Jatuh cinta memberikan beragam warna dalam kehidupan. Beruntungnya lagi jika orang yang kamu cintai ternyata memiliki perasaan yang sama. Kebahagiaan yang dirasakan pun seakan tak ada henti-hentinya. Tetapi, tidak semua orang beruntung dalam mendapatkan cinta yang mereka dambakan. Tak sedikit orang yang harus merasakan sakitnya cinta yang ditolak. Lalu, bagaimana cara mengobati rasa sakit cinta bertepuk sebelah tangan ini? Dilansir dari laman psychologytoday, psikolog memberikan saran-saran seperti berikut.

1. Menerima rasa sakit hati

embrace your broken heart

embrace your broken heart via https://dreamstime.com

Sadar kalau hati kamu sakit. Jangan denial ya. Perasaan denial seperti "masak aku ditolak sih" justru akan memperburuk keadaan kesehatan mental kamu. Terima rasa sakit itu dan mulailah merawat dirimu sendiri. Kamu tidak perlu buru-buru untuk segera aktif dan menjadi produktif seperti biasanya. Pelan-pelan saja.

2. Tenang saja, kamu nggak sendirian kok!

you are not alone

you are not alone via https://wallpaperup.com

Advertisement

Menurut data dari Roy Baumeister, seorang psikolog sosial, hampir 98% orang-orang di dunia pernah merasakan cintanya ditolak. Bahkan pada orang-orang yang cantik ataupun ganteng sekalipun. Mungkin memang belum saatnya untuk kamu menjalin hubungan. Jadi, jangan terlalu buru-buru ya.

3. Tanya pada dirimu sendiri, Apakah aku lebih baik untuk tidak jatuh cinta saja?

should I let it go?

should I let it go? via https://thewowstyle.com

Mungkin saat cinta kamu ditolak kamu akan berkata, "Mendingan aku nggak jatuh cinta sekalian kalo tahu sakitnya cinta bertepuk sebelah tangan." Eits, jangan begitu. Jatuh cinta itu salah satu perasaan yang membuat kita merasa 'hidup'. Seperti halnya saat makan, kita pasti akan mendapatkan makanan yang enak dan tidak enak. Jatuh cinta pun juga seperti itu.

4. Yang menolak perasaan cinta kamu juga ikut merasa bersalah

danbo feels guilty

danbo feels guilty via https://digaleri.com

Dalam sebuah studi yang menyangkut 200 kasus cinta bertepuk sebelah tangan dilakukan oleh Baumeister, orang-orang yang menolak perasaan cinta orang lain juga ikutan merasa bersalah. Rasa bersalah mereka karena merasa telah menyakiti perasaan orang lain walau pun sebenarnya apa yang mereka lakukan itu untuk kebaikan masing-masing individu.

5. Berhenti melakukan justifikasi bahwa cinta kamu seharusnya bisa diterima

Advertisement

Justifikasi menurut para ahli adalah pembenaran yang membuat tindakan sesuatu menjadi wajar atau benar. Memang sih susah untuk menerima perasaan bahwa cinta kamu ditolak, tapi hal itu tidak boleh membuat kamu untuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang berasal dari ego kamu. Kamu tidak mau kan terus-menerus mengejar cinta yang jelas-jelas bukan untuk kamu. Kamu bakalan tidak menyangka bahwa mungkin ada seseorang yang diam-diam berharap agar bisa bersamamu đŸ™‚

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya