Bagi perempuan, kecantikan dan kesehatan kulit menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Menjaga kecantikan dan kesehatan kulit tidak hanya kebutuhan perempuan moderen saat ini, namun sudah menjadi kebutuhan perempuan sejak ribuan tahun lalu. Bahkan perempuan di zaman Nabi sendiri memiliki cara masing-masing dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit mereka.

Tentunya dengan alat dan bahan-bahan alami yang bersumber dari alam. Sebuah riwayat dari Ibnu Majah mengatakan bahwa untuk mendapatkan kulit sehat dan tubuh yang ideal, Aisyah RA kerap mengkonsumsi mentimun dan kurma.

Tentunya alat dan bahan yang digunakan oleh perempuan-perempuan dimasa itu dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulitnya dipengaruhi oleh daerah tempat tinggal mereka pada saat itu. Di Indonesia sendiri yang bukan daerah penghasil kurma, tentu para perempuan tidak menggunakan cara tersebut untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit mereka.

Perempuan Indonesia bagian timur akan menggunakan cara yang berbeda dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit mereka dengan perempuan Indonesia barat. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan alam dan ketersediaannya bahan-bahan di daerah tersebut.

Keluarga saya sendiri yang berasal dari sebuah desa di ujung selatan pulau lombok, memiliki cara tersendiri dan telah dilakukan secara turun-temurun dalam merawat kecantikan dan kesehatan kulit tubuh. Alat dan bahan yang digunakan tentunya bersumber dari alam dan mudah untuk ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa cara perempuan di keluarga saya dalam menjaga dan merawat kecantikan serta kesehatan kulit tubuh.

1. Menghilangkan daki dengan batu

Sehat Natural

Sehat Natural via https://i0.wp.com

Daki merupakan kotoran berwarna kecoklatan yang menempel dan bahkan menumpuk pada lapisan permukaan kulit. Adapun beberapa bagian tubuh yang sering berdaki adalah bagian-bagian lipatan di tubuh, punggung, perut, dan sebagainya. Daki tidak dapat dihilangkan hanya dengan mandi saja. Apalagi untuk daki yang sifatnya membandel. Nah, perempuan di keluarga saya memiliki cara yang ampuh dalam menghilangkan daki membandel dengan menggunakan batu.

Advertisement

Batu yang digunakan adalah batu biasa berwarna hitam yang memiliki permukaan mulus. Caranya cukup mudah. Berendam selama 10 menit setelah mandi seperti biasa kemudian gosokkan batu pada seluruh bagian tubuh. Menggosokkan batu di permukaan kulit secara perlahan di seluruh permukaan kulit seperti saaat menggunakan sabun batang.

Biasanya, gosokan pertama daki akan langsung terangkat dengan cara luruh dari permukaan kulit. Setelah daki yang luruh dirasa cukup banyak, maka bilas bagian tubuh tersebut dan ulang hingga 3 kali. Lakukan cara tersebut 2 kali dalam seminggu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya