Kota London adalah ibu kota negara di Eropa, yaitu Britania Raya. Selain itu London juga merupakan kota metropolitan terbesar di Eropa menurut luas wilayahnya. Berlokasi di sepanjang sungai Thames, London adalah pilihan kota yang bagus untuk tujuan wisata anda. Kota ini disebut sebagai pusat kebudayaan dunia dan memiliki empat situs warisan dunia yaitu, Menara London; kebun Botani Kew atau The Royal Botanical Garden Kew (Kebun Botani Kerajaan Kew); kompleks situs bersejarah seperti Istana Westminster; dan pemukiman bersejarah Greenwich.

Beberapa tempat-tempat terkenal di London lainnya adalah istana Buckingham, London Eye, Trafalgar Square, Big Ben, Westminister Abbey, Kensington Palace dan British Musium. Selain tempat terkenal itu masih banyak lagi tempat yang layak anda kunjungi di kota London, seperti berikut ini:

1. Museum Sherlock Holmes di Baker Street

Museum Sherlock Holmes

Museum Sherlock Holmes via http://www.sherlock-holmes.co.uk

Bagi penggemar cerita detektif, Jalan Baker atau Baker Street sudah sangat familiar. Karena di jalan itu terdapat tempat tinggal seorang detektif terkenal asal London yaitu Sherlock Holmes. Dia adalah detektif fiksi karangan Sir Artur Conan Doyle, seorang pengarang sekaligus dokter berkebangsaan Skotlandia.

Sherlock Holmes sendiri bercerita tentang seorang "detektif konsultan" yang menggunakan kemampuan berpikirnya untuk memecahkan suatu kasus. Cerita tersebut berlatar antara tahun 1880 sampai tahun 1914. Mr. Holmes lahir pada tanggal 6 Januari 1854. Mr Holmes menyewa kamar di jalan Baker No. 221B London bersama sahabat karib sekaligus penulis pengalaman pribadinya, Dr. Waston. Walaupun karakter Mr. Holmes hanya fiktif belaka, namun kamar sewa di jalan Baker tersebut benar- benar ada di kota London.

Advertisement

Sejak tahun 1990, kamar sewa tersebut dijadikan museum untuk mengenang tokoh detektif yang terkenal pada abad ke 19, Mr. Sherlock Holmes. Rumah tersebut dilindungi oleh pemerintah karena kepentingan arsitektur dan sejarahnya.

Museum Sherlock Holmes buka setiap hari mulai pukul 9.30 sampai pukul 18.00. Dan untuk biaya masuknya, untuk pengunjung dewasa sebesar 6 poundsterling atau sekitar 90 ribu rupiah, lalu untuk anak-anak dibawah 16 tahun sekitar 4 poundsterling atau setara dengan 60 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut pengunjung sudah bisa berkeliling di rumah sewa itu dan dipandu oleh pemandu yang berperan sebagai Nyonya Hudson.

Museum tersebut terdiri dari empat lantai. Lantai pertama adalah kamar pribadi dan ruang tamu Mr. Holmes. Di ruangan inilah Mr. Holmes menerima tamu, mendengarkan cerita mereka dan memecahkan kasusnya. Lantai kedua adalah kamar Dr. Waston dan Nyonya Hudson, sang pemilik kamar sewa. Lalu di lantai ketiga inilah yang paling unik, di sini berisi beberapa patung lilin berbentuk tokoh-tokoh dalam cerita Sherlock Holmes. Dan lantai keempat berisi koper-koper.

Advertisement

Museum tersebut ditata sedemikian rupa agar mirip dengan kamar sewa yang disewa Mr. Holmes sehingga jika Anda berkunjung kesini seakan-akan Anda akan berada dalam cerita detektif terkenal itu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya