Kita sering bertemu dengan berbagai tipe wanita di seluruh penjuru dunia. Ada yang lemah lembut, ada yang pemberani, ada yang genius, ada yang humoris, banyak deh pokoknya. Dan ternyata di situlah letak keunikan masing-masing kaum hawa. Keunikan inilah yang membawa wanita pada definisi cantik. Tak jarang pula ada wanita yang masih merasa kurang percaya diri untuk memancarkan pesonanya.

Alasannya beragam, ada yang minder karena ukuran tubuh, bentuk wajah, sampai dengan alasan tidak bisa make up. Kamu salah satunya? Hello, girls, open your mind! Setiap wanita punya kecantikannya tersendiri. Masih belum merasa cantik juga? Berikut kami ulas trik-trik agar kamu paham bahwa menjadi cantik itu mudah, girls. :)

1. Bahagia dan Rajin Tersenyum

Just The Way You're

Just The Way You're via http://nakita.grid.id

Mulai dari mindset nih, girls. Coba ubah gaya pikirmu tentang definisi cantik. Cantik tidak melulu tentang make up kok. Buktinya, dengan tersenyum saja kamu sudah terlihat cantik. Cantik itu bersifat apa adanya. Buat kamu-kamu yang suka bad mood dan jarang menebarkan aura bahagia, coba dikurang-kurangi cemberutnya ya.

Senyum sebenarnya memiliki banyak manfaat, di antaranya mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga membantu kita untuk senantiasa berpikiran positif. So, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak tersenyum kan? Fakta menariknya, dengan tersenyum, kita juga dapat terlihat jadi lebih muda dan fresh, lho, girls! Kuncinya, kamu harus membiasakan diri untuk bahagia terlebih dahulu, barulah kecantikanmu akan terpancar secara alami. Keep smile :)

2. Sunscreen? Use It!

Protect Your Skin

Protect Your Skin via http://theprettypimple.com

Advertisement

Selanjutnya, alihkan fokus pada kulit kita. Menjalani aktivitas sehari-hari di luar ruangan memang melelahkan. Kita pun sering terpapar sinar matahari, polusi, dan debu setiap harinya. Tanpa disadari, rutinitas tersebut ternyata tidak baik untuk kesehatan kulit kita lho, girls. Sinar matahari memancarkan sinar UVA dan UVB yang berpengaruh terhadap tubuh manusia.

Apa sih UVA dan UVB itu? UVA alias Ultra Violet Aging ini merupakan sinar matahari yang menyebabkan keriput dan penuaan pada kulit. Parahnya lagi, sinar ini bisa menyebabkan kanker lho, girls. Sedangkan UVB alias Ultra Violet Burning adalah sinar matahari yang bisa membakar kulit, merusak melanin, dan akhirnya membuat kulit menjadi gelap. Tidak ingin kulitmu jadi keriput dan gelap kan, girls? Mulai sekarang, lindungi kulitmu dengan sunscreen ya. #LoveYourSkin

3. Menjaga Pola dan Asupan Makan

Masih tentang kulit, faktanya makanan pun ikut ambil andil dalam masalah kulit. Kulit cantikmu perlu diberi makan baik dari luar maupun dalam, girls. Nah, makanan apa saja sih yang baik untuk kulit? Makanan yang menyehatkan kulit yaitu yang memiliki kandungan sebagai berikut :

Advertisement


  1. Antioksidan, terdapat dalam buah berry, seperti blueberry dan goji berry.

  2. Asam Lemak Omega 3, terdapat dalam kacang kedelai dan sayur bayam.

  3. Vitamin A, C, E, terdapat dalam wortel, almond, brokoli, dan zaitun.

  4. Air, tentu saja air putih merupakan pilihan terbaik.

So, jangan biarkan kulitmu kekurangan nutrisi ya, girls.

4. Start to Do Sport

Let's Do Sport!

Let's Do Sport! via https://health.detik.com

Makanan sehat saja tidak cukup untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kita perlu olahraga untuk mengimbanginya, girls. Dengan olahraga, aliran darah dalam tubuh kita akan meningkat. Tentu saja oksigen dalam tubuh juga ikut menyebar lebih cepat. Aliran oksigen yang lancar membuat kulitmu senantiasa tampak lebih sehat dan berkilau lho.

Selain itu, keringat yang dihasilkan saat berolahraga akan membawa kotoran dan minyak yang tersumbat di dalam pori-pori kulit. Bagaimana, girls? Masih mau mager, alias malas gerak? Enggaklah ya. :)

5. Manjakan Kulitmu

Treat Your Skin Well

Treat Your Skin Well via https://resveralife.com

Di sela-sela kesibukanmu, coba luangkan waktu untuk kulitmu deh, girls. Layaknya peliharaan, ternyata kulitmu juga butuh dimanjakan. Bagaimana caranya? Mudah saja. Kamu bisa membeli ataupun meracik sendiri masker wajahmu. Jangan asal pilih ya, sesuaikan dengan kebutuhan kulitmu saat itu.

Misalnya kulit wajahmu sedang kering, maka kamu bisa menggunakan madu untuk melembabkan wajahmu. Pahami kondisi kulitmu, lalu penuhi kebutuhannya.

6. Selalu Jaga Kebersihan

Keep Clean

Keep Clean via https://www.vemale.com

"Jagalah Kebersihan", slogan ini sering sekali kita jumpai di manapun kita berada, hanya saja masih jarang dipraktikan dengan benar. Coba kita test! Apakah kamu menggunakan handphone? Handphone, kini menjadi barang wajib bagi setiap orang, bahkan digunakan setiap hari, bukan? Nah, coba kita bayangkan, girls, berapa banyak benda yang kita sentuh setiap menitnya dan seberapa sering kita menggenggam handphone per harinya. Apakah setiap benda yang kita sentuh itu bersih? Tentu saja tidak.

Pertanyaannya, seberapa sering kamu membersihkan handphone? Jika jarang, dapat disimpulkan bahwa, pasti ada banyak kuman dari benda-benda sekitar yang bersarang di handphone kita. Dan ini bisa menjadi asal muasal dari jerawat yang berkembang di wajah kita. Bagaimana bisa? Pada saat kita mengangkat panggilan telepon, tentu saja ada bagian wajah kita yang bersentuhan dengan layar handphone, bukan? Saat itulah kuman dapat bermigrasi ke kulit wajah kita, girls. Yakin sayang sama kulitmu? Coba bersihkan handphone-mu terlebih dahulu. ;)

7. Tidur Yang Cukup

Sleep Tight

Sleep Tight via https://medlicker.com

Siapa di antara kamu-kamu yang suka begadang? Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, begadang juga berdampak buruk bagi kulitmu lho, girls. Tidur merupakan waktu bagi kulit kita untuk meregenerasikan sel-sel kulit yang rusak. Saat itu pula, tubuh menghasilkan kolagen yang berguna untuk mencegah penuaan pada kulit.

Nah, jika kita tidak memperoleh tidur yang cukup, maka kulit kita akan mengalami penuaan dini. Normalnya, manusia membutuhkan waktu 6 sampai 8 jam per hari untuk tidur. So, jangan lupa beri waktu bagi kulitmu untuk beregenerasi ya, cantik.

8. Kulit Mati? Harus Dibuang!

Jika kulit mati dibiarkan menumpuk begitu saja, maka kulit akan menjadi sukar untuk beregenerasi. Hal inilah yang membuat kulit menjadi kusam, kasar, dan kering. Ditambah lagi, kulit mati akan menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat, girls. Lantas, bagaimana cara membuang kulit mati? Kita bisa menggunakan scrub alami maupun yang dijual di pasaran.

Jika kamu lebih suka menggunakan bahan alami, mungkin kopi, teh hijau, gula, atau madu bisa menjadi pilihannya. Sama seperti poin sebelumnya, sesuaikan bahan scrub dengan kebutuhan kulitmu, girls.

9. Tidak Sembarang Mencoba Produk Kecantikan

Sebelum memutuskan untuk menggunakan produk kosmetik, alangkah baiknya baca kandungannya terlebih dahulu, girls. Jangan tergesa-gesa untuk membeli dan memakainya hanya karena tergoda oleh iklan.

Pastikan kandungan dalam kosmetik itu tidak membahayakan kulitmu. Jika pada pemakaian pertama sudah terlihat tanda-tanda tidak cocok, seperti gatal-gatal atau semakin berjerawat, sebaiknya jangan teruskan pemakaiannya. Gunakan produk yang memang cocok untuk kulitmu saja ya, girls.

10. Jerawat? Jangan Dipencet, Girls!

Kehadiran jerawat memang sungguh menjengkelkan. Tak jarang kita merasa gemas dan ingin memusnahkannya sesegera mungkin dari wajah kita. Berbagai cara pun ditempuh demi wajah bebas jerawat, termasuk dengan memencetnya. Nyatanya, memecahkan atau memencet jerawat bukanlah alternatif terbaik untuk memperoleh wajah yang mulus lho, girls.

Memencet jerawat dapat menyebabkan iritasi dan infeksi, juga meninggalkan bekas luka di wajah. Tentu saja ini sangat merugikan, bukan? Sebaiknya, kita menghilangkan jerawat secara perlahan, bisa dengan masker, obat oles, ataupun dikompres.

Dengan merawat kulit, sebenarnya kita pun sudah menjadi wanita cantik. Mengapa? Sebab, wanita yang bersyukur atas kecantikannya akan senantiasa merawat dirinya dengan baik, termasuk merawat kulit. So, untuk menjadi cantik itu sangatlah mudah, girls. Pertama, syukuri pemberian-Nya. Kedua, rawatlah dirimu sebagaimana kamu berterima kasih kepada-Nya. Ingat, menjadi seorang wanita adalah suatu keistimewaan yang tak ternilai harganya. :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya