Pernah engga sih kamu ngeluh sama pekerjaan? Ngeluh sekali dua kalih sih wajar, tapi kalau sampai tiap hari kamu ngeluh, kayaknya ada yang salah dengan diri kamu. Setiap hari kamu mengumpat dalam hati, tak jarang mood kamu yang berantakan membuat hubungan kamu di kantor menjadi tidak harmonis.

Nah, kebayang engga sih sikap kamu yang terus-terusan mengeluh ternyata membuat hal yang buruk. Lima hal di bawah ini bakal membuat kamu sadar bahwa terus-menerus mengeluh itu tidak baik bagi kehidupanmu.

1. Bersyukur Karena Kamu Tidak Harus Mencari Kerja

Student spat whilst looking work birmingham streets

Student spat whilst looking work birmingham streets via https://thetab.com

Apakah kamu pernah membayangkan ketika di senin pagi kamu harus bangun dan segera pergi ke job fair? Belum mendapat kesempatan untuk memberikan CV kepada perusahaan peserta job fair, kamu harus mengantri terlebih dahulu. Dan antriannya tentu sangat panjang, kamu tidak bisa asal masuk loh karena peserta job fair tidak hanya kamu sendiri.

Hari ini, ketika kamu sudah memiliki pekerjaan sudah sepatutnya kamu bersyukur dengan pekerjaan yang kamu miliki. Pasalnya, masih banyak diluar sana yang harus mengantri hanya untuk masuk ke arena job fair. Ingat yah, ini baru mengantri dan tidak pernah ada jaminan untuk diterima. Nah, hal ini harusnya bisa jadi alasan kamu untuk berhenti mengeluh soal kerjaan loh!

2. Tidak Semua Orang Memiliki Kesempatan Seperti Kamu

10 ways to get and stay happy at work

10 ways to get and stay happy at work via https://www.success.com

Advertisement

Apakah kamu pernah memperhatikan orang-orang yang bekerja menggunakan 100 % tenaganya? Bekerja dari pagi sampai malam hari menjadi kuli dijalanan? Atau, menjadi pemulung hanya untuk mencari sesuap nasi? Atau juga, orang-orang yang harus masuk ke gorong-gorong untuk memperbaiki saluran air dimana dalam bekerja orang tersebut memiliki resiko yang sangat tinggi?

Guys, tidak semua orang memiliki kesempatan seperti kamu. Ketika hari ini kamu sudah duduk manis dimeja kantor dengan ruangan yang ber AC, masih banyak diluar sana yang harus panas-panasan dalam bekerja. Tidak ada ruangan ber AC yang ada panas terik yang dirasa. Tidak ada jamuan makan ketika pagi hari, yang ada mereka harus mencari makan sendiri.

3. Tantangan yang Ada Akan Membuat Kamu Berkembang

Employee Relations

Employee Relations via https://www.shrm.org

Tidak jarang banyak orang-orang mengeluh karena pekerjaannya terlalu berat. Misalnya, ketika si bos memberikan pekerjaan yang sangat banyak. Kamu terus menerus mengeluh karena pekerjaan itu adalah pekerjaan baru dan kamu belum pernah memegangnya sama sekali.

Advertisement

Guys, jika kamu mendapatkan pekerjaan yang baru tentunya hal ini adalah tantangan bagi kamu. Jadikan tantangan sebagai kesempatan bagi kamu untuk berkembang. Tentunya, bos kamu pun memberikan pekerjaan atau tantangan tersebut karena merasa kamu akan mampu untuk melakukannya. Jadi, jangan sia-siakan kepercayaan bos kamu ya!

4. Keseringan Mengeluh Lama-Lama Akan Menjadi ‘Penyakit’

Kebiasaan yang Harus Dihilangkan Agar Kamu Sukses

Kebiasaan yang Harus Dihilangkan Agar Kamu Sukses via https://www.yukepo.com

Maksud dari penyakit disini bukanlah menyakit secara fisik tetapi penyakit dalam pikiran kamu yang tentunya akan berpengaruh terhadap kesehatan akalmu. Bayangkan saja, yang ada di dalam pikiran kamu hanyalah hal-hal negatif yang bisa jadi akan menstimulasi diri kamu untuk melakukan hal-hal buruk di kantor. Nah, rugi banget kan kalau misalnya gara-gara kamu keseringan mengeluh hubungan kamu di kantor menjadi tidak baik, sehingga kamu tidak maksimal dalam mengerjakan pekerjaan akhirnya kamu harus menerima nilai kamu tidak sempurna.

5. Ingat, Kamu Adalah Harapan Kedua Orangtuamu

Guys, hal kelima kenapa kamu harus berhenti mengeluh adalah karena kamu adalah harapan kedua orangtuamu. Kedua orangtuamu banting tulang menyekolahkan dan menguliahkanmu tiada lain agar kamu mendapatkan pekerjaan layak. Pekerjaan yang membuatmu dan keluarga menjadi lebih baik dari segi taraf kehidupan.

Jika kamu merasa sudah terlalu banyak mengeluh, ingat bahwa kedua orangtuamu yang ada di rumah tengah menunggu kesuksesanmu. Kesuksesan yang mereka harapkan salah satunya adalah kamu mendapatkan pekerjaan yang layak.

Guys, terlalu banyak mengeluh hanya akan menstimulasi otak kamu untuk tidak mensyukuri apa yang telah kamu dapatkan hari ini. Padahal, tidak semua orang memiliki kesempatan seperti kamu loh. Jika kamu mengeluh karena pekerjaan kamu sangat berat, anggaplah hal itu menjadi tantangan agar kemampuan kamu semakin berkembang.

Berhentilah mengeluh mulai dari sekarang agar kehidupanmu benar-benar merdeka seutuhnya dan tidak dirusak oleh sikap kamu yang seolah-olah tidak mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan. Yuk merdekakan dirimu dengan menerima apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. Mensyukuri setiap kesempatan karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama dengan kita.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya