Indonesia sudah merdeka, tapi rasanya hidup masih susah saja. Mau makan di restoran mewah, jalan-jalan ke tempat yang jauh, shoping barang-barang yang bermerk, rasanya tidak tega dengan isi dompet yang ada. Pekerjaan juga biasa. Jauh dari kata gaji yang sempurna.

Eitss… Tunggu dulu! Meskipun itu semua belum kita rasakan, tapi ada banyak hal yang tidak bisa didapatkan mereka seperti apa yang kita rasakan sekarang lho! Terlebih kalian yang bekerja sesuai passion, yang kebanyakan orang beranggapan jurusan kalian salah, karena tidak menjamin masa depan. Saatnya kita buktikan kepada mereka kalau anggapan mereka tidak sepenuhnya benar.

1. Kerja bisa santai sambil ngopi, tanpa perlu takut dikejar deadline setiap hari.

kerja santai

kerja santai via https://www.pexels.com

Buat kalian yang merasa pekerjaan kok seperti ini yah, tidak seperti teman-temanku? Coba kalian mulai renungkan. Bersyukurlah jika saat ini kalian bisa bekerja tanpa harus takut dikejar deadline, bisa sambil ngopi, bisa sambil santai setiap hari. Meski sesantai apapun itu jangan lupa akan tanggung jawab juga sih!

2. Kita bisa merangkai mimpi yang akan dan sempat tertunda dijauh hari

Merangkai mimpi yang lain

Merangkai mimpi yang lain via https://www.pexels.com

Advertisement

Bersyukurlah kalian yang bisa bekerja sesuai passion kalian. Karena selain pekerjaan saat ini, kalian bisa sembari merangkai impian yang lain. Yang sempat tertunda atau yang akan datang.

Selain sedikit bisa mengurangi kepenatan dalam bekerja, juga menambah semangat menunjang pekerjaan. Karena otomatis kalian punya planning ke depan untuk masa depan kalian.

3. Bekerja sambil mengembangkan hobi? Kenapa Tidak!

Bisa mengembangkan hobi

Bisa mengembangkan hobi via https://www.pexels.com

Bisa bekerja sambil ngembangin hobi? Tidak semua orang bisa seperti kalian lho! Seperti saya sendiri. Paling semangat sekali di saat ada ide mau menulis di Hipwee misalnya. Tidak sabar menunggu waktu esok hari untuk menuangkan isi dalam pikiran.

Advertisement

Selain menulis, hal lain yang jadi hobi saya adalah melukis juga bermain musik. Semuanya ada di tempat kerja saya. Jadi tidak ada alasan untuk malas bekerja. Meskipun terkadang rasa lelah ya pasti ada dalam bekerja. Tapi itu semua bisa jadi kekuatan saya.

4. Di samping pekerjaan utama, menggeluti usaha sampingan adalah sisi kreatif kalian.

usaha sampingan

usaha sampingan via https://www.pexels.com

Punya hobi membuat prakarya, bikin gambar animasi, tulisan indah atau hobi yang lain? Daripada bosan melakukan aktivitas pekerjaan yang sama setiap hari, hobi itu bisa jadi usaha sampingan juga lho! Saya di tempat kerja sudah beberapa kali ini mendapatkan pesanan melukis sketsa wajah dan juga membuat prakarya dari kardus bekas.

Dan dari itu semua salah satunya bisa untuk membeli kuota internet juga. Jadi bisa berhemat juga kan? Gimana? Tertarik mencoba? Jadi sehari bekerja takkan terasa waktunya.

5. Bukan bermaksud menolak tawaran kerja dengan gaji yang lebih tinggi, karena bagimu materi adalah hal kesekian.

Sebenarnya bisa dapatkan pekerjaan lain

Sebenarnya bisa dapatkan pekerjaan lain via https://www.pexels.com

Bukan bermaksud menolak dan memang bukan sekali ini saja ada tawaran pekerjaan dengan gaji yang lumayan banyak juga. Bukan pula karena tidak mau keluar dari zona nyaman. Tapi materi bukanlah satu-satunya hal yang utama. Lebih dari itu kemerdekaan bekerja di mana saja adalah pilihan kita.

6. Karena sejatinya jurusan apapun itu tinggal bagaimana kita melewati proses yang ada

Jalani pilihan

Jalani pilihan via https://www.pexels.com

Sering dianggap tidak punya masa depan karena jurusan atau pekerjaan kita jauh dari kata pendapatan yang banyak. Tidak dipungkiri sih apapun yang ada dibumi ini semuanya juga butuh uang untuk memenuhinya. Tapi setidaknya jangan menyampuradukan dengan jurusan.

Lagian ini juga sebagian proses yang harus dilewati. Siapa tahu justru bisa membangun bisnis sendiri dan menciptakan pekerjaan untuk orang lain. Mulia sekali bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya