7 Ide Nama Bayi Perempuan yang Bermakna Bulan. Senantiasa Cantik Meski di Kegelapan

Nama bayi perempuan bermakna bulan

Sebelum membahas lebih lanjut, kamu tahu nggak,sih, selenophile itu apa? Selenophile adalah sebutan untuk orang-orang yang menyukai bulan. Kalau kamu suka bulan, berarti kamu salah satunya. 

Entah alasan apa yang membuatmu menyukai bulan, yang jelas benda langit itu pastinya mempunyai makna yang spesial buatmu. Bahkan, bisa jadi kamu berkeinginan untuk menamai anakmu nanti dengan sesuatu yang berhubungan dengan bulan.

Kalau iya, di sini ada beberapa nama lucu yang bisa kamu jadikan inspirasi. Salah satunya adalah Cindy yang berasal dari dari bahasa Yunani. Nah, ingin tahu yang lainnya? Yuk, cek di bawah ini!

Advertisement

1. Selena, disandang oleh seorang artis populer Selena Gomez

Inspirasi nama anak cewek yang pertama adalah Selena. Kamu mungkin sudah pernah mendengar nama ini, kan? Tentu saja karena nama tersebut disandang oleh seorang artis populer Selena Gomez.

Buat kamu yang belum tahu, panggilan ini ternyata berasal dari bahasa Yunani, lho. Kalau misalnya kurang terlalu suka dengan penulisannya, kamu juga bisa menggunakan varian lain dari nama tersebut, di antaranya adalah Celine, Selina, atau Celena. Tenang saja, meski tulisan beda tapi artinya tetap sama, kok.

Advertisement

2. Chynthia, merupakan nama lain dari Dewi Bulan

Chynthia

Chynthia via https://pixabay.com

Nggak hanya Selena, ada nama lain berarti bulan yang juga berasal dari bahasa Yunani, yaitu Chynthia. Nama cantik yang satu ini sebenarnya sudah cukup populer di Indonesia. Tapi, kamu juga tetap bisa memakainya untuk anakmu kelak, kok.

Menurut mitologi, panggilan tersebut merupakan nama lain dari Dewi Bulan, Artemis, yang lahir di Gunung Cynthus. Selain itu, ternyata nama ini juga pernah dijadikan julukan untuk Ratu Elizabeth I, lho. Wah~

3. Luna, berasal dari bahasa Latin

Nama Luna mungkin sudah nggak asing lagi di telingamu. Pasalnya, seorang artis asal Indonesia juga ada yang mempunyai nama tersebut, yaitu Luna Maya. Atau kalau kamu penggemar berat Harry Potter, pasti nggak asing dengan nama Luna Lovegood, si murid Hogwarts yang eksentrik.

Terlepas dari nama-nama artis tersebut, tentunya nama Luna yang berasal dari bahasa Latin ini tetap oke untuk dijadikan inspirasi. Kamu juga bisa menambahkannya dengan kata lain supaya membentuk rangkaian nama yang indah dan bermakna untuk buah hatimu kelak.

4. Chandra, berasal dari bahasa Sanskerta

Selanjutnya, inspirasi nama bayi perempuan yang berarti bulan adalah Chandra. Nama ini berasal berasal dari bahasa Sanskerta dan berasal dari kata चन्द yang dibaca “chand” yang berarti bersinar. Jadi, bisa dikatakan Chandra memiliki arti bulan yang bersinar.

Sebutan ini termasuk unisex, yang artinya bisa digunakan untuk perempuan maupun laki-laki. Bagaimana? Berminat memakainya sebagai nama untuk calon anak perempuanmu kelak?

5. Chandni, kamu bisa menuliskannya menjadi Chandani atau Chandeni

Selain Chandra, ada satu lagi nama unik berarti bulan yang berasal dari bahasa Sanskerta untuk menamai anak perempuanmu nanti, yaitu Chandni. Nama ini bisa kamu gunakan sebagai nama depan, tengah, atau akhiran.

Kalau berpikiran mungkin akan kesulitan untuk menyebutnya, tenang saja karena ada alternatif penulisan yang bisa kamu pakai. Contohnya saja kamu bisa menuliskannya menjadi Chandani atau Chandeni.

6. Mezzaluna, berasal dari bahasa Italia

Mezzaluna

Mezzaluna via https://pixabay.com

Di urutan kelima, ada Mezzaluna yang berasal dari bahasa Italia. Sebutan yang cantik ini mempunyai arti bulan sabit, lho. Pas banget, nih, buat kamu yang menyukai bulan sabit, bisa menyematkan nama yang unik ini untuk anak cewekmu di masa depan nanti.

Buat menambah keunikannya, kamu bisa merangkainya dengan kata dari bahasa lain. Yang terpenting, jangan asal comot kata saja, ya. Karena, nama adalah doa yang akan terus dipakai oleh anakmu nanti.

7. Wulandari, berasal dari bahasa Jawa

Wulandari

Wulandari via https://pixabay.com

Nama terakhir dalam artikel ini yang bisa kamu jadikan inspirasi nama adalah Wulandari. Kamu tentu sudah familier dengan panggilan ini, kan? Sebutan yang berasal dari bahasa Jawa ini mempunyai arti bulan purnama.

Meskipun sudah banyak orang yang memakainya, tidaklah menjadi mengapa karena maknanya tetap indah, kok. Selain itu, kamu juga bisa turut melestarikan nama Jawa karena kebanyakan orangtua modern sekarang lebih memilih nama barat untuk buah hatinya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE