Akhir bulan Desember, moment pergantian tahun telah menjelang, penghujung kalender 2016 pun telah tiba pada waktunya, tak terasa memang waktu berganti semakin cepat. Di penghujung 2016 pasti banyak hal yang telah kamu rasakan, bisa terkait dengan keberhasilan pencapaianmu atau kesedihan saat mengingat kegagalan. Atau ada saat dimana kamu stagnan, dikatakan meningkat juga belum, gagal juga tidak. Kamu bisa mengingat perjalanan kehidupanmu selama 2016 walau tidak secara detail. Memori akan keberhasilan memang membuatmu bangga, namun memori saat stagnan alias belum berhasil dan tidak gagal dan memori saat kegagalan tak lepas dari rasa kecewa sekaligus sedih.

Alhamdulilah jika di penghujung 2016mu, kamu telah berhasil merealisasikan mimpi dan harapan 2016mu, berarti di tahun selanjutnya, kamu perlu mempertahankan, dan meningkatkan. Namun jika kenyataan berkata lain, di tahun 2016 kamu mengalami stagnan bahkan kemunduran, ya semoga di tahun 2017 harapan tidak terjawab seperti itu. Oleh karena itu, perlu adanya antisipasi di tahun 2017 supaya harapan dan impianmu tidak jatuh maka diperlukan evaluasidan targetan diri di tahun 2017. Hmm percuma dong, pemaknaan pergantian tahun hanya melewati malam tahun baru dengan hura-hura, foya-foya, tapi kamu belum bisa mengevaluasi tahun 2016-mu, dan bingung apa yang harus diraih di 2017. Percuma saja malamnya pesta pora,  tapi esoknya sudah harus menjalani hari sebagaimana mestinya. Bisa-bisa di penghujung 2016-mu berakhir dengan kata “sia-sia".

Udah ketebak, pasti kamu lagi mikir, “iya ada benernya juga sih.”  Nah kalau kamu nggak mau hal seperti itu terjadi, gak ada salahnya kamu menyimak tips evaluasi dan targetan diri. Bagi yang mengamalkannya penulis bilang hukumnya sunnah, bukan fardhu ain kok, bagi yang mengamalkannya silahkan, tidak juga monggo.

1. Pertama, lakukan evaluasi diri terkait apa saja hal yang sudah kamu capai di tahun 2016

rahasia sukses via https://www.maxmanroe.com

List beberapa hal yang sudah kamu raih di tahun 2016-mu, tulis apa saja keberhasilan mu di tahun 2016, entah itu terkait harapanmu atau hal terduga lain yang menjadi keberhasilanmu di tahun 2016 mulai dari hal yang kecil atau sepele hingga hal yang benar-benar besar yang seakan-akan kamu gak sanggup menghadapinya, namun secara gak terduga, kamu bisa menghadapinya bahkan kamu berhasil menghadapinya, lalu berpikirlah bagaimana perjuanganmu menghadapi maupun meraih itu, kira-kira hal inti apa yang kamu lakukan untuk meraih atau menghadapi hal tersebut. Catat perjuangan besar itu, sebagai patokan untuk mencapai keberhasilan di tahun 2017, pertahankan perjuangan besarmu itu hingga tahun yang akan datang .

2. Kedua, lakukan evaluasi diri terkait apa saja hal yang belum kamu capai di tahun 2016

quote failure via https://www.wisdomtimes.com

Hal kedua yang kamu lakukan adalah memaknai kebelum berhasilanmu itu, berada di posisi stagnan (belum berhasil atau tidak gagal) maupun gagal sekalipun, itu sepaket dengan kesuksesan. Gagal bukan berarti bodoh ya, cuman kurang hoki aja juga bisa. Jadi jangan selalu pesimis, menjudge dirimu “weak person.” But think, you’re fight person, ok? Ya setiap manusia memang punya keahlian maupun kekurangan, tapi yakin saja setiap kekurangan pasti bisa diperbaiki. Sakit saja, ada obatnya lho. Seperti halnya keberhasilan, kegagalanmu juga harus kamu catat faktor penyebabnya itu apa, bisa jadi karena hal sepele atau kebiasaan buruk yang kadang tidak kita sadari. Catat faktor kegagalan itu, nah faktor kegagalan itu lah yang mesti kamu perbaiki, sebagai patokan untuk mencapai keberhasilan di tahun 2017.

3. Optimis, Perbaiki dan Tingkatkan !

Advertisement

believe kompasiana via http://www.kompasiana.com

Ibarat pepatah jangan menyerah sebelum bertanding. Setelah bertandingpun kamu harus berjuang, berjuang untuk mempertahankan dan meningkatkan apa yang sudah menjadi hakmu. Yakin lah bahwa kamu bisa, berpikirlah jika orang lain saja bisa, kamu juga harus bisa. Memang setiap manusia memiliki kemampuan, namun apa salahnya untuk mencoba, setidaknya setelah mencoba kamu tak menjadi pengecut atas dirimu sendiri, So Believe with Your self !. lagi pula bukankah sebelumnya kamu telah mencatat inti kegagalanmu yang akan kamu perbaiki dan inti perjuangan besarmu yang akan kamu tingkatkan, dengan catatan itu kamu lebih mudah mengatur strategi untuk mencapai keberhasilan di tahun yang akan datang, tahun 2017 yang kamu impikan keberhasilannya.

4. Buat Draft List mimpi Kecil hingga terbesar, simpan catatan list mimpimu itu ditempat kamu selalu melihatnya.

Jika sebelumnya kamu telah mencatat inti kegagalanmu yang akan kamu perbaiki dan inti perjuangan besarmu yang akan kamu tingkatkan. Maka kali ini kamu akan membuat catatan yang sangat berpengaruh terhadapmu, Ya. Mimpi dan harapanmu. Penulis yakin di tahun mendatang banyak sekali hal yang ingin kamu wujudkan, entah itu terkait mimpi yang belum kamu capai di tahun sebelumnya, atau impian-impian baru. Supaya mimpi kamu tak hanya berakhir dengan angan-angan sia-sia, yang berujung membuat kecewa, meneteskan air mata. Maka cobalah untuk membuat catatan draft list mimpi yang ingin kamu wujudkan di tahun mendatang, ini bisa dimulai dari mimpi yang kecil, yang ingin kamu wujudkan di waktu terdekat, hingga mimpi besar dengan perjuangan ekstra. Seusai mencatat list mimpimu itu, simpanlah catatan itu ditempat kamu selalu atau sering melihatnya, ya ini supaya kamu tak lupa untuk mewujudkannya, misalnya di buku diary, note hp, atau boleh juga ditempel di tembok kamar. Saran saja, catatan mimpi bisa ditempel di tembok bagi yang punya kamar pribadi, untuk kamar kost, pikir-pikir dulu ya, kalau sekiranya bapak/ibu kosnya ga marah, temboknya kamu tempel-tempellin, baru kamu tempel. Ya kalau bapak/ibukosya ga boleh, gausah coba-coba dari pada kena semprotan pedes rawit.

5. Wujudkan Impian itu, buatlah langkah sekaligus penilain tolak ukur keberhasilan atas mimpimu.

Finish line via http://dunialari.com

Eits, jangan santai-santai, leha-leha, langkah membuat draft list catatan mimpi itu bukan langkah akhir guys. Mau makan mie instan yang katanya instan saja, tapi perlu proses supaya bisa dimakan langsung. Begitu pula dengan mewujudkan mimpi menjadi nyata, pastinya perlu langkah untuk mewujudkannya. Buatlah jabaran singkat langkah untuk meraih mimpi tersebut, catat pokok intinya saja, lalu untuk mengetahui mimpimu tercapai (ini jika sudah berada di 2017/ tahun barunya guys) kamu perlu melakukan penilaian atas keberhasilanmu, penilaian bisa dilakukan misalnya setelah sehari beraktivitas atau seminggu sekali atau minimal sebulan sekali. By the Way, dengan penilaian ini, bisa sebagai sarana mendisiplinkan dirimu guys.

6. Memperbaiki Diri tapi Tak Merubah jati Diri

love your shelf via https://en.wikipedia.org

Dalam menjalankan misi perjuangan atas mimpimu, kamu harus melakukan perbaikan dalam dirimu, perbaikan ke arah yang lebih baik tentunya. Nah tak jarang langkah perbaikan ini, membuat beberapa perubahan dalam dirimu, kadang kita tidak sadar. Ketika perubahan itu terjadi pada dirimu, usahakan perubahan yang kamu lakukan tidak merubah dirimu seutuhnya, jangan karena kamu ingin berhasil lantas kamu meniru orang lain yang kamu anggap pas, sesuai dan merubah jati dirimu. Meniru orang lain boleh saja, tapi bukan berarti mengimitasi hingga meniru semirip mungkin, ingin menjadi sepertinya karena seberapa keras kamu ingin menjadi dirinya, belum tentu bisa begitu pula dengan dirinya yang belum tentu bisa menjadi kamu, you cannot find perfect person, because just Allah is The Most perfect in the life. Bersyukurlah untuk menjadi dirimu sendiri, love with your self, lagi pula menjadi diri sendiri akan meminimalisir terhadap sikap munafik. Kamu juga bisa meminta penilaian atau pendapat orang lain mengenai perbaikan diri yang kamu lakukan, dengan begitu kamu akan tahu apakah perbaikan yang kamu lakukan sudah merubah seutuhnya dirimu atau belum.

7. Semangat Positif dan Berdoa

Terakhir yakni percaya dan selalu berpikiran positif, jangan penuhi pemikiranmu dengan perasaan takut, gelisah atau bimbang, karena perasaan itu akan mempengaruhi pikiran positifmu, dan menghambat keberhasilanmu di tahun 2017. Jangan lupa untuk senantiasa berdoa terhadap seluruh aktivitas yang kamu lakukan, baik sebelum maupun sesudah beraktivitas. Supaya aktivitasmu itu berkah dan berhasil guys.

Oke, itu tadi beberapa tips supaya di penghujung 2016mu ga sia-siaa, dan kamu siap menghadapi tahun 2017 dan mencapai mimpimu. Lets get your dream come true at 2017 year guys, At the last, happy new year guy.

selamat tahun baru menjadi pribadi yang lebih baik ya guys.