Menunggu memang sesuatu yang membosankan. Semakin ditunggu semakin barasa lama. Tiap hari check email berharap ada panggilan kerja. Nihil. Kerjaan tak kunjung datang. Sudah beberapa bulan sejak wisuda dan masih menganggur. 

Yups, itulah suka dukanya menjadi Jobseeker. Menjadi jobseeker memang sebuah pilihan. Bekerja sesuai passion seolah menjadi impian semua orang.  Tak jarang, ada pula yang memilih bekerja tidak sesuai passion. Toh, kalau sudah terbiasa juga passion will follow you. Ada juga yang ingin bekerja sesuai dengan ijazah. Walau kenyataan sebagian besar para fresh graduate,  bekerja tidak sesuai dengan apa yang mereka pelajari selama di bangku kuliah atau sekolah. Kalu sudah begini saatnya para jobseeker keluar dari zona nyamannya.

Sembari menunggu panggilan kerja, lakukan hal-hal berikut supaya hidup gak membosankan. So,  inilah 6 hal yan bisa kamu lakukan sembari menunggu panggilan kerja.

1. English is a must

able to english via http://groupon.co.uk

Tidak dipungkiri lagi bahasa Inggris memang penting. Mampu berbahasa Inggris tentunya manjadi nilai plus untuk pelamar kerja. Selama masa penantian panggilan kerja adalah waktu tepat untuk belajar bhasa Inggris. Ingat, tidak ada kata terlambat untuk belajar. Agar belajar terasa fun, kamu yang punya hobi nonton film sesekali pakailah subtitle Inggris. Membaca novel atau komik bahasa Inggris juga bisa dijadikan sarana untuk belajar. Dan yang paling asyik adalah mendengarkan lagu bahasa Inggris sembari menyimak lirik dan terjemahannya.

2. Try the other skill

public speaking via http://huffingtonpost.com

Cobalah tantang dirimu untuk skill yang belum kamu punya. Bisa sesuatu yang sekiranya kamu ingin lakukan namun terhambat dengan “aduh, bisa gak ya?” Gak perlu muluk-muluk, cukup sesuatu yag bisa kamu latih di rumah. Misalnya, public speaking. Melatih diri untuk berbicara di depan umum bukanlah hal mudah. Berlatih berbicara sendiri depan cermin bisa jadi cara ampuh. Terobsesi jadi reporter tapi kurang yakin dengan penampilan yang belum camera look? Bicaralah depan kamera ponsel layaknya seorang reporter bertugas. Dan masih banyak lagi yang bisa di coba.

3. Do your hobby or passion

Advertisement

hobi menulis via http://icsc.org

Melakukan kegiatan sesuai hobi atau passion itu sangat sangat mengsyikkan. Kamu yang suka menggambar siapa tahu malah menemukan ide untuk berwira usaha dengan gambar hasil karyamu. Sekarang, media untuk menggambar itu banyak. Bisa di sepatu, baju, tas, dan lain-lain. Untuk yang suka menulis, jangan ragu untuk kirimkan tulisanmu di media masa atau bisa juga join di hipwee community. Ayo, punya ide jangan dipendam!

4. Help your parents

happy cooking via http://torontosun.com

Selama kuliah, apalagi di tingkat akhir sibuk-sibuknya skripsi. Membantu orang tua di rumah menjadi jarang dilakukan. Apalagi untuk mahasiswa rantau yang jauh dari rumah dan keluarga. Nah, begitu kamu sudah jadi sarjana dan pulang ke kampung halaman, sekarang saatnya untuk membantu orang tua. Belajar memasak, biar jadi menantu idaman kelak. Nyapu , ngepel, dan lain-lain.

5. Hang out

kumpul teman via http://tigerbeat.com

Yups, hang out. Menjalin siturahmi dengan teman-teman lama. Teman-teman sepermainan yang udah lama gak kumpul bareng. Pastinya banyak hal seru untuk diceritakan. Sekalian sharing hal-hal menarik apa aja yang sudah terjadi selama ini. Beruntung tiba-tiba temen kamu itu ada yang udah kerja dan nawarin kamu pekerjaan. What a lucky you are!

6. Pray

Apalah arti hidup ini kalau tidak dibarengi dengan doa. Semua usaha akan sia-sia jika tanpa doa. Sempatkan waktu sepertiga malam, waktu yang sangat mujarab untuk berdoa. Berdoa itu gratis. Jadi jangan sungkan untuk minta pada Allah apa saja yang kita inginkan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan di tengah kosongnya aktifitas menunggu panggilan kerja. Have nice try!