5 Cara Paling Realistis Kalahkan Rasa Malas. Mau Sampai Kapan Malasmu Menang Melulu?

kalahkan rasa malas

Kalau membahas tentang rasa malas atau biasanya kita sebut dengan 'mager' alias malas gerak emang susah banget ya. Hal ini dikarenakan rasa malas merupakan sifat asli manusia yang terkadang muncul secara alamiah dan dialami oleh hampir setiap manusia. Namun, bukan berarti rasa malas itu harus selalu dituruti. Jika terus-menerus dituruti, maka kemalasan tersebut akan menjadi bagian dari diri kita.

Meskipun terkesan sepele, tapi rasa malas dapat menghambat aktivitas yang kita lakukan dan membuat kita justru terbiasa dengan sifat kemalasan ini. Jika kita tidak berusaha untuk melawannya, maka rasa malas ini memang sulit dihilangkan bila tidak dengan kemauan yang kuat dari dalam diri. Pada umumnya, kategori orang malas itu adalah dengan sengaja tidak melakukan kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya motivasi, masih memiliki waktu luang yang panjang, atau aktivitas tersebut memang membosankan.

Nah, setelah kita mengetahui hal-hal yang menyebabkan rasa malas itu muncul, berikut beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas tersebut.

Advertisement

1. Usahakan untuk tidak menunda-nunda

Menunda Pekerjaan | Photo by Human Resources Director

Menunda Pekerjaan | Photo by Human Resources Director via http://hcamag.com

Cobalah untuk tidak menunda suatu hal walaupun hanya hal sepele. Cobalah untuk melakukan tugas yang diberikan langsung pada saat itu juga. Menunda hanya akan membuat beban kamu lebih berat. Usahakan berusaha untuk segera melakukan tugas ataupun hal yang kecil atau sepele sekalipun.

Jika kamu sudah terbiasa mengerjakan suatu hal secara langsung atau tidak menundanya, maka kamu dapat terhindar dari rasa malas. Ini juga akan membantu kamu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dibandingkan ketika kamu mengerjakannya ditunda-tunda.

Advertisement

2. Paksa dirimu untuk selalu tepat waktu

On time | Photo by Science

On time | Photo by Science via http://sciencemag.org

Jika kamu sudah merencanakan akan mengerjakan sesuatu pada siang atau malam hari, maka lakukanlah pada saat itu juga yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Jangan memaklumi diri kamu atau memberi kesempatan pada diri kamu untuk memulai 30-45 setelah waktu yang kamu tentukan. Berusahalah lakukan pada saat itu juga dan jangan telat.

Berlatilah untuk menjaga komitmen diri melalui rencana dan jadwal yang kamu tetapkan serta mengatur waktu kamu dengan baik. Memaksa dirimu tepat waktu akan sangat berguna untuk masa depan kamu, seperti kerja bahkan sampai berkeluarga.

3. Buat jadwal khusus untuk bekerja, beristirahat, atau bersenang-senang

Advertisement
Planner | Photo by Key 7 Software

Planner | Photo by Key 7 Software via http://key7software.com

Setiap melakukan sesuatu pasti ada waktu dan batasnya. Jadi, merupakan hal yang wajar kalau kamu harus beristirahat dari pekerjaan. Namun, pastikan bahwa semua jadwal ada batas pengerjaannya. Ini membutuhkan komitmen dan ketegasan dari dalam diri sendiri. Contohnya, kamu bisa berkomitmen untuk bekerja selama 50 menit tiap jam, lalu beristirahat selama 10 menit.

Melakukan segala sesuatu pasti ada batasnya. Jangan terlalu lama beristirahat dan juga jangan terlalu lama bekerja. Harus ada keseimbangan dalam hidup, agar semua yang dilakukan bisa membuahkan hasil yang maksimal.

4. Tetapkan prioritas dan tentukan tujuan

Prioritas | Photo by Business Partner Alliance

Prioritas | Photo by Business Partner Alliance via http://businesspartneralliance.com

Biasanya kalau orang males atau menunda-nunda pekerjaan karena pekerjaannya sudah menumpuk dan bingung mau mulai dari mana. Maka dari itu, kamu perlu menetapkan prioritas kamu yang mana dulu yang harus diselesaikan.

Ingat juga bahwa pasti kamu memiliki tujuan yang harus dicapai. Jika kamu sudah tau prioritas dan tujuan kamu, kamu harus lawan rasa malas itu untuk mencapai apa yang kamu mau. Ubah pemikiran kamu kalau kamu malas-malasan terus, tujuanmu tidak akan tercapai. 

5. Biasakan dirimu

Goals | Photo by Lifehack

Goals | Photo by Lifehack via http://lifehack.org

Sesuatu yang baru atau asing dan belum terbiasa memang akan terasa berat diawal. Namun, dengan mencoba untuk membiasakan diri, tanpa sadar kamu akan terbiasa dan mengalir begitu saja. Bertahanlah terus melakukannya selama paling tidak 22 hari, maka kamu akan menjadi jauh lebih rajin tanpa disadari.

Tidak ada satu orang pun dilahirkan sebagai pemalas. Semua bisa karena terbiasa. Sebaliknya, jika kamu terlalu memanjakan diri sendiri untuk bermalas malasan, maka kamu akan tergerus dengan dunia luar. Jadi, coba mulai terapkan 5 cara di atas untuk menghilangkan rasa malasmu. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE