Momen puasa di tanah rantau emang selalu menjadi cerita tersendiri bagi setiap orang. Mulai dari jauh dari rumah yang artinya jauh dari masakan Ibu sampai kegiatan berburu takjil di masjid-masjid andalan. Nah, biasanya kalo di rumah bisa bikin makanan dan minuman takjil untuk buka puasa yang butuh peralatan memasak yang banyak, kan?

Tapi berhubung puasa tahun ini nggak di rumah, alias di kost-an doang, jadi bikinnya yang simple aja, deh. Nah, berikut ini ada beberapa resep menu buka puasa ala webtoon Lazy Cooking yang bisa banget kamu praktikkan di kost-an karena bikinnya nggak ribet. Emang nggak seperti buatan Ibu, sih. Tapi setidaknya buka puasamu tetap segar dan nggak ngenes-ngenes amat. Hahaha.

1. Agar-agar Yoghurt

Kamu cukup menyiapkan yoghurt 250ml, bubuk agar-agar 1 sendok teh, dan jelly untuk membuat makanan ini. Simple banget, kan, guys! Lalu cara buatnya adalah sebagai berikut.


  1. Tuangkan air ke dalam bubuk agar-agar. Aduk rata lalu diamkan selama 5 menit.

  2. Tuangkan yoghurt ke dalam mangkok khusus microwave, lalu tuangkan larutan agar-agar. Aduk merata kemudian masukkan ke dalam microwave 800 watt selama 2 menit. Ulangi beberapa kali hingga agar-agarnya terlarut sempurna. (Alternatif lain adalah dengan langsung merebus campuran agar-agar, air, dan yoghurt dalam panci).

  3. Potong jelly-nya dan masukkan ke dalam gelas.

  4. Tuangkan yoghurt ke dalam gelas yang telah berisi jelly. Jika ada busa, buang dengan sendok kemudian diamkan hingga agar-agar mengeras. Bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas.

Advertisement

Agar-agar yoghurt-mu siap disajikan!

2. Strawberry Milk

Mantul! Mantap betul~

Mantul! Mantap betul~ via http://webtoons.com

Seperti namanya, bahan-bahan yang kamu perlukan adalah untuk membuatnya adalah stroberi, susu, dan gula pasir. Cara buatnya juga gampang banget, lho, guys! Simak langkah-langkah berikut, ya!


  1. Siapkan lima buah stroberi untuk dijadikan selai. Potong stroberi tersebut dengan ukuran besar. Lalu tiga buah stroberi dipotong dadu (lebih kecil).

  2. Masukkan gula pasir sebanyak 1,5 sendok makan ke dalam stroberi yang potongannya besar. (Gulanya sesuai selera kamu aja).

  3. Dengan menggunakan garpu, lumat stroberi hingga hancur dan berbentuk selai. Masukkan ke dalam microwave selama 20 menit. (Bisa juga tidak di microwave).

  4. Dinginkan selai stroberi lalu masukkan ke dalam gelas.

  5. Masukkan stroberi yang tadi dipotong dadu ke dalam gelas yang telash berisi selai stroberi.

  6. Tuangkan susu cair. Kamu juga bisa menambahkan es batu sesuai seleramu.

Advertisement

Walla, strawberry milk-mu siap dinikmati!

3. Es Pisang Cokelat

Nyam nyam

Nyam nyam via http://webtoons.com

Kamu cuma perlu tiga bahan utama untuk bikin makanan ini, yaitu pisang, kacang almond, cokelat. Lalu cara untuk membuatnya adalah seperti berikut ini, guys!


  1. Potong pisang menjadi dua bagian, lalu tusuk dengan tusuk sate dan masukkan ke dalam freezer selama 30 menit (bisa juga tidak dimasukkan ke dalam freezer).

  2. Lelehkan cokelat kemudian aduk hingga benar-benar meleleh.

  3. Celupkan pisang ke dalam lelehan cokelat.

  4. Taburi dengan kacang almon

  5. Kemudian masukkan kembali ke dalam freezer hingga lapisan cokelatnya mengeras.

Tada! Es piscok siap dinikmati!

4. Ice Cream Banana Crunch

Kalau kamu udah bosan dengan cara makan cookies yang gitu-gitu aja, kamu bisa bereksperimen dengan cookies yang ada di kost-anmu lho, guys! Salah satunya adalah dengan dibikin ice cream banana crunch. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan adalah butter cookie, es krim favoritmu, pisang, gula merah (opsional, sih. Nggak pakai juga nggak apa-apa), dan mentega.

Cara membuatnya gampang banget. Ikuti langkah-langkah di bawah ini, ya!


  1. Hancurkan butter cookie hingga jadi butiran kasar.

  2. Panaskan wajan di atas api sedang, oleskan mentega, lalu belah pisang menjadi dua, dan masukkan ke wajan. Taburkan gula merah, lalu angkat setelah pisang berubah menjadi kecokelatan.

  3. Susun pisang di atas remahan butter cookie.

  4. Tambahkan es krim favoritmu di atas pisang. Kamu bisa menyiramnya dengan madu atau dengan cokelat cair favoritmu.

Hidangan buka puasamu siap untuk dinikmati!

5. Fruit in Jelly

Bahan yang kamu perlukan antara lain semangka, apel, kiwi, anggur (kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan kesukaanmu atau yang ada aja di kost-anmu), serbuk jelly setengah sendok makan, air dua gelas, dan gula pasir sesuai seleramu. Nah, cara membuatnya adalah sebagai berikut.


  1. Potong buah-buahan menjadi ukuran kecil.

  2. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan sebuk jelly sedikit demi sedikit.

  3. Aduk serbuk jelly hingga terlarut sempurna.

  4. Masukkan gula pasir, lalu aduk hingga gula pasir terlarut semua.

  5. Masukkan buah-buahan ke dalam mangkuk lalu siram dengan air jelly sampai penuh. Diamkan hingga jelly mengeras atau bisa juga dimasukkan ke dalam kulkas.

6. Es Sirup Lemon

Segaaar!

Segaaar! via http://webtoons.com

Mau buka puasa pengin banget bikin yang seger-seger kan, guys?! Es teh seger, sih. Tapi kalo es teh terus bosen kan ya? Hihihi. Ya udah bikin something different, yuk! Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah tentu aja air perasan lemon, terus jelly, air soda, garam, dan sirup.

Cara membuatnya begini, nih, guys. Simak, yes!


  1. Campurkan sirup, air perasan lemon, dan garam lalu aduk hingga semuanya tercampur. Diamkan sebentar.

  2. Ambil gelas, dan masukkan jelly ke dalamnya. Bisa juga menggunakan selasih.

  3. Tuangkan air sirup ke dalam gelas yang telah berisi jelly.

  4. Tambahkan es batu.

  5. Tuangkan air soda dan minuman pelepas dahagamu setelah puasa seharian siap dinikmati!

7. Roti Es Susu Pink

Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah sirup warna merah, susu manis, susu cair tawar, roti tawar, kantung plastik ziplock, dan topping kesukaanmu. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.


  1. Buat susu pink dengan mencampurkan susu cair tawar, susu kental manis, dan sirup.

  2. Masukkan susu pink ke dalam plastik ziplock dan masukkan ke dalam freezer hingga mengeras. (Alternatifnya kamu bisa pakai susu stroberi yang langsung dibekukan supaya lebih praktis).

  3. Potong roti tawar menjadi bentuk kotak kecil lalu susun dalam mangkok.

  4. Keluarkan susu pink dari freezer lalu remukkan.

  5. Letakkan es susu pink di atas roti yang telah disusun dalam mangkok.

  6. Berikan topping sesuai seleramu.

Walla, esmu sudah jadi!

Selamat mencoba, guys!

Selamat berpuasa.

Marhaban Ya Ramadhan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya