Travelling saat ini telah menjadi kegiatan yang di sering di lakukan, bahkan ada yang menjadikannya sebagai mata pencaharian. Berkelana begitu sebagian orang menyebutnya tujuannya tidak selalu sama, obyeknya tidak selalu sama dan pengalamannya pun pasti berbeda. Pengalaman yang mereka cari dan keanekaragaman yang akan selalu membuat rindu akan berkelana. 

Traveller memiliki gimmick atau isitilah yang berbeda dengan bahasa keseharian, istilah-istilah yang di ucapkan kadang tidak di pahami oleh orang yang jarang piknik. Mengenal isitlah-isitilah ini para traveler akan memahami dan memudahkan kalian saat travelling. Berikut ini isitlah-istilah yang biasa digunakan para traveler;

1. Share Cost

Share cost sesama pecinta travelling

Share cost sesama pecinta travelling via https://www.facebook.com

Istilah ini memiliki arti melakukan perjalanan dengan biaya yang ditanggung secara bersama, isitlah yang biasa kita kenal adalah "patungan" nominal nya di jumlah berapa besar total biaya yang harus dikeluarkan lalu dibagi dengan total peserta yang akan ikut dalam perjalanan tersebut.

Advertisement

Share cost ini biasanya dilakukan oleh traveler yang sudah biasa mengurus perjalanan secara mandiri, karena bersedia direpotkan untuk mencari penginapan, konsumsi dan transportasi saat di tujuan wisata untuk menghitung berapa budget yang perlu disiapkan.

2. Open trip

Open trip bertemu dengan travellers baru

Open trip bertemu dengan travellers baru via https://www.facebook.com

Berbeda dengan share cost, open trip adalah kegiatan berwisata yang semua nya sudah diurus oleh operator atau agen wisata. Traveler tidak perlu direpotkan untuk biaya selama di tujuan wisata, operator atau agen ini akan menyediakan seluruh kebutuhan traveller selama di tempat wisata. Operator atau agen wisata biasanya akan memberitahukan apa saja biaya yang sudah termasuk dalam open trip dan biaya di luar open trip.

Open trip biasanya dipilih oleh para traveler yang tidak ingin direpotkan untuk mencari dan menyusun rencana perjalanan karena kesibukan hariannya. Bisa juga menjadi pilihan bagi para traveler yang tidak memiliki barengan saat ingin ke tujuan tertentu.

3. Overland

Berkelana menggunakan kendaraan roda 4

Berkelana menggunakan kendaraan roda 4 via https://www.facebook.com

Advertisement

Kegiatan menjalani sebuah perjalanan menggunakan jalur darat, ada juga yang menyebutnya dengan road trip. Bagi bikers istilah ini juga di sebut Touring. Melakukan eksplorasi perjalanan dengan jalur darat menggunakan baik roda dua atau roda empat ataupun kendaraat besar (re: bus)

Bagi traveller yang memiliki hobi otomotif kegiatan overland ini dapat memenuhi kesenangannya dalam dunia otomotif dan travelling. walaupun bukan pecinta otomotif seringkali seorang traveler harus melakukan overland karena jarak antar objek wisata terbilang jauh dan harus di lalui melalui jalur darat.

4. Hopping island

Transportasi kapal menjadi pilihan utama

Transportasi kapal menjadi pilihan utama via https://www.facebook.com

Istilah ini sangat banyak di dengar jika traveler melakukan perjalanan ke pantai atau pulau. Hopping island adalah kegiatan mengunjungi pulau yang ada di sekitar pantai atau pulau tersebut, kegiatan ini biasanya menggunakan kapal yang di sewa untuk mengunjungi pulau-pulau yang berada di sekitarnya dan hanya bisa di jangkau oleh kapal. Biasanya hopping island ini juga membawa traveller untuk ber-snorkling dan menyelam.

5. Summit

Istilah ini digunakan oleh pendaki gunung, istilah yang memiliki arti naik ke puncak gunung ini merupakan isitlah yang digunakan pendaki saat sudah berada di pos terakhir dan akan mendaki menuju puncak.

6. One day trip

Kawasan wisata sekitar rumah bisa menjadi opsi one day trip

Kawasan wisata sekitar rumah bisa menjadi opsi one day trip via https://www.facebook.com

Jika di artikan ke bahasa Indonesia adalah perjalanan satu hari. Istilah ini memiliki arti perjalanan yang di selesaikan hanya dalam satu hari, ada juga yang menyebutnya PP alias pulang pergi. Perjalanan ini biasanya menuju ke destinasi wisata yang dekat dengan tempat tinggal atau traveller hanya memiliki satu hari untuk berwisata.

7. Weekend gateway

Geopark Ciletuh bisa menjadi opsi weekend gateway

Geopark Ciletuh bisa menjadi opsi weekend gateway via https://www.facebook.com

Tidak banyak orang yang menggunakan isitilah ini, definisi dari istilah ini adalah liburan hanya saat akhir pekan saja. Traveler akan berkelana hanya dalam 2 hari 1 malam berwisata menuju destinasi. Menghabiskan waktu untuk berwisata untuk menghabisakan akhir pekan.

8. Solo Trip

Belajar mandiri dengan berkelana seorang diri

Belajar mandiri dengan berkelana seorang diri via https://www.facebook.com

Kegiatan berkelana seorang diri, biasanya kegiatan ini dilakukan seseorang untuk mencari jati dirinya. Berkelana seorang diri biasa memiliki persiapan lebih karena akan melakukan nya seorang diri, ia harus mampu mengalahkan ego nya sendiri dalam berkelana dan menyiapkan mental diri untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi selama perjalanan.

Penggunaan istilah bagi para traveler lambat laun akan terus berkembang, ini adalah istilah paling umum yang sering digunakan saat ini. Memahaminya akan memudahkan para traveler selama di perjalanan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya