untuk gagal. Karena gagal tidak akan mengubah nilai dirimu. Biarkan kamu tumbuh, berkembang secara bebas dan penuh dengan kebahagiaan.

Kita semua dilahirkan dengan potensi yang tak terbatas dan nilai yang sama sebagai manusia. Pikiran tentang diri yang negatif terbentuk karena dipelajari secara terus menerus. 

Namun, dengan kerja keras dan kasih sayang pada diri sendiri, pikiran dan kepercayaan yang berdampak buruk pada  diri sendiri dapat dilupakan. 

Hilangkan pikiran bahwa kita memiliki suatu kekurangan tertentu. Mulailah langkah-langkah di atas untuk meningkatkan self-esteem kamu. Selamat mencoba 🙂

 

Sumber: https://www.psychologytoday.com

 

Ditulis oleh Safira, anak magang yang hobi mendengarkan cerita orang

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE