Jangan Baca Sendirian

Setiap kali mendengar kata Inggris, yang terbersit di kepala kita pasti berupa tempat-tempat bernilai estetik tinggi, barang-barang kuno, dan orang-orang berkulit putih dengan aksen bahasa Inggris British yang kental. Tapi, pernahkah terlintas di benak kita tentang sesuatu yang supernatural dan mistis? Tidak bisa dipungkiri, di setiap tempat pasti ada saja nilai mistis yang tertanam di sana, termasuk di Inggris.

1. Pluckley Village

Yang pertama adalah Pluckley Village. Desa ini ditetapkan oleh Guinness Book of World Record pada tahun 1989 sebagai desa terseram di Inggris. Pasalnya, ada 12-16 penampakan berbeda terlihat di desa itu. Contohnya, hantu seorang guru pria yang ditemukan gantung diri oleh beberapa anak, hantu seorang wanita yang semasa hidupnya sering merokok dan duduk di tepi jembatan, dan hantu seorang lelaki yang suka berteriak.

Jika ada laporan penampakan begitu, itu berarti, hantu-hantu itu bisa terlihat oleh mata telanjang! Berani datang?

2. Cannock Chase, West Midlands

Cannock Chase

Cannock Chase via https://www.mirror.co.uk

Advertisement

Cannock Chase merupakan satu dari sekian daerah dengan aktivitas paranormal yang intens di Inggris. Daerah ini terkenal dengan penampakan manusia serigala atau werewolf. Banyak yang mengatakan, makhluk itu berkeliaran berburu mangsa di pinggiran Kota Stafford. Banyak pengunjung juga melaporkan bahwa mereka melihat manusia serigala itu berjalan menggunakan kaki belakangnya di sekitar sana.

3. Pendle Hill, Lancashire

Pendle Hill,

Pendle Hill, via https://www.mirror.co.uk

Sejak abad ke-17, Pendle Hill merupakan tempat tinggal bagi banyak penyihir, tepatnya 12 orang penyihir. Suatu ketika, terjadi pembunuhan terhadap kurang lebih sepuluh orang. Kedua belas penyihir tersebut dicurigai sebagai pelakunya.

Setelah diadili di Lancashire Witch Trials (Pengadilan Penyihir Lancashire), sepuluh dari dua belas orang penyihir itu terbukti bersalah. Mereka pun dieksekusi mati dengan cara digantung. Arwah dari kesepuluh penyihir itu diduga masih bergentayangan sampai detik ini.

4. Highgate Cemetery, London

Pemakaman Highgate

Pemakaman Highgate via https://www.tripadvisor.co.id

Advertisement

Pada Februari 1970, seorang pria mengaku melihat penampakan vampir di kompleks pemakaman ini. "Bayangan abu-abu," tutur pria yang melihat penampakan itu sekilas. Tidak sampai di sana, kemistisan di tempat ini juga ditunjang oleh penampakan-penampakan lain yang juga terlihat oleh mata telanjang.

Ambil contoh, penampakan hantu seorang pria tinggi bertopi, hantu wanita berpakaian putih, sesosok bayangan yang terendam ke dalam kolam, dan sebuah wajah yang menatap geram dari balik pagar pemakaman. Tidak hanya gangguan visual, banyak juga suara-suara asing yang menambah kesan mistis di sana, seperti suara bel yang berdering dan suara-suara lain yang memanggil pengunjung.

Omong-omong, budaya orang Inggris yang memercayai vampir bikin penasaran, juga, ya?

5. Barmston Drain, Hull

Warga sekitar Barmston mengaku, mereka pernah melihat makhluk yang berwujud setengah manusia-setengah anjing sedang mengintai di tepi Kota Barmston. Mungkin sulit dipercaya, namun laporan tentang penampakan makhluk itu tidak hanya sampai di sana. Ada juga laporan yang mengatakan, sesosok makhluk tinggi dan berbulu tengah menyerang seekor anjing gembala Jerman.

Laporan kesaksian lain juga menunjang kebenaran eksistensi makhluk aneh ini. Kali ini berasal dari seorang wanita yang tengah bersama dua orang temannya. Wanita itu mengaku melihat makhluk tersebut berjalan ke arah dia dan teman-temannya dengan dua kaki.

6. Berry Pomeroy Castle

Benteng Berry Pomeroy

Benteng Berry Pomeroy via https://www.atlasobscura.com

Kejadian horor di Benteng Berry Pomeroy bermula saat seorang gadis bernama Eleanor Pomeroy merasa dengki akan adiknya yang terlihat lebih muda dan cantik. Karena iri hatinya itu, Eleanor tega membuat adiknya, Margaret Pomeroy, mati kelaparan dengan menguncinya di ruang bawah tanah selama hampir sepuluh tahun.

Sejak kematiannya, arwah Margaret Pomeroy selalu berkeliaran di ruang bawah tanah. Pengunjung menyebut arwah Margaret sebagai The White Lady atau Si Wanita Putih. Pasalnya, menurut laporan mereka, hantu Margaret benar-benar putih dengan rambut panjang terurai. Si Wanita Putih sering terlihat berjalan di koridor bawah tanah dan menghilang tidak lama kemudian. Orang yang bertemu dengan Si Wanita Putih mengaku acap kali mengatasi emosi negatif, seperti depresi dan ketakutan.

Selain Si Wanita Putih, ada juga Si Wanita Biru atau The Blue Lady. Hantu wanita yang satu ini selalu menggoda pengunjung untuk mendatangi tempat-tempat yang membingungkan. Katanya, di tempat-tempat yang membingungkan itu, jalan pulang sulit ditemukan. Lebih baik tidak usah mengikuti godaannya Si Wanita Biru, ya.

7. Woodchester Mansion, Gloucestershire

Tampak luar

Tampak luar via https://www.artuk.org

Jangan tertipu oleh tampak luar gedung ini. Dari luar mungkin terlihat adem ayem, tapi semua anggapan itu akan menguap ketika kita menginjakkan kaki ke dalam gedung ini. Di dalamnya, di beberapa ruangan, banyak ubin yang hilang. Kekacauan tidak berhenti sampai di sana. Banyak pengunjung yang datang mengaku diserang hantu, beberapa dari mereka bahkan sampai jatuh pingsan.

Keseraman ditambah dengan kesaksian seorang wanita yang mengaku melihat sebuah kepala melayang-layang di udara ketika dia ke kamar kecil. Ada lagi penampakan kasat mata lain, seperti hantu seorang wanita dan anak kecil perempuan yang berkeliaran di sana.

8. Borley Rectory, Essex

Borley Rectory

Borley Rectory via https://id.pinterest.com

Biara ini dibangun pada tahun 1863. Menurut legenda, awal dari segala kisah seram di biara ini adalah hubungan terlarang antara seorang calon pendeta dengan seorang biarawati. Tidak bertahan lama, hubungan ini pun terungkap. Sang pendeta dieksekusi mati, sedangkan sang biarawati dihukum dengan cara dikubur hidup-hidup di tembok bangunan tersebut. Mulai saat itu, banyak keluarga yang pernah tinggal di sana mengaku merasakan adanya aktivitas makhluk lain yang tinggal bersama mereka.

Penampakan yang pernah terlihat yaitu hantu seorang biarawati yang berjarak empat puluh yard dari biara ini, penampakan hantu biarawati yang terlihat gentayangan oleh anak-anak dari salah satu keluarga yang pernah mendiami tempat horor ini, dan penampakan kereta kuda siluman yang dikemudikan oleh dua penunggang kuda tak berkepala.

Walau terbakar dan menjadi rata dengan tanah pada tahun 1939, masih banyak penampakan lain terlihat di tanah bekas biara ini berdiri. Karena intensnya aktivitas paranormal di tempat ini, biara ini dinobatkan sebagai rumah paling berhantu di Inggris.

9. Glamis Castle, Angus, Scotland

Kastil paling menyeramkan di Skotlandia

Kastil paling menyeramkan di Skotlandia via https://www.pinterest.co.uk

Glamis Castle yang terletak di Angus, Skotlandia ini dinobatkan sebagai kastil paling berhantu di Skotlandia. Penampakan yang paling terkenal di sini adalah The Grey Lady atau Si Wanita Abu-Abu. Rumornya, Si Wanita Abu-Abu ini merupakan arwah dari Lady Janet Douglas, seorang bangsawan yang dibakar hidup-hidup atas tuduhan perencanaan pembunuhan terhadap raja dengan cara meracuninya.

Mengenaskan sekali, ternyata itu merupakan tuduhan palsu. Fakta historis itu membuat banyak orang menduga, Si Wanita Abu-Abu ini tengah menuntut keadilan untuk hidupnya yang berakhir tragis. Sekadar saran, kalau berkunjung ke kastil ini, lebih baik jangan sampai malam menjelang. Karena, menurut laporan pengunjung, hantu tanpa lidah ini akan mulai berkeliaran melalui jendela berjeruji saat matahari terbenam.

Yang tidak kalah terkenal adalah ruangan rahasia. Ruangan itu dulunya digunakan Alexander Earl Crawford, bangsawan yang terkenal kejam, untuk berjudi bersama iblis dan setan. Pada malam hari, akan terdengar seruan dan makian hantu Earl dari dalam sana. Hantu Earl juga akan mendatangi kita dan mendekatkan wajahnya ke wajah kita jika kita tidur di kastil itu.

Berani berkunjung dan menginap?

10. The Ancient Ram Inn, Wotten Under Edge, Gloucestershire

Bangunan yang dibangun di atas tanah kuburan

Bangunan yang dibangun di atas tanah kuburan via http://www.dailymail.co.uk

Yang terakhir dan tidak kalah menyeramkan adalah The Ancient Ram Inn. Losmen ini dibangun pada tahun 1145. Entah apa yang membuatnya begitu menyeramkan, tapi pemilik kesekiannya menduga, penyebab segala penampakan hantu di sini adalah tanah kuburan yang dijadikan dasar bangunan losmen ini. Penampakan yang paling terkenal adalah hantu seorang penyihir yang tewas karena dibakar hidup-hidup di tiang. Orang-orang yang berkunjung mengatakan, mereka sering melihat sesosok bayangan yang buram di tangga. Diduga, bayangan itu adalah arwah dari penyihir tersebut.

Fakta yang paling menyeramkan adalah, keseraman itu tidak berhenti sampai di situ. Ada juga hantu lain yang menunggui losmen itu, seperti hantu wanita bernama Rose yang, semasa hidupnya, merupakan seorang pendeta. Pengunjung kerap melihat hantu wanita, yang dianggap merupakan arwah Rose, melayang-layang di koridor. Selain Rose, ada juga setan seks laki-laki yang bernama Incubus. Menurut pengakuan pengunjung, mereka acap kali merasa terdorong ke kasur oleh hantu yang diduga merupakan Incubus.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya