Mengenal Kota Indah Lainnya di U.K

Selama ini banyak orang mengira bahwa England (Inggris) dan U.K adalah dua hal yang sama, Tapi ternyata itu salah lho!

U.K adalah sebuah sistem negara kesatuan yang beranggotakan England, Wales, Scotlandia, dan Irlandia Utara yang dikenal dengan sebutan “The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland” karena luas daratan dan besar populasi England lebih besar dibanding lainnya, England dinobatkan sebagai negara bagian terbesar di U.K dan menjadi ibu kota dari U.K, sedangkan London merupakan Ibu kota dari England.

Jadi selain London, kalau kamu berkesempatan untuk traveling ke U.K jangan lupa untuk mendatangi kota-kota ini ya.

1. Edinburgh Ibu Kota Skotlandia

Sebagai ibu kota Skotlandia, Edinburgh memiliki jejeran pemandangan alam yang cantik dan wisata sejarah yang menarik. Tidak heran jika Edinburgh dikenal sebagai salah satu kota terindah di dunia. Jika kamu ingin berkunjung ke Edinburgh datanglah pada saat musim panas, pada saat itu akan digelar Edinburgh Fringe Festival yang digelar di 313 titik wilayah Edinburgh selama tiga minggu lamanya dan menampilkan 2015 acara dengan total lebih dari 3000 peserta dari 49 negara. Jangan sampai kamu ketinggalan ya!

2. Hay On Wye Surga Pecinta Buku di Wales

Kota yang berbatasan dengan Crecon Beacons National Park ini memang terlihat unik. Jika kamu berkesempatan untuk pergi kesana, kamu akan menemukan 12 toko buku legendaris yang terletak di sela-sela deretan gedung batu yang ada di Hay On Wye. Untuk kamu pecinta buku, Hay On Wye merupakan salah satu surga untuk menambah bacaanmu.

Advertisement

Sejak 1988 setiap tahunnya rutin digelar Hay Festival yang mampu menarik puluhan ribu pengunjung. Dalam festival tersebut, kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan seperti diskusi tentang buku dengan para penulis, filosof dan seniman. menyenangkan bukan?

3. Liverpool Dan Sejarah The Beatles

The Beatles Statue

The Beatles Statue via https://www.liverpoolecho.co.uk

Bagi pecinta grup musik The Beatles tentu tidak akan melewatkan untuk berkunjung ke Liverpool untuk menapak tilas sejarah dari band legendaris ini. Waktu yang tepat untuk merasakan aura The Beatles di Liverpool adalah saat musim panas, dimana di bulan-bulan tersebut sering diadakan perayaan oleh para fans The Beatles yang dihadiri oleh ribuan manusia dari berbagai negara.

Dalam festival tersebut para fans akan memainkan lagu-lagu Beatles yang pernah populer, juga melakukan workshop, pelelangan benda-benda yang berkaitan dengan The Beatles hingga pemutaran film Beatles.

4. Belfast Tempat Kelahiran Titanic

Titanic Belfast

Titanic Belfast via http://titanicbelfast.com

Advertisement

Siapa yang tidak mengenal Titanic? Kapal yang pernah disebut tidak akan pernah tenggelam tetapi justru tenggelam pada 15 April 1912 karena menabrak gunung es. Namun, tidak banyak yang tahu kalau Belfast ibu kota Irlandia Utara merupakan titik awal perjalanan Titanic. Pada 17 April 1912 Titanic berlayar pertama kali dari Belfast menuju Southampton. Sampai saat ini, galangan kapal yang melahirkan Titanic masih berdiri tegak di ujung teluk Belfast dan masih aktif beroperasi.

Selain sejarah kelahiran Titanic, Belfast memiliki sejarah masa lalu yang kelam. Kota penuh gejolak, kerusuhan dan perang menjadi hal yang melekat, akan tetapi pada kenyataannya Belfast merupakan kota kecil yang indah, aman dan nyaman. Deretan gedung-gedung kuno yang bersih, dan terawat rapi akan menyambutmu saat berkunjung ke Belfast.

5. Aberdeen Sang Permata Tersembunyi

Aberdeen Castle

Aberdeen Castle via https://www.scotland.org.uk

Jika kamu berkunjung ke Aberdeen di Skotlandia maka kamu akan melihat deretan rumah yang didominasi dengan warna abu-abu granit sehingga Aberdeen jarang sekali masuk kedalam daftar wisata para wisatawan saat berkunjung ke Skotlandia. Namun dibalik hal itu, Aberdeen memiliki banyak tempat yang wajib kamu kunjungi.

Misalnya adalah Aberdeen Art Gallery, untuk masuk kedalamnya kamu tidak dikenai biaya masuk alias gratis, di sana kamu bisa menikmati koleksi seni terapan hasil karya seniman lokal asal kota Aberdeen.

Selain itu, jika kamu menyukai wisata sejarah, kamu tidak boleh melewatkan untuk datang ke Aberdeen Castle yang sudah ada sejak abad pertengahan. Lokasinya berada di Castle Hill atau sekarang dikenal dengan sebutan Castlegate, di sana kamu dapat menikmati pemandangan laut dan bangunan kastil yang megah dan eksotis.

6. Oxford Kota Pendidikan

University of Oxford

University of Oxford via https://www.ox.ac.uk

Kalau Indonesia punya Jogja sebagai kota pelajar, maka U.K punya Oxford sebagai kota pendidikan yang terkenal dengan perguruan tinggi terbaik di dunia. University of Oxford merupakan universitas tertua di dunia yang menggunakan Bahasa Inggris yang telah berdiri sejak abad ke-12. Selain University of Oxford kamu dapat mengunjungi Pitt Rivers Museum, Ashmolean Museum, Arfax Tower dan Covered Market saat berkunjung ke Oxford.

7. Glasgow City of Music

Sama seperti Ambon di Indonesia, Glasgow yang merupakan kota terbesar di Skotlandia juga memiliki julukan sebagai City of Music yang diberikan UNESCO. Glasgow dinobatkan sebagai City of Music berdasarkan sejarah perkembangan musik yang signifikan dari kota ini. setidaknya 120 event musik dengan berbagai genre digelar setiap minggu di Glasgow sehingga kota ini berhak mendapatkan gelar tersebut.

Selain event musiknya yang terkenal, kota yang terletak di tepi sungai Clyde ini memiliki berbagai tempat yang wajib kamu kunjungi seperti Kelvingrove Art Galley and Museum, Riverside Museum, Glasgow Science Centre dan Glasgow Botanic Gardens.

Nah itulah tujuh kota selain London yang dapat kamu jadikan destinasi saat berkunjung ke U.K. Selain berlibur, mengunjungi U.K juga dapat menambah pengetahuanmu karena di sana banyak ditemui situs sejarah seperti kastil, kerajaan dan museum. Jangan lupa siapkan kamera terbaikmu karena setiap sudut U.K yang dipenuhi gaya arsitektur klasik pasti menjadi spot foto terbaik untuk mengabadikan momen liburan!

Jika U.K masuk dalam salah satu bucketlist kamu, maka Visit Britain (www.visitbritain.com) dan Wego Indonesia (www.wego.co.id) menjadi pilihan terbaik untuk membantu mewujudkannya! segera kunjungi situsnya dan wujudkan mimpimu untuk menjelajahi U.K.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya